Buka Tabungan Haji


Alhamdulillah kesampean juga niat gue untuk buka tabungan haji. Sebetulnya udah niat dari sebelum melahirkan Niska tapi kok males bergerak menuju bank syariah, jadi ketunda terus dan jadi deg-degan karena takut uangnya kepake. Kemaren gue ga ngantor karena ga enak badan, rencananya mo di rumah aja tapi siang badan gue udah agak enak dan anak-anak masih heboh aja muter-muter rumah ga ada yang tidur, daripada puyeng akhirnya gue bilang “ayo semua ganti baju, kita pergi!”. Nara jelas kesenengan begitu denger kita mau pergi (padahal ke bank doang), langsung sibuk milih-milih baju dan dia duluan siap. Gue sholat ganti baju aja ditungguin sama dia :D

Abis sholat langsung berangkat sambil nyeret adek gue, Rani, yang masih ada di rumah. Lumayan lah sekali-sekali ngerasain jadi nyonya dan disetirin. Enak juga ternyata hahaha…

Tujuan pertama ke bank Commonwealth untuk ngebuka blokiran PIN ATM. Cabang yang di deket rumah gue sepi, ga ada nasabah lain jadi gue langsung bisa ketemu sama mbak CS. Setelah gue bilang mau buka blokiran PIN ATM, gue cuma diminta kartu ATM dan KTP trus semua diurus sama si mbak selama sekitar 5 menit aja. Abis itu gue coba make kartu ATMnya dan bisa. Okeh, tujuan pertama selesai!

Melipir ke ruko sebelah, gue langsung ke bank Syariah Mandiri (BSM) yang sebetulnya adalah tujuan utama hari ini. Banknya sepi juga, lagi-lagi nasabahnya cuma gue. Gue langsung ke CS dan nanya-nanya tentang tabungan haji. Info penting yang gue dapet gue tulis di sini ya, kali-kali bisa jadi referensi buat yang mau buka tabungan haji.

  • Nama tabungan: tabungan mabrur
  • Saldo awal: Rp 500.000
  • Setoran selanjutnya: minimal Rp 100.000 (tidak harus bulanan, terserah kita aja)
  • Saldo minimal untuk dapat porsi haji ONH: Rp 25.000.000
  • Dana talangan ONH: Rp 22.500.000
  • Waktu pelunasan dana talangan ONH: 1-3 tahun
  • Waktu tunggu ONH: 10 tahun
  • Saldo minimal untuk dapat porsi haji ONH Plus: USD 4,000
  • Dana talangan ONH Plus: Rp 20 atau 25 atau 30.000.000
  • Waktu pelunasan dana talangan ONH Plus: 3-12 bulan
  • Waktu tunggu ONH Plus: 5 tahun

Gue coba bahas lebih rinci ya :)

Saldo minimal untuk ngebuka tabungan mabrur adalah 500rb, setoran selanjutnya minimal 100rb. Setoran selanjutnya ini ga harus dalam frekuensi bulanan, bisa aja kita nabung setaun sekali pokoknya di atas 100rb. Nanti kalo saldo tabungan kita udah mencukupi saldo untuk mendapat porsi haji (antrian haji), dana kita akan didebit sama bank. Gue lupa nanya mekanisme pendebitannya gimana, entah pake pemberitahuan dulu atau langsung aja didebit soalnya kan ada 2 jenis ONH (biasa dan Plus) yang jumlah pendebitannya beda. Kemaren waktu buka rekening gue belum bilang mau ambil yang biasa atau Plus, baru sebatas nanya dan “yang penting buka rekening” dulu.

Karena biaya ONH dan ONH Plus beda, jelas saldo minimal yang dibutuhkan untuk dapat porsi haji juga beda. Kalo ONH butuh saldo minimal 25jt sedangkan ONH Plus butuh USD 4,000 (kurs beda-beda tergantung saat itu berapa). Setelah kita dapat porsi haji, kita nunggu berita lagi kapan kita akan berangkat dan kapan kita harus melunasi kekurangannya.

Sekarang tentang dana talangan nih… Kayaknya masih banyak pro-kontra untuk dana talangan, lebih jelasnya silakan gugel sendiri aja soalnya gue juga kurang kompeten untuk ngejelasin. Gue cerita tentang dana talangan dari BSM aja oke?

