Makan-makan di Surabaya


Sebagai orang yang cukup suka makan, gue lumayan seneng tinggal di Surabaya karena makanannya masih bisa gue terima. Emang beda aliran sama makanan di Jakarta-Bandung (percayalah, banyak orang sini yang ga tau apa itu batagor), tapi bukan berarti makanannya ga enak. Yang bikin gue tambah heran, orang sini doyan banget sama sambel! Bikin tempat makan dengan iming-iming “sambelnya mantap” dijamin deh bakal laku. Ga percaya? Silakan dihitung sendiri berapa banyak tempat makan di bawah ini yang menu utamanya sambel :)

1. Bu Kris
Lokasi: Jemursari, Villa Bukit Mas
Bu Kris adalah rumah makan dengan menu sambel pertama yang gue cobain. Istilah orang sini: penyet. Sebagian besar menunya ya penyet-penyet itu: ayam penyet, bakwan (bakso) penyet, tempe penyet, tahu penyet, empal penyet, semuaaa dipenyet. Sambelnya bisa milih mau ga pedes, sedang, pedes, atau super pedes. Biasanya gue cukup pesen sambel sedang atau pedes tergantung suasana hati, tapi kalo buat Imron super pedesnya aja kurang pedes, heran deh.
Selain menu penyetnya, di sini juga jual rawon dan sop ayam suun yang enak. Kalo ke sini jangan lupa coba sarmil (sari kedele campur milo) atau milo cau (milo + susu kental manis + cincau). Sedap!!

2. Bu Rudy
Lokasi: Dharma Husada, Kupang Indah
Nah kalo ini kayaknya ga usah gue jelasin lagi karena banyaaaaaak orang Jakarta yang suka nitip sambel ini. Menu andalannya jelas sambel bawangnya yang ngetop itu (yang isinya makin lama makin berkurang hiks) sama udang kering. Anehnya, gue ga doyan udangnya haha… Jadi kalo ke sana gue biasanya pesen nasi empal (empalnya kecil-kecil dan empuk) sama ambil sambel semaunya deh! Enaknya makan di resto ini, sambelnya ditaro di tiap meja dan bisa diambil sepuasnya. Waktu jaman kejayaan gue dulu, gue bisa lho cuma makan nasi + sambelnya (doang) yang banyak. Eh itu jaya apa kere sih makan kok cuma pake sambel haha… Sekarang sih udah ga bisa, kena minyaknya aja bibir gue berasa panas.
Kalo dateng ke restonya kita juga bisa milih banyak jajanan yang dititip jual di sini. Favorit gue masih pisang gorengnya yang kecil-kecil dan manis banget, sama tahu goreng + petis tentunya.

3. Bebek HT
Lokasi: Karang IV, Jemurasi, Mayjend Sungkono
Surabaya identik dengan bebek gorengnya, karena konon bebek di kota lain kebanyakan bau atau keras atau kalo lagi sial ya bau dan keras. Di Surabaya bebeknya enak-enak, tapi yang gue tulis di sini yang paling sering gue makan aja karena restonya deket dari rumah atau ada juga yang deket dari kantor.
Gue sering beli bebek HT kalo nyokap gue mau balik ke Jakarta atau kalo sodara gue ada yang dateng dan mau pulang ke Samarinda. Kalo lagi males makan di kantor gue juga suka ke bebek HT, balik kantor bajunya bau bebek goreng hehe…
Oiya sebelum lupa, bebek yang dijual di Surabaya bisa dibagi dalam 2 jenis yang paling umum: jenis yang digoreng kering dan dimakan pake sambel aja atau jenis yang dibumbu kuning baru digoreng dan dimakannya pake bumbu kuningnya (apa itu ya, lemak atau minyak?).
Bebek yang pake bumbu kuning rasanya cenderung lebih asin dibanding bebek goreng biasa, dan biasanya harganya lebih murah (apa kebetulan yang gue datengin lebih murah ya). Buat perbandingan, 1 potong bebek HT harganya sekitar 13rb sedangkan bebek Haji Qomar di deket rumah harganya sekitar 8rb.
Ada banyak resto bebek lain yang ngetop juga, salah duanya bebek Palupi sama bebek kayu tangan. Gue pernah makan dua-duanya dan menurut gue kurang oke, mungkin cuma masalah selera ya :)

