Eco Green Park – Tempat Wisata Baru di Batu


Beberapa bulan yang lalu (iyee udah lama!) gue sekeluarga sama adek-adek gue nyobain tempat wisata baru di Batu: Eco Green Park. Sebetulnya tujuan utama itu pengen ngajak adek-adek gue makan di Ikan Bakar Cianjur (IBC) yang di Pandaan soalnya di situ ada bakwan goreng yang enaaaak banget dan menu ini ga ada di IBC Surabaya. Abis itu mikir enaknya ngapain, kan sayang udah nyampe Pandaan masa langsung balik ke Surabaya, udah setengah jalan ke Malang tuh (atau tinggal terus dikit lagi nyampe Batu). Pilihan pertama ke Batu Secret Zoo (BSZ – lagi) atau Batu Night Spectacular (BNS) tapi kok ke situ terus sih. Eh gue belum pernah ke BNS tapi abis nanya ke temen-temen gue, tempatnya so-so untuk ngajak anak kecil. Setelah nanya di twitter dan gugel sana-sini, gue lumayan tertarik sama Eco Green Park (EGP – duh singkatannya kok begini banget). Tempatnya masih baru buka jadi belum banyak reviewnya di internet, tapi feeling gue bilang tempatnya harusnya ga mengecewakan karena masih 1 manajemen dengan BSZ dan Museum Satwa (MS – maap ya semua disingkat hihi), lokasinya pun sama. Oke lah, kita cobain ke sana aja.

Imron berangkat duluan soalnya harus nyampe di lapangan golf pagi-pagi (dia sendiri yang mengharuskan, ga ada yang nyuruh kok sebetulnya :p) dan gue nyusul. Janjian ketemu jam makan siang langsung di IBC, abis itu Imron misah dari temen-temennya supaya kita bisa langsung ke Batu.

As always, makanan di IBC enak dan bakwan goreng yang tersohor itu tetep mantap rasanya :) Adek-adek gue pun doyan makan di situ. Puas makan dan ngajak Nara main sebentar di halaman belakang IBC, kita berangkat menuju Batu.

Seperti yang gue bilang sebelumnya, EGP ada di lokasi yang sama dengan BSZ dan MS. Kalo dari arah pintu masuk, MS ada di kiri trus ada Pohon Inn, di tengah ada BSZ dan di kanan ada EGP. Peringatan buat yang mau ke EGP, parkirnya jangan di tempat BSZ atau MS ya, jauuh bener jalan kakinya. Mending cari parkir di sekitar EGP atau musholla. Loket pembelian tiketnya juga beda (kalo BSZ dan MS loketnya jadi 1).    

Begitu liat bagian depannya gue udah suka karena keliatan bersih dan sepi (penting!). Setelah masuk makin suka… tempatnya rapi, bersih, dan keliatan masih baru banget. Sorry gue rada susah nerangin isi tempatnya gara-gara udah kelamaan hehe…  gue kasih keterangan dikit sama foto aja ya :)

Di dalam ada Insectarium yang ga kalah sama Insectarium di Butterfly Park – Penang. Emang ga terlalu besar tapi isinya rapi. Ada serangga yang diawetin dan ada juga serangga hidup. Ada 1 ruang kaca yang pintunya bisa dibuka, isinya pohon dan serangga daun yang beneran nyaru sama daun (ya iya lah, gimana sih Otty). Ada juga kotak kaca yang isinya hewan serasah (bener ga) macam kaki seribu (berbagai jenis dan ukuran, gelii liatnya).

IMG_3532

hayo mana serangganya?

IMG_3537

Abis itu kita jalan lagi dan nyampe ke area Walking Bird. Intinya itu tempat burung-burung yang ga bisa terbang kayak burung onta. Di sini kita juga bisa ngasih makan, tinggal bilang ke petugasnya dan kita bakal dikasih sayuran (gratis) trus kita kasihin ke burungnya. Rada horor liat burung gede-gede gitu ngedatengin gue (padahal dipisahin sama pagar pendek) tapi Nara kegirangan dan pengen megang burung-burung itu sampe petugasnya yang takut ngeliat Nara pede banget.

Lewat dari area Walking Bird kita nyampe ke snack court. Tempatnya terbuka dan melingkar, di bagian tengah ada kolam besar diisi peralatan masak dan air mancur. Peralatan masak itu buat dimainin J Kita bisa main tembak-tembakan (pake pistol air gede) dan diarahin ke sutil, panci, dsb. Ada juga wajan yang bisa diisi air (kita mompa pake pompa tangan jadul), kalo udah penuh nanti airnya bakal masuk lagi ke kolam dan muncrat, seru! Nara ketagihan main ini.

