Bubur Ayam Jamur


Beberapa hari yang lalu gue bikin nasi ayam hainan dan ternyata kuah kaldu dan ayamnya masih nyisa (yang habis nasinya doang). Gara-gara ga rela ngebuang kuah kaldu (kalo di chiller cuma tahan 2-3 hari) gue pun mikir-mikir bisa dijadiin masakan apa lagi ya kuahnya. Tercetuslah ide cerdas (biasa aja sih sebetulnya) untuk bikin bubur ayam, apalagi kebetulan gue lagi pengen sarapan bubur ayam di rumah. Berbekal sekilas info dari nyokap (bikin bubur ayam tuh gampang banget, Ty… bahannya cuma bla3) dan googling sejenak, gue jadi yakin kalo bubur ayam emang cocok buat tukang masak odong-odong kayak gue, gampang! :D Ya sebetulnya udah tau dari dulu sih, cuma gue kan manja jadi males bikin sendiri hihi…

Bubur Ayam Jamur
Untuk 6 porsi

Bahan kaldu:
- 1/2 ekor ayam, cuci bersih
- 1/2 buah bawang bombay
- jahe, kupas dan geprek
- air matang untuk merebus

Bahan bubur:
- 1 cup beras, cuci bersih
- 1/2 cup rolled oat
- 1/2 sdt minyak wijen
- 1 sdt garam (optional)
- kaldu yang banyak (ga diukur tapi kayaknya 600 ml)
- air matang (untuk tambahan kalo kaldunya kurang)

Bahan ayam:
- ayam (dari bahan kaldu), pisahkan dari tulang lalu potong kecil
- 2 siung bawang putih, cincang
- 1/2 butir bawang bombay, iris kecil
- jamur champignon/merang, iris (gue lebih suka pake jamur merang)
- minyak untuk menumis
- 1 sdt minyak wijen
- saus tiram
- kecap manis (optional)
- merica
- sedikit air

Bahan pelengkap:
- kulit pangsit, potong kecil lalu goreng sebentar
- bawang goreng
- seledri, iris tipis (tadi ga pake karena abis)

Cara membuat:
- pertama buat kaldunya dulu. masukkan semua bahan kaldu ke dalam panci dan rebus hingga mendidih. setelah mendidih kecilkan api dan tetap rebus selama sekitar 15 menit. ambil ayamnya, saring bumbunya sehingga kaldu bebas dari bawang/jahe.
- sekarang bikin buburnya. masukkan semua bahan ke dalam rice cooker/panci dan masak hingga menjadi bubur. kemaren baru nyoba masak bubur pake rice cooker, enak juga ternyata fungsinya kayak slow cooker gitu, tinggal cemplungin semua bahan dan tadi pagi matang deh :)
- bikin ayamnya. panaskan minyak (gue pake extra light olive oil) dan minyak wijen lalu tumis bawang putih dan bawang bombay hingga harum. masukkan jamur dan ayam, beri saus tiram, kecap manis, dan merica. jika terlalu kental bisa ditambahkan sedikit air. masak hingga matang (ayamnya sih udah matang, tinggal liat jamurnya aja).
- sajikan bubur dengan bahan pelengkap (lupa bikin sambel hihi).

Dengan resep segampang itu, tadi pagi orang rumah bisa makan bubur yang enak. Karena masih banyak sisanya, gue bawa sebagian ke kantor buat anak-anak kos yang pasti kesenengan kalo dikasih makanan gratis :)

15 thoughts on “Bubur Ayam Jamur

    • btw, gak kepikiran ya klo dibikin bubur juga enak. kemaren bikin tim ayam jamur dan kata asa rasanya aneh. kayanya kebanyakan minyak wijen. tryt 1sdt juga udah cukup banget ya ..

      • Iya pengalaman masak pake minyak wijen, jangan kebanyakan karena jadi aneh. Sebetulnya waktu nyoba dibikin bubur juga agak2 deg2an takut aneh, biasanya kan cuma dijadiin nasi tim tapi ternyata enak juga lho :)
        Powered by Telkomsel BlackBerry®

  1. emang guampannng bikin bubur *sombong*
    kalo gue pake santen dikit Ty, jadi guriiiiiih deh. pakein daun salam juga biar wangi.

    trus kadang bikin kuah kuning pake bumbu gule instan dijer air panas. *pemalas*

    • Oh jadi inget, di kuah kaldunya udah pake daun salam makanya buburnya ga gue pakein lagi. Ntar gue update deh.

