Hidup Lebih Sehat


Salah satu resolusi di tahun 2010 adalah gue pengen hidup lebih sehat, ga kayak dulu yang hobinya makan macem-macem tapi ga pernah olahraga.

Dulu gue bisa makan 1 porsi steak (yang isinya daging + smoked beef + udang) dan disambung 1 porsi pancake (yang isinya 2 lembar pancake besar + 2 scoop es krim + remah oreo). Itu semua gue makan sendiri tanpa jeda, sampai bersih! Gila ya? Sekarang sih gue bengong doang kalo inget-inget itu, betapa banyaknya porsi makan gue. Parahnya lagi, gue hampir ga pernah olahraga (kecuali kalo ngegendong Nara bisa dianggap olahraga). Kayaknya ga bener deh kalo gue terus-terusan kayak gitu. Akhirnya gue pun bikin cita-cita mulia: tahun 2010 mau makan lebih sehat dan rajin olahraga. Kenyataannya: masih bolong-bolong ke gym, tapi pola makan udah agak mendingan. Not bad lah ya (membela diri sendiri)… Apalagi mengingat program itu baru dimulai 1-2 bulan yang lalu (telat 10 bulan dari rencana :P).

Emang masalah nge-gym itu masih jadi PR banget buat gue, kalo udah nyampe rumah berat banget rasanya ninggalin Nara. Atau kalo Nara udah tidur eh gue yang pengen leyeh-leyeh di kasur. Karena ga bisa nge-gym sambil bawa kasur akhirnya gue pun memilih tinggal di rumah :D Kalo masalah pola makan, nasibnya udah lebih mendingan sih daripada nge-gym. Sekarang di rumah gue makan nasi merah, bukan nasi putih lagi. Dan abis ngobrol-ngobrol sama Eryka gue mencoba untuk nerapin sebagian dari hypnolangsing – makan dikunyah pelan-pelan dan bener-bener dinikmati, ga disambi sama kegiatan lain even nyiapin makanan untuk suapan berikutnya. Konon yang betul-betul menghayati makannya bakal kenyang hanya dalam 4 suap. Canggih banget ga sih?

Gue sih masih belum bisa 100% nerapin makan tanpa disambi, apalagi kalo di kantor gue makan pasti bareng orang lain dan diajak ngobrol. Tapi gue nyoba makan tanpa nyiapin suapan selanjutnya dan ngunyah pelan-pelan (dan berhenti sebelum kenyang) dan sekarang porsi makan gue cuma sedikit (eh tapi kalo lagi lupa diri tetep banyak sih, cuma ga sebanyak dulu). Efek sampingnya, berat badan gue turun 1 kg tanpa gue nahan-nahan makan (gue tetep makan apa aja yang gue mau). Bukan karena gue pengen ngurangin berat badan, tapi karena pengen apa yang gue makan bener-bener sesuai sama yang gue butuhin.

Karena yang gue makan cuma sedikit, pasti gue jadi cepat laper. Untuk nyiasatin itu gue jadi rajin bawa cemilan ke kantor, biasanya gue pasti bawa apel/pir/pisang untuk dicemil sekitar jam 10 dan jam 3. Cemilan sehat :) Ya kadang-kadang masih aja gue ngemil Kit Kat, gpp dong… Gue ga mau terlalu terobsesi dan melewatkan kenikmatan duniawi (= makanan enak), jadi gue masih makan di luar juga. Sayang banget kalo ga menikmati hidup, ya kan?😉 Cuma itu aja sih, maunya semuanya seimbang. Makan enak, istirahat cukup, olahraga seperlunya. Semoga nanti-nanti bisa tambah konsisten deh, terutama bagian olahraga :)

Ada ide lain supaya bisa hidup lebih sehat tanpa menyiksa diri?

4 thoughts on “Hidup Lebih Sehat

Leave a Reply