Untuk ONH, BSM bisa menyediakan dana talangan sebesar 22.5jt. Dana ini harus dilunasi dalam jangka waktu 1, 2, atau 3 tahun. Untuk setiap tahunnya dikenakan ujroh (biaya administrasi?) sebesar 2.85jt. Jadi kalo kita ambil dana talangan dengan tenor 1 tahun, yang harus kita bayar adalah 22.5jt + 2.85jt = 25.35jt. Kalo kita ambil tenor 2 tahun berarti jadi 22.5jt + (2 x 2.85jt) = 28.2jt. Kalo 3 tahun berarti ujrohnya nambah lagi.

Sedangkan untuk ONH Plus, dana talangan yang disediakan bervariasi dari 20jt, 25jt, dan 30jt. Keliatannya besar dan cukup membantu kan? Tapiii… dana sebesar itu harus dilunasi dalam jangka waktu paling lama 1 tahun :D Lumayan ya kalo harus nyicil 30jt dalam 1 tahun (plus ujroh). Gue udah ga nanya lagi ujrohnya berapa soalnya kok serasa tak mungkin ngelunasin segitu cepet hihi… Apalagi gue kan buat berdua! Jadi gue cukup tahu aja trus bilang terima kasih ke si mbak CS.

Gue sendiri masih belum ngambil dana talangan soalnya gue mau nabung/investasi sendiri aja. Sekarang mulai ngelirik emas, mau gue tertibkan nabung sekian gram emas per bulan supaya hasilnya lumayan dan bisa dipake buat dapet porsi haji. Emang sih itu berarti begitu uang gue cukup untuk dapet porsi haji, bisa aja antriannya tambah lama tapi ya gpp lah, pokoknya gue udah ngebuat tabungan dulu. Kalo udah ngebuat tabungan gini kan jadi lebih semangat soalnya lebih jelas tujuan nabung/investasinya.

Oya, kemaren adek gue nanya kenapa gue buka rekeningnya di BSM dan jawaban gue “soalnya itu yang paling deket dari rumah” ahahaha… Serius emang cuma itu alasan gue. Sebetulnya kalo mau jalan sekitar 300 m lagi ada bank BRI Syariah, tapi entahlah yang kepikiran di otak gue cuma BSM. Udah kuat banget kali branding BSM di (calon) nasabah. Kalo ada yang pernah buka tabungan haji di bank lain, atau kalo ada keterangan gue yang salah, please cerita-cerita ya :)

29 thoughts on “Buka Tabungan Haji

  1. Hai lagi mba :).
    Aqu juga baru aja buka tabungan haji ber 2 suami tp di BRI (bukan syariah) karenaa.. itu yg ada kantr cabang di kntrku :). mudah buka n lain2nya krna tinggal melipir 5m :p. Pas pertama buka juga 500rb cuma ga inget setoran berikutnya minimal brapa. Aq isinya ga rutin didebit tiap bulan. hanya pd saat dapet rezeki lebih yg bisa disisihkan kami isi deh. inginnya secepetnya bs penuh 25jt biar ‘dapet kursi, mengingat sekarang aja antrian mengular.
    Kita lebih memilih cara ini n ga ambil dana talangan karena, ga pengen nambah2 lagi. udah mumet dg KPR hihihi
    Kemaren si baca artikel katanya dana talangan rencana dalam waktu dekat bkl dilarang karena Pemerintah khususnya Dirjen Haji n Umroh menganggap antrian haji akibat dana talangan sudah terlalu banyak. sampe ada daerah yg sampe 15 tahun gitu antriannya, cmiiw :D

    • Wah berarti sama ya kita, buka rekening cuma karena “itu yang paling deket” :D

      Makasih ya sharingnya, berarti kurang lebih cara kita sama, cuma beda bank aja. Aku juga ga ngambil dana talangan selain karena pro kontra itu juga kepikiran kok cicilan nambah lagiiii hahaha…

      Wih ada yang antriannya sampe 15 tahun? *melongo*

    • Sama2, mudah2an infonya bisa membantu :) Jadi seneng setelah tau kalo “itu yang paling deket dari rumah/kantor” adalah alasan yang umum untuk milih bank.

  2. Otty.. Lucu bgt deh prasaan, gw nemu tulisan2 lo melalui gugling ttg dana haji, pas baca (blum liat foto lo) udh feeling, jgn2 ini Otty (di+ namanya ottypangastuti) pnasaran, gw liat2 lg, eh nemu poto lo.. He he.. Oot bgt..