      Eh eh bisa dicontek tuh cara lo, gue kan juga mau yang praktis2 gitu (baca: sama malesnya) :D Tengkyu tipsnya!
      Powered by Telkomsel BlackBerry®

  2. *wajah polos* aku bukan anak kos, tapi doyan juga sama yg hratis-hratis :P

    mau coba ah bubur-nya…. *sok niat masak, padahal ntar juga : “Mbaaak… bikinin bubur dooong… ini resepnyaaaa….” :lol:

  3. ty, kalo gue biasanya itu bubur dibikin dari nasi. jadi nasi aja yang sisa semalem ato bikin baru, pas udah mau dibikin bubur, gue cemplungin ke dalam air kaldu, aduk2. ga sampe setengah jam, langsung jadi tuh bubur dengan konsistensi yang pas dan enak bgt deh!! cara cepat soalnya dulu waktu di US kalo pengen bikin bubur ga ada waktu deh bikin dari beras, lama bookk!

    dan gue biasanya pake kacang kedele goreng, enakk!! trus itu ayamnya pas dibikin, bikinnya di sangrai gitu pake minyak dikiiit banget, trus pake saos kecap asin juga ty. jadi ada asin2nya.. kan di abang2 bubur ayam tuh suka dikasih apa tuh yang rasanya asiiinn banget, nah itu ceritanya penggantinya, tapi ga asin bgt krn ada rasanya dari si saos tiram & minyak wijen juga. yummy!

    • Iya bisa dari nasi, itu cara yang gue pake u/ bikin nasi timnya Nara, tinggal diatur airnya aja kan? Tapi ini kan critanya mo mendayagunakan si rice cooker hihi…

      Aduh, Shin, gue jadi berliur gini ngebayanginnya!! Apa besok gue bikin bubur lagi ya buat sarapan lagi *panik*
      Powered by Telkomsel BlackBerry®

  4. Ini mayan susah tauk jadi gak masuk kelas odong2 ahhh…Otty mah rajin kalo bikin bubur secara perlengkapannya banyaak :D

    Gue gara2 baca ini, tadi pagi makan bubur donkkss…pake ati ampela sama cakweee…hehehe sukses bikin ngiler deh. Trus gue dgn begonya nanya ke abang tukbur, “Ada jamur gak” ya jelas kaga adinda, kalo mau ada jamur mah harus bikin sendeeeeeeeeeerrrrrreeeeeee…

  5. Enak..enak..enaaaaakkkk bangeeettt!! Tdnya gw mau bikin hainan,tp nampak pucat pasi jd lanjut bikin bubur sama si ayam tumis tiram. Parah ty gampang dan enak bgt! Serumah pd nambah2 lg.

    Gw akhirnya pk RC jg walau nambah2 air terus krn mungilnya itu, tmbh daun salam sm serai jd wangiii. Sambelnya pk sambel ala bu rudy. Plus telor rebus. Tanpa oats (br bc resepnya skrg hahaha pas bikin cm modal bbman tea sm lo)

    Pokonya sedap bgt..! Aku menantikan resep sedap selanjutnya :) tar mau nyoba pk kuah gule instan ah ky tante eropah! Yuumm!

    • Ihiy seneng deh kalo serumah pada suka :) Eh itu ayamnya juga bisa buat nasi tim sama mie ayam lho, enak deh 1 ayam banyak resep. Cocok buat ibu2 dengan mobilitas tinggi (apa sih) kayak kita ;)

      Oiya, gue lupa bilang si oats ya, gpp lah buat kapan2 aja kalo lo bikin lagi (karena gue yakin lo pasti bikin lagi kan kan kan). Wah pasti kalo ditambah serai jadi wangi banget, kapan2 gue coba juga ah. Telor rebus juga kayaknya oke nih, ato telor puyuh dibuat sate gitu nyam nyam!!

Leave a Reply