IMG_3568

Snack courtnya sendiri jualan susu sapi dingin yang enak. Selain itu cuma jual cemilan kayak nugget, sosis bakar, ga ada makanan berat. Di situ ada ruangan display yang nerangin cara pengolahan susu sapi, sayang pas kita di sana demonya udah selese.

Ow gue lupa, tepat sebelum kolam ada arena permainan. Kita naik jip kap terbuka, ceritanya jadi polisi yang tugasnya nembakin pemburu liar. Jip ini jalan di track khusus, ntar keluar-masuk gua dan hutan buatan. Lumayan buat numpang duduk sebentar (lha kok salah fokus).

Setelah puas ngemil susu dingin, kita jalan lagi dan liat-liat ayam! Ini ayamnya baguuus deh, namanya entah apa gue ga inget. Ayamnya kecil-kecil dan badannya cenderung bulet, bulunya warna-warni dan ekornya panjang. Tiap jenis dipisah di kandang masing-masing. Ada yang dari Myanmar, dan Vietnam, ada yang warna emas, biru, putih. Pokoknya bagus-bagus banget.

Ngelewatin ayam-ayam cantik itu kita pun nyampe ke tempat strawberry dan jamur. Tapi ini kurang menarik menurut gue, soalnya gelap dan cenderung ga ada yang bisa ditanya atau diliatin. Yah gue sih kurang berminat ngeliat tumpukan jamur. Jadi kita numpang lewat aja dan nyampe ke tempat burung warna-warni sebangsa kakaktua. Oh wait, itu memang kakaktua hehe… gue ga paham deh dari mana aja, tapi ukuran dan warnanya beda-beda. Kita bisa foto sama beberapa burung yang ada di luar kandang, emang disediain untuk foto sama pengunjung. Tentunya gue males ya… biarlah Naning aja yang foto-foto. Nih ada foto Nara yang gegayaan seakan-akan dia foto beneran sama burung, tangannya hits bener padahal begitu disodorin burung kakaktua dia langsung ngeloyor pergi.

IMG_3618

walaupun takut tapi tetep gaya

Abis itu… Gue udah lupa kita ngapain aja! Ampuuun begini deh kalo nulisnya kelamaan, basi dan lupa semua hahaha… Ya sutra lah, pokoknya menurut gue tempat ini recommended, jauh lebih bagus daripada Bali Bird Park (menurut gue dan Imron). Bedanya sama Batu Secret Zoo? Kalo di Batu Secret Zoo jenis binatangnya lebih banyak, kalo di Eco Green Park ini lebih focus ke burung-burung. Kalo ada yang udah ke sana, tolong ya info gue di-cross check bener ga, jangan-jangan gue salah saking lupanya :D

IMG_3640

IMG_3650

IMG_3655

ini kita masuk ke kandang besaaaar banget, pintunya kaca dan ada rumput2nya. baguuusss bisa jalan2 di antara burung merak india :)

 

9 thoughts on “Eco Green Park – Tempat Wisata Baru di Batu

  1. Hai, Otty, salam kenal!
    Sering denger soal ote2 yang tersohor itu tapi belom pernah nyobain, padahal sempet 5 thn tinggal di Surabaya plus mertua tinggal di sana.
    Next February mau ke sana, pokoknya harus nyoba! :)

    • Salam kenal juga! Ote2 apa nih, kalo ote2 porong sama mirasa pake babi jadi aku ga pernah makan :) Yang aku makan cuma ote2 mungil soalnya di situ isinya ayam dan emang enaaak.. Ote2 sebetulnya kayak bakwan goreng, tapi biasanya ada isinya (ayam/babi/tiram).

  2. Kemaren dari MS dan BSZ, gak ke EGP soalnya takut keabisan waktunya (dan bener, di BSZ sampe dihalau2 mau tutup). Di banner EGP, selain taman burung, katanya ada miniatur candi2 seluruh indonesia? Adakah? Keliatannya Otty nggak inget ya :D

    Thanks ya infonya.. mau kesana ah.. dan mampir ke IBC Pandaan juga :)
    dan beli camilan di BakpaO telO..

    • Bagus ya kawasan wisata itu, hari ini aku lagi OTW ke BSZ lagi :) Dulu pas aku ke sana miniatur candinya belum jadi, keliatan sebagian tapi masih belum dibuka.

Leave a Reply

