Lasagna Kebanggaan


Hari ini gue manggang lasagna, ga cuma satu tapi dua loyang! Kalo ada yang harus disalahin, kayaknya itu nenek gue deh. Tapi gue ga nyalahin nenek sih, daripada nanti gue dicap jadi cucu durhaka. Mending gue nyalahin diri gue yang latah aja, segala pengen.

Awalnya sih gara-gara nenek gue bilang dia suka banget lasagna yang gue buat, dan udah 100 tahun ga makan lasagna buatan gue. Jelas ngawur ya karena umur nenek baru 71 tahun, gimana caranya dia puasa lasagna selama 100 tahun? Karena rayuan maut itu gue pun luluh dan langsung belanja bahan-bahan lasagna semalem. Rencananya gue bikin setelah pulang dari supermarket karena siang ini nenek gue balik ke Samarinda, tapi ngantuk ga bisa ditahan dan gue pun ketiduran. Akhirnya gue baru mulai bikin lasagna jam 6 pagi, dan as expected mendapat pujian dari nenek dan tante gue (curiga dipujinya terutama karena gratisan)🙂

Selesai manggang lasagna buat nenek (dan tante, karena ternyata mereka bagi dua), gue pun latah dan bikin juga buat gue sendiri. Resepnya gampang, cuma kelihatan agak ribet soalnya harus bikin beberapa macam saus untuk diatur-atur. Ini resep untuk satu pinggan (ga tau ukurannya, tapi yang persegi panjang itu):

Bahan:
Saus daging:
– 300 gram daging sapi giling
– 3 buah tomat, parut dan buang kulitnya
– 1/3 botol saus tomat (atau sesuai selera)
– bawang putih, cincang
– bawang bombay, potong kecil
– jamur champignon, potong kecil
– oregano
– garam
– merica
– minyak untuk menumis

Saus keju:
– 3 sdm margarin/butter
– 3 sdm tepung terigu
– 600 ml susu
– 1 blok keju cheddar, parut

Cara membuat:
Saus daging:
– panaskan minyak lalu tumis bawang hingga wangi
– masukkan daging giling dan aduk hingga berubah warna, lalu tambahkan jamur
– beri tomat parut dan saus tomat, lalu tambahkan bumbu lainnya hingga rasanya pas
– jika sudah matang, matikan api dan sisihkan

Saus keju:
– lelehkan margarin/butter lalu masukkan tepung terigu
– aduk cepat hingga adonan tercampur rata
– matikan api lalu tuang susu dan keju, aduk
– setelah tercampur rata nyalakan kembali api dan aduk hingga adonan agak mengental (jangan sampai terlalu kental soalnya nanti jadi susah diratakan dan akan tambah kental lagi setelah dingin) lalu matikan api

Oya, untuk pastanya sendiri ada dua macam: yang harus direbus dulu dan yang ga usah direbus dulu. Gue sendiri selalu make yang harus direbus dulu soalnya pas nyari yang tanpa direbus ga nemu, begitu nemu eh stock lama gue blom abis. Kalo pake yang harus direbus, pastiin waktu ngerebus ditambahin minyak yang cukup di air rebusannya supaya pastanya ga saling nempel. Untuk 1 pinggan ini butuh 6 lembar lasagna.

Kalo semua udah siap, baru deh diatur: lasagna – saus daging – saus keju sampai 3 lapis. Bagian paling atas saus keju ya.. Abis itu dipanggang sekitar 20 menit, dan lasagna siap dimakan! Gue suka makan pas masih anget, jadi saus kejunya masih meleleh gitu.. Enak banget! Shinta punya resep lasagna yang ditambahin bayam, kayaknya enak tapi sayang tadi ga punya bayam. Kapan-kapan gue coba ah🙂

Manggang lasagna hari ini bikin gue inget sama percobaan pertama gue, pastanya nempel semua karena gue ga ngasih minyak di air yang dipake untuk ngerebus. Akhirnya gue bete.. Tapi karena udah setengah jalan, gue ngerebus pasta baru dan kali ini gue pastiin dikasih minyak yang cukup, abis itu baru sukses🙂

Jadi lapar.. Gue makan lasagna dulu ya😉

9 thoughts on “Lasagna Kebanggaan

    • Sama2, ntar dicoba ya pasti ketagihan😉 Ah chicken pie, pasti enak tuh! Gue lagi pengen bikin zuppa soup resepnya Ditut, tapi setelah diliat2 gue ga punya mangkok yang bagus. Belanja mangkok dulu ah…

    • Teorinya sih bisa aja karena bahan2nya udah mateng semua (pake kulit lasagna yang direbus ya jangan yang oven ready) tapi aromanya mungkin ga sama karena aroma khasnya keluar jika dipanggang.
      Powered by Telkomsel BlackBerry®

Leave a Reply

