Ritual (Supaya Mudah2an) Cantik


Walaupun definisi cantik itu relatif (dan jelek itu mutlak – lawakan basi ga sih?) semua orang pasti pengen keliatan cantik. Ada sih yang udah cantik dari sananya, ada juga yang belajar dandan untuk menutupi kekurangannya dan menonjolkan kelebihannya.

Gue sendiri termasuk orang yang belum bisa dandan jadi lebih doyan nyoba produk perawatan wajah daripada make up. Kayaknya gue harus beneran ikut kursus dandan nih soalnya mengandalkan youtube tampak kurang membuahkan hasil hehe… Makanya gue banting setir, mendingan nyoba-nyoba berbagai produk supaya kulit keliatan lebih kinclong deh daripada beli blush on baru sampai 3 warna. Lagian katanya lebih baik merawat “kanvas”nya dulu kan supaya make up lebih nempel? ;)

1. Cleansing milk
Dulu gue ga pake cleansing milk karena menurut gue wajah jadi berminyak banget. Atas saran temen gue mulai pake cleansing milk, terutama kalo pake make up. Ya udah gue turutin, dan harus nyoba-nyoba beberapa merk sebelum ketemu produk yang cocok buat gue. Memang hasilnya wajah jadi lebih halus sih…

2. Facial wash
Call me kebangetan, tapi gue harus tetep cuci muka pake facial wash setelah wajah dibersihin sama cleansing milk. Ga berminyak sih, tapi tetep rasanya lebih bersih aja.

3. Toner
Menurut gue ini ngaruh banget untuk ngangkat sisa kotoran di wajah. Gimana gue tau masih ada sisanya? Ya keliatan di kapas, ada warna coklat muda gitu walaupun udah dibilas bersih pas cuci muka. Ga tau deh ini daki atau apaan ya, masih nyisa aja di kulit gue.

4. Krim mata
Ini krim yang baru aja gue pakai, soalnya nyari yang cocok itu susah… Di bawah mata gue ada lingkaran hitam yang entah muncul sejak kapan, udah lama sih kayaknya. Trial and error 2 produk (dan menyisakan bangkai krim mata di rumah) sebelum akhirnya pakai yang sekarang.

5. Air ajaib
Ini dia produk yang bisa bikin kulit jadi haluuus banget. Beberapa hari setelah gue pake, temen gue ada yang nanya gue pake produk perawatan wajah apa kok kulitnya keliatan bagus. Pas facial juga gue ditanya kok bisa kulitnya halus banget – gue agak curiga sih ini basa-basi atau beneran tapi tetep gue syukuri karena berarti gue ga buang uang dengan percuma. Mahal euy produknya…

6. Pelembab
Wajib pake ini, apalagi tiap hari gue ngendon di ruangan ber-AC.

7. Sunblock
Untuk menghalau ganasnya matahari, gue selalu pakai sunblock. Mungkin banyak yang mikir ga perlu pakai sunblock karena selalu di dalam kantor? Nah itu salah ternyata, soalnya selama perjalanan kan kita juga terpapar sinar matahari. Dan konon selama kita masih bisa membaca dengan sinar yang ada, itu berarti sinar tersebut berbahaya buat kulit kita. Jadi yuk mari pakai sunblock…

Setelah dipikir-pikir, banyak juga ya produk yang ditemplokin ke wajah gue? Itu baru yang masuk kategori perawatan, bukan make up. Tapi sampai sekarang gue seneng sih pake produk-produk itu, biasanya wajah langsung gue pegang-pegang karena rasanya halus dan kenyal :D

Oya, kalo pulang kerja ritualnya beda. Pasti pake eye make up remover untuk menghapus eyeliner dan maskara baru deh dilanjut sama cleansing milk. Abis itu sama kecuali gue ga pakai sunblock.

Beberapa orang mungkin lebih memilih pakai produk dari dokter karena bisa bikin kulit kinclong sampai lalat aja kepleset, tapi gue agak ngeri sama produk dokter. Gara-gara dulu ada sepupu gue yang maniak produk dokter, sampai ke Semarang segala kalo ga salah (dia tinggalnya di Balikpapan). Hasilnya memang kulitnya kinclong, tapi cuma selama 1-2 tahun aja. Abis itu kusam, dan dia harus ganti dokter lain. Siklusnya berulang terus, dan kadang kulitnya sampai mengelupas merah atau jerawatan parah soalnya “lagi dikeluarin semua kotorannya”. Gue sih ngeri liatnya, dan udah janji ke diri sendiri kalau gue ga mau addicted ke dokter demi kulit kinclong. Kalo memang bermasalah (jerawatan parah misalnya) ya gpp ke dokter, tapi kalo ga ada masalah ya ga usah lah… Itu menurut gue sih :)