4. Mie Mapan
Lokasi: Rungkut Mapan, Barata Jaya
Menu andalan pertama yang dijual di sini (jelas) mie. Ada song mie, mie ayam, trus entah mie apa lagi. Gue sukanya makan song mie hanya karena gue belum pernah nemu mie kayak gitu sebelumnya hihi…
Menu lain yang menurut gue ga kalah enak adalah menu penyetnya. IMO sambelnya malah lebih enak daripada sambelnya Bu Kris.
Buat side dish (halah gaya bener) bisa pesen siomay goreng atau bakwan goreng. Kata temen-temen gue sih spiku (lapis Surabaya) yang dijual di sini juga enak.
Eh menyimpang sedikit dari topik tentang Mie Mapan, gue cukup kagum sama kecintaan orang Surabaya sama spiku. Adalah hal yang sangat umum untuk ngeliat kue ulang tahun yang berupa spiku dikasih icing, padahal menurut gue jadi aneh rasanya dan ga cocok aja kue ulang tahun kok spiku.

5. Bakso Jagalan
Lokasi: Jagalan, Kupang Indah
Pusatnya kalo ga salah ada di jalan Jagalan yang jauh dari rumah gue, tapi untungnya ada cabangnya sekitar 20 menit dari rumah jadi gue sering makan di situ deh. Baksonya enaaaakk :) Ada yang bentuk kotak juga dan ada yang besar yang di dalemnya isi telur (agak susah nyari bakso isi telur di sini). Kuahnya sedap banget, bisa gue sruput sampe abis. Biasanya gue cukup pesen porsi kecil dan udah kenyang banget, malah kadang nyisa dan gue bungkus bawa pulang.

6. Bakso Mini
Lokasi: Tenggilis, Rungkut
Bakso Mini ini bertentangan banget dengan namanya karena 1 porsi isinya cuma 2 buah bakso dengan ukuran yang besar. Rasanya enak, gorengannya enak, es telernya juga enak. Gue lupa ini nyontek bakso apa ya, ntar gue update lagi deh kalo inget. Kalo siang-siang makan ke bakso mini deket kantor, penuhnya parah banget sampe pernah harus berdiri dulu nunggu kursi kosong dan biasanya juga selalu ketemu orang kantor di sini.

7. Cak Gundul
Lokasi: Kupang Indah, Pandaan (ini di luar Surabaya)
Ini buat yang doyan makan kepiting nih, soalnya menu andalannya seputar kepiting. Bisa pilih mau kepiting lada hitam, saos padang, asam manis, ato yang lainnya.

8. Pecel Bu Kus
Lokasi: Barata Jaya, Mayjend Sungkono
Kalo lagi pengen makan sayur yang banyak gue biasanya nyari pecel dan pecel yang menurut gue oke ya Pecel Bu Kus ini :) Bumbunya pas, ga terlalu manis dan ga terlalu pedes, jadi gue suka. Biasanya cuma pesen pecel sedang + tempe bacem, udah bisa kenyang dari siang sampe malem menjelang tidur.
Oya, dulu juga kerasa waktu masih mompa ASI dan menyusui, abis makan pecel biasanya ASInya jadi banyak, bikin seneng pokoknya.

9. Sop H. Munir
Lokasi: Kupang Indah, Mayjend Sungkono
Gue pertama tau dari mana ya, lupa juga siapa yang ngasih tau tapi gue sukaaa makan di sini. Isinya makanan Jakarta, sop kaki, sate kambing, sama sotonya itu. Dulu pernah pas lagi pengen banget katanya Imron gue makannya bener-bener menghayati sampe diliatin sama anak kecil di meja depan haha… Bodo amat weekk, yang penting kan abis makan gue bayar (apa sih).
Bukanya mulai jam 5 sore, tempatnya tenda2 pinggir jalan gitu dan biasanya selalu rame.

