Perawatan Cloth Diaper


Dulu waktu baru mau mulai pake clodi, gue jadi super rajin baca-baca tentang perawatannya. Males banget kan kalo udah beli mahal-mahal ternyata perawatannya salah dan jadi rusak. Awalnya gue pikir susah juga ya perawatannya, agak ribet. Ternyata setelah dijalanin gampang banget, apalagi untuk emak santai kayak gue🙂

Ternyata intinya sih cuma begini:
1. Pake detergent yang biasa aja, tanpa tambahan zat macem-macem.
Untuk detergent gue samain aja sama detergent yang gue pake untuk nyuci baju sehari-hari. Pernah pake Rinso Matic, hasilnya lumayan tapi bau pesingnya kadang masih nyisa. Akhirnya gue ganti ke Ultraco dan puas karena bau pesingnya bener-bener hilang.
2. Kurangi takaran detergent.
Biasanya ditulis untuk make detergent 1/2 atau 1/4 dari takaran biasa. Gue ga tau “1/4 atau 1/2 dari takaran biasa” itu seberapa, jadi gue kasih aja 1 sdt untuk tiap kali nyuci (sekali nyuci sekitar 5 clodi). So far so good pake takaran itu🙂
3. Jangan dikasih pelembut dan pemutih.
Karena dua zat tersebut justru bisa merusak clodi dan mengurangi daya serapnya.
4. Lakukan stripping bila perlu.
Biasanya clodi harus di-stripping kalo udah menunjukkan tanda daya serapnya berkurang (mulai bocor). Tapi gue milih tindakan preventif, gue stripping aja sekitar sebulan sekali. Mendingan rajin stripping daripada kasur gue ada kubangan ompolnya kan…

Cara stripping tuh juga gampang banget. Well, ada beberapa cara sih tapi gue milih yang paling gampang:
– Pisahkan insert dari covernya, bilas pake air biasa.
– Taruh insert dalam ember, rendam pake air panas (gue ambil dari kamar mandi jadi entahlah suhunya berapa).
– Tunggu sampe agak dingin, peras dan buang airnya.
– Ulangi 2-3 kali trus cuci seperti biasa.

Gampang kan perawatannya? Oya, kadang kalo lagi males ngebilas manual (rendam trus bilas pake tangan) insertnya gue masukin aja ke mesin cuci dan gue pilih mode rendam-bilas. Abis itu baru gue nyalain lagi mesinnya dan gue setel untuk nyuci biasa😛 Jadi gue nyaris tanpa usaha untuk nyuci clodi🙂

2 thoughts on “Perawatan Cloth Diaper

  1. Ah Ty, thanks ya…pencerahan banget. Soalnya selama ini rada ‘lebay’ mikirin nanti nyuci clodinya gimana (belum ada yg gw cuci tu tumpukan clodi, nunggu cuti melahirkan ntar…hehe).

    Btw, klo untuk newborn gitu juga gapapa yah Ty pake deterjen kita (selama dikurangi takarannya)? lo dari Nara newborn pake deterjen biasa atau pas Nara mulai gede?

    • Sama2… Pokoknya intinya gini, jangan dibawa repot😉

      Untuk baju, gue pake detergent biasa yang gue pake dari Nara newborn karena gue yakin kulitnya ga sensitif (gue & Imron kulit badak soalnya :P). Pokoknya dibilasnya yang bersih, insya Allah aman deh. Tapi kalo ternyata kulitnya sensitif emang harus lebih milih2 sih buat detergentnya. Alhamdulillah Nara gpp🙂

Leave a Reply

