Facts About Nara


Gue bikin ini karena pengen selalu inget beberapa fakta (yang menurut gue) penting dan lucu tentang Nara dari lahir sampai sekarang:

1. Waktu lahir beratnya 3.2 kg dan melonjak jadi 5 kg dalam waktu 1 bulan. Gue pikir ini wajar karena gue ga tau berapa penambahan BB bayi pada umumnya (gue kurang suka nanya-nanya BB bayi, topik sensitif buat para ibu) sampai akhirnya gue plot di GC dan ternyata itu keberatan. Sejak saat itu gue males ngeplot di GC (jangan ditiru) sampai Nara mulai berdiri dan badannya kelihatan tambah tinggi (dan badannya mulai proporsional).
2. Puput pusar setelah 2 minggu, lama banget dan gue sampe risih ditanyain orang-orang kenapa pusarnya belum puput juga (yang tentunya gue ga tau jawabannya).
3. Dari awal lahir selalu tidur teratur sekitar jam 8 malam (masih berlanjut sampai sekarang), jadi alhamdulillah gue ga pernah ngerasain begadang jaga bayi. Mungkin ini efek hypnobirthing? Entahlah, yang jelas gue sangat bersyukur untuk ini. Kalo dia kebangun tengah malam juga biasanya cuma gue cek, butuh sesuatu atau ga. Kalo ga butuh apa-apa ya gue tinggal tidur lagi dan nantinya dia bakal tidur sendiri.
4. Road trip pertama waktu umur 1.5 bulan dengan rute Surabaya-Jakarta. Abis itu baliknya menempuh rute Bandung-Semarang-Surabaya.
5. Naik pesawat pertama kali waktu umur 2 bulan dengan rute Jakarta-Surabaya-Jakarta. Alhamdulillah lancar, tidur terus selama perjalanan.
6. Udah bisa bedain hotel bagus dan hotel biasa sejak umur 2 bulan. Kalo kita nginep di hotel bagus dia bakal liat-liat sekeliling dan ngomong “waaaaa” dengan tatapan senang, kalo hotelnya biasa aja ya responnya biasa aja.
7. Bisa tengkurap setelah umur 4 bulan.
8. Mulai tumbuh gigi sejak umur 8.5 bulan, sekaligus 4. Begitu 4 udah tumbuh, disambung 4 lagi. Tapi abis itu adem ayem sampai belakangan ini mulai tumbuh 5 lagi (kayaknya lho, abis susah ngitungnya).
9. Sekitar umur 9-10 bulan bisa berbagai hal bersamaan: duduk tanpa dibantu (dari posisi tidur), merangkak, dan berdiri. Emaknya lega…
10. Waktu latihan jalan ga mau ditetah, maunya melangkah sendiri walaupun awalnya cuma bisa 1-2 langkah. Akhirnya lancar juga jalannya dan bisa muter-muter rumah waktu umurnya 14 bulan.
11. Sempat takut banget jalan di luar rumah karena jalanannya menurun. Akhirnya tiap pagi-sore dibawa keluar rumah dan sekarang malah maunya jalan terus.
12. Suka makan apa aja… Alhamdulillah ga pernah susah ngasih dia makan. Pernah karena mati gaya (di restoran dan gue ga bawa makanan dari rumah) gue kasih nasi + keju parut. Pernah juga makan di warung bebek Pak Slamet dan Nara gue suapin nasi putih + daun singkong.
13. Manggil ayah dengan jelas, dan manggil gue “addaa” instead of “bunda”. Mbak yang jaga dipangggil “addee” instead of “bude”.
14. Suka banget sama kaki dan bulu kaki. Kalo kita lagi makan malam atau duduk di sofa, Nara bakal langsung mendekat dan meluk betis kita, kalo kaki yang dipeluk itu banyak bulunya bakal dielus-elus dan diciumin. Kalo kakinya kita tarik pasti dia marah.
15. Sudah ga pake botol susu sejak umur 10 bulan🙂 I’m so proud of him.
16. Berkaitan dengan no. 14, Kalo mau tidur harus ngelus-ngelus tangan atau kaki orang lain. Jadi biasanya Nara tidur di kaki kita dan baru dipindahin setelah pulas.