Itu dulu ya yang gue tulis, sebetulnya masih banyak tempat makan lain yang enak tapi kok mendadak lupa apa aja yang biasa gue datengin.

24 thoughts on “Makan-makan di Surabaya

    • Ah ga puas kalo dikirim, mendingan lo ke Surabaya trus kita datengin satu2 :D Yang bisa dikirim cuma sambel Bu Rudy, lo mau? Mumpung di Jakarta ongkirnya murah.

  1. Salam kenal Mba Otty, aku suka baca blognya :) Aku baru setaun di Surabaya, *ngikut suami* dan masih belum cocok dengan makanan sini :( pertama kali makan tahu campur *yang kata suami paling enak* langsung muntah2 hahahah..oiya baso jagalan itu emang ga pake b2 ya? pernah baca di kaskus, katanya mengandung b2 :D

    • Makasih :) Haha kalo makanan2 asli gitu aku juga males, tahu campur bisa makan sih tapi ga bakal nyari. Kupang lontong (ato lontong kupang?) malah sama sekali ga pengen untuk nyoba.

      Kalo di restonya yang di Kupang Indah sih ada tulisan 100% sapi dan halal (walopun bukan cap halal MUI ya), makanya aku berani makan. Pertama makan diajak temen ke pusatnya di Jl. Jagalan, nah itu was2 deh takut pake babi dan ga berani makan lagi. Setelah liat yang di Kupang Indah dan ada tulisan halalnya jadi berani makan, dan kebetulan sekarang selalu makan di situ karena deket rumah.

      • Ow noted, yang kupang indah yaa…masih nyari bakso yang cocok dengan lidah orang jawa barat *agak rewel inih kalo soal makanan hihi*
        Bebek ht belom nyoba, kalo palupi karena deket rumah agak sering beli, meskipun rasanya std banget, sambelnya juga ga nendang :p dan kenapa banyak sekali palupi bertebaran di sekitar rungkut ini? :D
        oiya selamat yah buat kehamilannya semoga sehat2 terus ibu & baby nya..aku juga lagi dagdigdug nih udah 36W :)

      • Kalo suka bakso yang model “kampung”, coba ke bakso solo rindu malam di deket Sutos deh. Konon enak tapi aku sendiri blom nyoba :) Biasanya sih bakso solo emang enak2 ya…
        Powered by Telkomsel BlackBerry®

  2. ada mba satu lagi,, bebek penyet yg katanya di sebelah hotel apa gitu gw lupa namanya, tp sejujurnya kita2 blm pernah dateng langsung ke tempatnya, jadi cuma via telp ntar langsung dikirim, 3M (murah meriah mengenyangkan).. Bebek goreng plus sambel terongnya,,, ini jadi andalan crew kalo lg transit di SBY…

    • Wah di sebelah hotel apa tuh? Jadi penasaran soalnya tertarik sama sambel terong. Tapi baru dicoba abis melahirkan deh, sekarang lagi males makan bebek padahal biasanya doyan banget.

  3. Ottyy.. tanggung jawab. Sekarang list ngidam gw jd banyak.. gimana nih kalo ga kesampaian anaknya ngeces?!?

    Haduh gw lsg kebayang makan empal kecil2 ibu Rudy itu. Jarang bgt gw liat orang jualan empal kecil-kecil. Mau Ottyy.. mauuuu

    • Elo mau empalnya apa sambel + udangnya aja? Kalo sambel + udang gue kirimin deh, tapi kalo empal gue ga janji soalnya takut rusak (gue tanya dulu ke tokonya ya). Minta alamat lo dong kirim ke ottypangastuti[at]yahoo[dot]com.

