Satu Minggu Bersama Bumbu Kari


Nah ngeri ga baca judulnya? Kan gawat kalo setelah satu minggu bau badannya agak-agak gimana gitu😛 Tapi tenang, udah diendus-endus bau badan Nara (yes, korban kali ini adalah Nara – anak yang selalu pasrah dikasih makan apa aja) tetep normal. Tadinya gue juga takut kalo tiba-tiba Nara jadi bisa nari di antara tiang atau pohon, tapi ternyata semuanya aman terkendali🙂

Awalnya gue iseng beli bumbu kari India, merk Jay (atau Jay’s?) di supermarket. Gara-gara baca di Annabel Karmel katanya kari adalah makanan yang disukai oleh bayi dan toddler. Sayangnya setelah sekitar 2 bulan, botol bumbu itu masih tergolek pasrah di dalam lemari, lupa dimasak hehe… Baru deh minggu lalu gue masak kari sapi, dan sukses! Setelah itu gue (mumpung ada mertua) minta dimasakin nasi kebuli, sukses juga! Untuk menu ini gue ikutan makan sih, abisnya emang gue yang pengen. Dan percobaan terakhir adalah kari ayam, sukses walaupun menurut gue lebih enak kari sapi ya. Ini dia resepnya, kali-kali ada yang mau nyoba juga.

Kari Sapi

Bahan:
– 50 gram daging sapi giling
– 100 ml santan
– 1 sdt bumbu kari
– bawang bombay, potong kecil
– bawang putih, cincang
– sedikit air
– sayur (waktu itu gue pake kacang merah dan wortel, dipotong kecil)
– olive oil untuk menumis
– garam
– merica

Cara membuat:
– panaskan olive oil lalu tumis bawang bombay dan bawang putih hingga harum
– masukkan daging sapi dan aduk hingga berubah warna
– masukkan wortel dan kacang merah, lalu tuang santan dan air
– masukkan bumbu kari dan masak hingga wangi

Kari Ayam

Bahan:
– 50 gram daging ayam cincang (gue pake ayam kampung)
– 100 ml santan
– 1 sdt bumbu kari
– 1 buah tomat, parut
– 150 ml kaldu ayam
– bawang bombay, potong kotak
– bawang putih, cincang
– sayur (lupa pake apa, apa aja bisa lah)
– olive oil untuk menumis
– garam
– merica

Cara membuat:
– panaskan olive oil lalu tumis bawang hingga harum
– masukkan daging ayam dan semua bahan lainnya
– masak hingga matang dan kuah mengental

Nasi Kebuli

Note: Ini nasi kebuli versi mertua gue dan gue suka rasanya, kalo berbeda sama resep aslinya maaf ya… Ini udah disesuaikan dengan lidah Indonesia🙂

Bahan:
– beras, cuci bersih
– bawang bombay, potong kecil
– butter (atau minyak samin) untuk menumis
– 1 sdm bumbu kari (tergantung jumlah berasnya dan selera, bisa kurang atau lebih)
– kismis
– daging (bisa sapi atau kambing, tergantung selera)
– garam
– merica
– santan
– air matang

Cara membuat:
– panaskan butter lalu masukkan bawang bombay, tumis hingga harum
– masukkan beras, santan, dan air matang, aduk
– tambahkan garam, merica, dan bumbu kari sesuai selera
– masukkan daging dan masak hingga mendidih
– masukkan kismis dan aduk rata
– setelah air habis, angkat dari kompor dan kukus dalam dandang
– sajikan hangat dengan bawang goreng dan acar

Dan gue pun jadi pengen makan nasi kebuli lagi…

8 thoughts on “Satu Minggu Bersama Bumbu Kari

    • Halo Sidta!!

      Wah jadi penasaran ya, tapi beneran lho ternyata bumbu kari itu lumayan banget rasanya. Dan bisa diolah jadi macem2🙂 Tadi barusan ngintip stock makanan buat Nara, kayaknya besok bakal bikin kari lagi deh. Ini emaknya doyan apa mati gaya sih?😀

  1. Aku biasa beli produknya Jay’s di Giant. Tp blm pernah beli bumbu kari-nya sih. Ih ternyata masak masakan Indonesia gampang ya? Or you can write it so well jd sangat2 encouraging bagi wanita yg bisanya cm masak pasta (pake oregano, thyme, basil, dkk dari Jay’s).:mrgreen:

  2. Pingback: (Copas) Resep simpel Kari & Kebuli ala Mbak Otty « ndutyke’s kitchen

Leave a Reply