36 thoughts on “Ritual (Supaya Mudah2an) Cantik

  1. Iyah setuju, nggak usah berniat yang kinclong kinclong. Akibatnya jadi lebih buruk. Gw kok tertarik coba air ajaib yah **tapi masih kepikiran mahalnya**

    • Ya udah minggu depan ketemuan lo bawa tempat kecil ya, gue bagi dikit deh tenang aja. Tutup mata sama harganya, udah hampir 1 taun masih blom kepake 1/2nya sih, jadi harga segitu bisa tahan sekitar 2 taun.

  2. air ajaib emang top banget. tapi kalo ga dipake daily, lumayan cepet jadi kusam lagi ya? gue pernah absen make selama bbrp minggu, dan kulit kembali ke sedia kala… (kusam maksudnya).

  3. Knp di gw air ajaib ini ga cocok ya. Jd gatelll dan jerawatan. Gw waktu itu beli 1 set tp yg kecil2. Kyk travel size gt deh. Ada facial wash, essence, sm apa ya 1 lg lupa. Apa mungkin ga cocok sm facial wash nya ya?bkn sm essence nya.

    Jd pgn coba essence nya aja gw hihi

    • Gue sih cuma make essence sama moisturizer, cocok sih untungnya. Kalo ga cocok haduh sayang bener udah beli mahal :P Lo coba lagi aja essence doang, ntar dipegang2 deh hasilnya gimana haha…

  4. halo mba otty ….., maaf blom pernah komen padahal dah baca entry blognya beberapa kali, hehe.
    hm, air ajaib menggoda sekali, tapi harganya bikin mo nangis :(

    • Hai hai juga Mbak Ade :) Iya emang si air ajaib ini bikin ilfil kalo liat harganya, tapi kebetulan cocok dan ternyata awet juga sih. Sayangnya muka ga berubah mirip Gong Li abis pake ini, kalo bisa bikin mirip oke banget ya :D
      Powered by Telkomsel BlackBerry®

  5. mba otty..air ajaib ini yg kek gimana sih?penasaran…gugling koq nemunya air ajaib samadhi sama air ajaib tirto kusumo..errr…keknya beda yah?
    muahalnya seberapa mba? *penasaran abiiiiesss..* :P

    • Haiyah tentu bukan air itu!! Kebayangnya kok air dukun2 gitu ya :D Ini maksudnya miracle water atawa facial treatment essence SK-II. Coba aja digugel, di bestbuy Indonesia ada kok :)

  6. Otty!!!! Racunmu mulai beraksi niy!!! Gw lg ngerayu suami bt dbeliin si air ajaib tapi mndur teratur tiap liat harganya..tp stlh baca “udah setahun dpake tiap hari baru stgh nya”,gw bertekad malam ini akan merayu lg #pasang ikat kepala #bukan postingan jorok :p

    • Jadi gimana gimana hasilnya? ;) Minggu lalu gue nanya ke Imron, mending beli lagi ato ga (taun depan) kalo udah abis. Katanya beli aja lagi, soalnya hasilnya keliatan kok :D

  7. Maaf air ajaib itu apa yach mbak – kalau boleh tahu? :D
    Kulitku dulunya bagus bagnettt mulus dech. Terus iseng ikutan teman, pake salah satu product (tidak bisa disebutkan dech hi..hi) – karena allergy, langsung dech timbul flek hitam kecil yang hingga sekarang tidak bisa hilang hiks..hiks L(

    • Itu maksudnya facial treatment essence SK-II.
      Sayang ya, gara2 pengen kayak teman malah jadi kurang oke :( Makanya katanya kalo udah cocok sama 1 produk, jangan ganti2 lagi gara2 ini nih.

  8. Oh.. SK II – ternyata betul juga yach.. soalnya ada beberapa teman yang pake dan katanya bagus banget. Mbak Astri juga pake kalau tidak salah.

    Hm.. coba nanti aku konsultasi dech – makasih banyak yach mbak.