      Eh elo hamil berapa bulan? Selamat yaa.. Kok gue ketinggalan berita nih, maap :P
      Powered by Telkomsel BlackBerry®

      • aaaah.. baik sekali dirimu Otty. Tp gw ngidamnya empal kecil-kecilnya krn emg jarang bgt yg bikin empal ukuran mini termasuk nyokap gw aja ga pernah bikin. Gw cuman pernah 2x makan emapl ukuran kecil2 dan sukaa. Gpp, nanti aku ke sby aja pas cuti melahirkan. Aaamiiinn.. nanti temenin ya klo bisa ke sby.

        Gw sdh 7.5 bulan, Ty.. due date nya akhir Des. Elo sendiri udh berapa bulan?

      • Waa udah bentar lagi dong melahirkan :) Mudah2an lancar ya… Insya Allah gue temenin kalo lo di sini ya, pengen ketemu Raissa sama adeknya.

        Gue baru jalan 5 bulan, due date Maret.

        Eh, barusan nanya ke Bu Rudy dan ga bisa ngirim empal soalnya bakal rusak. Ya udah ntar aja kita makan langsung ya :)
        Powered by Telkomsel BlackBerry®

  4. oh my….otty gue jadi kangen makanan2 gue waktu di surabaya. Bakso jagalan pertama makan syok karena banyak, enak tapi mahal huehe secara anak kost yaa dulu.semoga yg di jagalan jg ngga pake babi deh :( terus gue juga suka Bu Kris yang di Kayun krn paling deket dr kantor gue dulu dan emang ada bbrp bu kris yang agak beda ya enaknya, katanya beda owner bener ga sih. pas di sidoarjo yg di perumahan apa sih itu gue makan koq ga seenak Kayun. Bakwan + Dada penyet Agak Pedas + es rumput laut, aimisyuu… Eh trus tahu tek Pak Ali itu lumayan tapi gue makannya sambil nangis, homesick karena mengingatkan gue sama Kupat Tahu di Bandung hihi. eh eh baso solo rindu malam itu yang di pertigaan bukan ya itu juga gue suka makan dulu, enak sih. oya oya gue diluar kuliner itu gue kangen Penang Village ty, hee bee prawn dan nyonya mango chicken oohh lidah gue kangen ini. susah deh nyari makanan Malay di Bandung. dan…eh sepertinya udah kepanjangan numpang curhat disini, maap yah kebablasan kangennya :p

    • Eh emangnya lo dulu kerja di Surabaya? Gue baru tauuu… Haha iya bakso jagalan emang lumayan mahal tapi enak dan kenyang banget kan makan itu, ga rugi!! Bu Kris biasanya gue makan yang di Jemursari, itu aja menurut gue es milo caunya kalah dibanding Bu Kris Pandaan (jauh bener) soalnya di Pandaan cincaunya diserut kecil2 tapi yang di Jemursari cuma dipotong kotak biasa, ga asik. Tahu tek gue ga terlalu doyan, yang doyan Imron tuh tapi karena ga ada temennya udah bertaun2 dia ga makan tahu tek, kasian dia liat gue duduk doang padahal gue sih gpp demi nemenin suami (cieeehhh) :D Dia juga biasanya suka sama tahu tek Pak Ali. Emangnya di Bandung ga ada Penang Village ya? Sekarang udah ganti nama jadi Malay Village. Dulu gue sering ke sana cuma demi makan tom yam yang porsi 4 orang dan diabisin berdua aja *elus perut gendut* Oiya bakso Rindu Malam itu beneran enak ya? Gue baru liat ada cabangnya dengan tempat yang lebih manusiawi di Jemursari deket kantor gue, kapan2 gue coba ah.