    Anyway, thx ya, info ttg tab hajinya :)

  3. Oh jd kykny semua bank sama ya tentg setoran awal n setoran selanjutny. Sya td coba liat di BPD dan setoran awal 500rb n selanjtny 100rb.

  4. hii mbak otty salam kenal ya, suka baca blognya apalagi baca tentang tabungan haji..
    berguna banget..
    oya, aku baru jd anggota TUM juga hehehehe

  5. Hi mba,thx infonnya membantu banget.mba aku mau nanya,itu kan daftar tunggu buat tiap daerah beda2.akuu mau buuka trabungan hajji,apa t4 kita buka tabungan ddisitulah dddaftar antri kita? Misal aku buka tabungan di makassar,trus aku nnti pindah ke sby..aku nnti hajinya hrus ddi makassarr ato bgmn mba?*butuh pencerahan mba :D. Tq

    • Err bingung juga ya, tapi harusnya sih dibtempat daftar. Yang akunga tau, kita kan didaftarin langsung sama bank (setelah dana terkumpul), bisa ga ya minta didaftarin di kota lain?

  6. haii lam kenal mbak.
    aku kebetulan taun ini ada dana bwt beli porsi onh biasa tapiii…. cuma satu. trus kepikiran deh bwt ikut tabungan haji biar bisa berangkat berdua,, cari2 di gugel akhirnya nemu tulisan mbak yang cukup panjang lebar ^_” thanks infonya.

  7. hai mba, salam kenal.. lagi liat2 slow cooker, eh malah nemplok disini… kebetulan sayah ikutan yang talangan haji, dan memeang kondisi berangkat tiap kota beda-beda, sy terdaftar di bengkalis, riau, sedangkan sy domisili bekasi sekarang, dan entah pada tahun 2018 (saat keberangkatan) ada dimana, hehe… bisa pindah kota kok mba (kata depag) #bantu jawab

  8. Salam semuanyaa…. untuk di bsm untuk buka rekening haji cukup dengan rp 100rbu sajaa.. untuk didaftarkan ke siakohat pun skrng hanya 25.100.000, jd
    Tunggu apalagi ayooo buka rekening haji di bank syariah mandiri terdekat.. untuk talangan haji juga masih ada kok di bsm :)

  9. Cari2 info akhirnya kesini ..iyaa semua infonya bener …yg jadi tujuan ku ama suami siapkan 25jt nya dulu & niat kita unt berhaji berdua…unt tambahannya juga kita uda nabung biar Gaak iku dana talangan..niat berhaji dr pada keduluan mati…katanya kalau uda niat andai maut menjemput kita uda tercatat haji kita…insyaAllah…thx

  10. Slm knl mba otty,gmn tab hj nya?sdh dpt no porsi skarang,klw blum,cpet2 dafftar aja,.antriannya tmbah panjang,klw sy ambil dana talangan hj alhamdulillah sy br dapat no porsi ,wah tlat sbulan daftar aja ,bda brangktnya dah setahun,onh plus waiytingnya pe 6 th mba,pas sy daftar kemarin total yg sy byr ke travel krg lbih 55500000 dpt dana talangan dr bsm 30jt,klw onh plus travelnya kt yg nentuin,krn sy lokasi d bndung ,ats recomendsi dr phk bsm sy pilih khalifah tour,biaya palinh murah 8400 dolar untuk kmar isi 3(krn kami brangkat ber 3)lm ibadah 27 hour,gt aja sih mba informasinya mdh2an bermanffaat

  11. klo buka tabungan haji di bri syariah gampang dan ringan banget.cocok untukku yg tukang parkir.setoran awal cuma rp 20.000,- dan bulanannya minim rp 10.000,- ringan kan??’??

  12. gmna klw aq tuh niat mau daftarkan ibu ku.. pake tabungan haji gitu.. tapi aq ada uang 1 juta. rencana q perbulan mau q isi 100ribu aja. dalam jangka 15 tahun. kalau lebih 15 tahun bgmna dg tabungan itu, apakah perbulan gak musti 100rb, maksud q klw ad rzeki di banyakin isi tabungan ny.. kalau misal 10 tahun udah sampai 25 juta tabungan, jdi selanjutnya gmna??

  13. drpd nunggu 10 taun..mending nabung konvensional..dana ud trkmpul 40an jta..bsa brangkat haji pke kuota negara lain..alternatif bisa brangkat dri korsel,u.s.a, ato gk rusia..pinter2 kita dptin link

Leave a Reply