17. Bangga banget pas bisa turun tempat tidur tanpa dibantu. Suka nyari-nyari orang dulu kalo dia mau turun dari tempat tidur supaya ada yang tepuk tangan begitu dia mendarat dengan selamat (gue selalu tepuk tangan, lucu banget liat wajah bangganya).
18. Rajin banget sikat gigi diiringi nyanyian “aku gigi, mulut rumahku…”. Saking rajinnya dulu suka marah kalo acara sikat gigi selesai dan terpaksa diulang sekali lagi.
19. Baru bisa tepuk tangan, dan ini membuat dia sempat didiagnosis “kurang normal” sama dokter tumbuh kembang anak pas umur 11 bulan (walaupun waktu itu kemampuan lainnya udah berkembang pesat seperti anak 16 bulan). Gara-gara itu gue sempat agak down karena mendapat cap “kurang menstimulasi anak” dan Nara sempat dikasih resep vitamin yang akan membuat dia cepat bisa tepuk tangan (penasaran, beneran ada ya vitamin kayak gitu?). Resep itu ga gue tebus :P Oh well, gue rasa waktu dia besar dan daftar sekolah toh ga akan ditanya “dulu bisa tepuk tangan umur berapa” kan?
20. Udah bisa ngajak jalan-jalan keluar rumah. Kalo gue baru pulang kantor bakal dicegat di pintu dan teriak-teriak minta muter-muter komplek. Dia juga bisa ngambil sandal sambil senyum-senyum sebagai isyarat dia mau jalan-jalan.
21. Suka Mama Roz! SPG-nya Mama Roz udah hafal banget sama Nara dan selalu ngasih tester yang banyak (pernah kita minta tambah 3x, semuanya diminum Nara). Rasa favorit: strawberry-orange dan kiwi, makin asam makin doyan.
22. Cara gampang manggil Nara dari jauh: goyang-goyangin toples isi kue/granola/kerupuk, dijamin langsung datang deh begitu dia dengar suaranya.
23. Masih ngemut jempol. Yang ini gue udah ga tau lagi gimana caranya supaya bisa berhenti. Hypnoparenting cuma berhasil sebentar, abis itu ga ngaruh. Gue berharap makin besar Nara makin bisa diomongin supaya kebiasaan ini hilang.
24. Ga “nggratil”. Maksudnya gini, Nara ga pernah tertarik sama dispenser atau stop kontak jadi sampai sekarang gue cukup tenang ngebiarin Nara main sendiri (diawasin aja dari jauh).
25. Cara paling ampuh ngebuat Nara tenang: kasih aja botol air mineral, apalagi kalo masih ada airnya sedikit. Langsung fokus banget sama botolnya, diputer-puter dan digelindingin ke mana-mana.

Udah banyak yang gue tulis, so I guess it’s time to stop. I love you too much, little guy!!

PS: Blom mindahin foto terbaru, jadi pake foto lama dulu😀

5 thoughts on “Facts About Nara

    • Hihi si toples itu mah juara banget buat manggil Nara😀
      Nah gue juga masih penasaran sama vitaminnya, beneran bisa gitu ya? Aneh…

      Iya gue juga jadi kangen Nara(ku) dan Nara(mu)… Dan Leandra!🙂

  1. suka kaki & tangan! lucu banget, kalo bobo di kaki… kok kayak koda?😛

    stuju ama meta, nomor 22 kocak banget! emang nara mbul! hihihi. nanti kalo nara udah gede, bisa cerita ama temen2, dulu gue ampir dikasih vitamin biar bisa tepuk tangan lho!

  2. itu serius ty mau dikasih vit biar bisa tepuk tangan? baru denger😀

    ntar kalo ketemu nara harus bawa toples isi kerupuk nih biar nara mau nempel sama tante sefa😀

    itu yg botol aqua samaan kayak kareem, kareem juga hepi banget kalo dikasih botol aqua yg masih ada airnya, pasti sibuk sendiri digoyang-goyang..

Leave a Reply