      Thanks, Otty

  5. mau mewek baca postingan ini. Kangen euy sama makanan surabaya. Apalagi petisnya. Sebelum brkt ke sini, untung sudah makan gila-gilaan di Bu Kris, hahaha. Aku dulu pas di Jkt malah sutris nyari makanan rasa surabaya :p apalg baksonya. Yg lumayan cocok bakso deket sekolah islam Cipete situ. Kalo di sby, byk bgt sih bakso yang aku seneng. Bahkan di kompleks deket rumah juga enak :9
    Kalo mau gampang, aku suka makan di foodcourt Galaxy Mall yang bagian makanan tradisionalnya, kayak bubur madura, sate tretes,dll.
    setujuuu, bebek HT enak banget. Kalo palupi abis makan disitu leher sering sakit :s
    Udah nyoba makan di Bon Ami? Lontong cap go meh plus menu es-esnya enaak :9
    Kalo steak favorit dimana ty? Udah nyobain Iga bakar yg di sidoarjo ya? Itu jg enak. Hihihi.. Komennya bisa panjang kalo urusan makanan :p

  6. mau mewek baca postingan ini. Kangen euy sama makanan surabaya. Apalagi petisnya. Sebelum brkt ke sini, untung sudah makan gila-gilaan di Bu Kris, hahaha. Aku dulu pas di Jkt malah sutris nyari makanan rasa surabaya :p apalg baksonya. Yg lumayan cocok bakso deket sekolah islam Cipete situ. Kalo di sby, byk bgt sih bakso yang aku seneng. Bahkan di kompleks deket rumah juga enak :9
    Kalo mau gampang, aku suka makan di foodcourt Galaxy Mall yang bagian makanan tradisionalnya, kayak bubur madura, sate tretes,dll.
    setujuuu, bebek HT enak banget. Kalo palupi abis makan disitu leher sering sakit :s
    Udah nyoba makan di Bon Ami? Lontong cap go meh plus menu es-esnya enaak :9
    Kalo steak favorit dimana? Udah nyobain Iga bakar yg di sidoarjo ya? Itu jg enak. Hihihi.. Komennya bisa panjang kalo urusan makanan. Udah lama gak maen kesini. Nara udah gede yaa. Eh kayaknya dulu pernah liat nara deh di sushi tei GM. Cuma waktu itu aku lg ribet sama ASIP-nya Ganendra jd baru inget2 lagi skrg hehehe

    • Makanan di Jakarta emang beda banget rasanya sama makanan di Surabaya, yang rada susah makan bakal bingung deh. Untungnya gue pemakan segala, jadi di Jakarta makan enak, di Surabaya tetep makan enak :D

      Bubur2 tradisional itu ada yang enak banget tapi mesen, ga buka toko kayaknya. Mesennya entah di mana tapi jadi andalan kalo di kantor lagi ada tumpengan, nah pasti temennya bubur itu deh. Enaaaakk bisa nambah berkali2, bule2 aja pada doyan hihi…

      Iya lontong cap go meh di Bon Ami enak banget ya. Steak favorit sih sekarang di Meat Shop yang deket rumah, ga usah ambil yang wagyu juga udah enak. Sayang sekarang lagi ga boleh makan yang medium-well jadi rada males2an makan steak (yeah rite, ga inget apa minggu lalu barusan makan walopun well done) :D Di The Rocks setak Tokyo Mignon juga enak (apalagi diskon 51% pake HSBC), pancake di situ juga selalu mantap! Iga bakar udah nyoba dong, dulu pas hamil Nara pengen banget makan di sana langsung deh dari Pandaan ke Sidoarjo dulu, dan pesen 2 porsi hahaha…

      Wah iya mungkin, tapi kapan tuh liat Nara di Sushi Tei GM? Pasti udah lama soalnya udah lama bangeeeet ga ke Sushi Tei dan ke GM (eh wknd kemaren ke sana tapi ga ke Sushi Tei). Salam buat Ganendra ya :)

      • Udah lama bangeet. Sebelum sushi tei renovasi. Aku inget nara soalnya dia lg belajar jalan gitu trus Ganendra nangis jerit2 dia senyum2 hihihi. Trus dia belajar jalannya deket tempat dudukku :) aku klo ke GM seneng bgt iced green tea jelly di food court. Yaah.. Ngiler lagi ini, hihihihi

Leave a Reply