  9. halo mbak oty.. aq tuh ud naksir dari dulu sih mah air ajaib tp karn mahal n takut gak co2k jadi blum coba sampe skrg tp dari kmrn2 aq cek2 katanya air ajaib ni all skiin,ada gak y.. mbak btol kcilnya yg air ajaib ni?brpa y hrganya?aq ni ud cba byk produk smua trasa blum ad yg co2k..gk ad prubahan gtu..kulitku gk co2k kyknya ma yg mengandung sabun,wangi,warna gtu mbak,.krna bsa perih merah2,berbintik2 kecil kyk jerawat2 kcil gtu..sring muncul loh mbak..diblng sensitif tp ad berminyaknya jg ni wjahku..n pori2 besar..jd mhon usulan dri mbak ni gmana bgusnya n klo ad tips2 n tau info2 utk jnis kulitku nih..ad waktu tlg djwb y mbak..makasih..

    • Kalo mau beli miracle water/facial treatment essence yang kecil, coba deh gugel di bestbuy Indonesia. Lupa harganya berapa, yang jelas biasanya ada macem2 ukuran (kalo lagi ada stoknya). Kalo cocoknya sama yang natural, sebetulnya Kandesn bagus lho tapi sayang ga dijual bebas, harus beli ke tokonya di Jakarta (buat yang tinggal di luar kota bisa dikirim kena ongkir) tapi kalo blom pernah make produknya berarti harus ke sana dulu buat konsultasi bagusnya pake produk yang mana soalnya produknya banyak banget. Eh ada lagi sih yang 99% natural, Burt’s Bees, tapi blom pernah make juga jadi ga tau hasilnya gimana. Emang kosmetik sama produk perawatan wajah itu cocok2an sih ya…

  10. o gtu y mbak..thx komennya.. aq blum perna sama sekali pake produk sk2 ni,misalkan coba yg air ajaib bole n co2k gk y mbak?gk bsa kesana sih bda pulau soalnya..he..aq org pangkal pinang,bangka mbak..klo pake air ajaib bole dpakein pelembab lg gk mbak?tp yg merk lain..atau ckup pke air ajaib aj?klo terpapar matahari cuma pake air ajaib aj,ad efeknya gk y mbak?thx..

  11. kandesn n burt s bees tu jg produk dri sk2 y mbak?ya sih mbak co2kan2 makany aq mau cri yg co2k n bsa buet kulit bgus gtu..;> sk2 ni ad diatur sesuai umur ap semua umur y mbak?yg utk air ajaib..soalny aq berumur 25th,thx..

    • Kandesn sama Burt’s Bees itu merknya, bukan dari SK-II. Coba aja di-gugel, Burt’s Bees ada webnya kok tapi kalo Kandesn kayaknya ga ada deh.   Miracle water/facial treatment essence itu bukan pelembab ya, jadi abis pake itu tetep harus pake pelembab sama sunblock lagi. Boleh aja sih pake yang bukan SK-II, aku juga pake sunblock The Face Shop yang (jauh) lebih murah daripada SK-II hehe… Kalo mau beli kosmetik2 gitu secara online, bsia beli di bestbuy indonesia. Aku sendiri blom pernah beli online (telat taunya) tapi temenku banyak yang udah beli di situ, harganya lebih murah dibanding di counter.

      Thanks, Otty

  12. cara makenya gmn ya yg enak? kan katanya ditaruh di kapas terus dioles ke wajah, cuma kayaknyanya sayang kl jd kebanyakann\ yg ngeresap di kapas ketimbang yg nempel di muka…. secara, mahal bgt :)

    • Jangan di kapas dong, eman2 haha… Kalo baca di web SK-II justru mereka nyaranin dituang langsung di telapak tangan dan ditepuk2 ke wajah. Biasanya sih 3 tetes cukup untuk wajah dan leher jadi sebotol besar bisa dipake lebih dari 1 taun :)

  13. hi mbak otty, facial wash sama mosturizer rekomendasinya apa? aku udah mulai pake SK-II yang miracle water gara2 baca tulisan ini, memang berasa sih muka jadi enak.

    • Facial wash sih aku pake apa aja yang cocok, pernah TBS pernah juga hadalabo. Moisturizer pake SK-II juga, tapi kalo mau pake yang lain harusnya gpp sih.

  14. mba otty FTE yang mba otty beli berapa ml bisa mpe lebih setaun, setelah baca postingan mba otty jd yakin mao beli ,dan aku setuju bgt obat racikan2 dokter itu klo ga dipake lg jd kusam #kobanjuga :(

  15. mba otty aku udah beli FTE nya ,udah hampir sebulan pake ,,beneran dech kulit jadi sehat muyus glowy2 gimana gitu ,jerawat2 pada kabur entah kemanaa? ? i love it :)

Leave a Reply

