Long Weekend Project


Nikmat banget deh libur 3 hari, biasanya 2 hari aja kan. Rasanya pengen deh sering-sering kayak gitu *ditoyor HRD kantor*😀

Libur 3 hari kerjaan gue cuma seputar masak-makan-masak lagi-makan lagi! Salahkan Masterchef US yang ngebikin gue ngayal bisa masak sekeren itu, jadi gue penasaran pengen masak macem-macem. Sebetulnya kalo cuma resepnya ya bisa lah kayak gitu (halah sombong amat, padahal baca resep muffin aja masih pake salah) tapi tampilannya itu lho… Emang ketauan deh gue ga punya imajinasi, abis masak ya gue taro gitu aja ga pake dihias-hias :P Karena masih ada euphoria punya otang (bayangin berapa lama euphoria gue kalo punya kompor + oven tanam, punya otang aja hebohnya 1 bulan) gue pun iseng pengen baking. Jadi gue bikin chicken cream soup, garlic bread, sama choco chip banana muffin. Sebetulnya gue mo bikin zupa soup sih, pastry siap pakai ada di supermarket dekat rumah, tapi gue ga punya mangkuk yang (menurut gue) bagus untuk zupa soup. Akhirnya batal… bikin isinya aja lah, ntar beli mangkuk dulu baru bikin zupa soup *evil grin*

Resep-resepnya bertebaran di internet, jadi gue tinggal pake :) Resep chicken cream soup gue ambil di sini, garlic bread di sini, dan choco chip banana muffin di sini. Beberapa bahan ada yang gue tambahin/kurangin, bukan karena resepnya salah tapi lebih ke selera masing-masing aja. Gue tulis ulang di bawah ya…

Chicken Cream Soup

Bahan:
– 2 sdm butter
– 2 siung bawang putih, cincang halus 
– sedikit bawang bombay, potong kecil 
– 2 sdm tepung terigu 
– 1 sdm tepung maizena, dilarutkan dengan sedikit air
– 4 cups kaldu ayam 
– 1 buah dada ayam (besar), potong kotak 
– 1/2 buah wortel, potong kotak kecil 
– 4 sdm whipping cream
– 7 buah jamur champignon segar, iris tipis 
– garam 
– merica 

Cara menbuat:
– lelehkan butter lalu tumis bawang putih dan bawang bombay sampai wangi, lalu masukkan tepung terigu dan aduk cepat hingga terbentuk adonan roux
– masukkan kaldu ayam dan aduk hingga adonan mengental 
– masukkan potongan ayam, wortel, dan jamur lalu panaskan hingga mendidih 
– setelah mendidih masukkan whipping cream dan beri garam dan merica 
– kalau masih kurang kental, tuang larutan maizena hingga mendapat kekentalan yang diinginkan
– sajikan hangat dengan garlic bread

Garlic Bread

Bahan:
– 5 lembar roti gandum (nasib, ga nemu roti yang bener)
– 1 siung bawang putih, cincang halus 
– 1/4 sdt garam 
– 1 sdt olive oil (harusnya extra virgin, tapi yang udah kebuka extra light jadi gue pake aja)
– 1 sdt parsley cicang 
– 1/4 stick butter, room temperature

Cara membuat:
– campur semua bahan jadi satu lalu oleskan pada kedua sisi roti gandum 
– bungkus dengan alufoil lalu panggang dalam oven selama 15 menit 
– buka alufoil lalu panggang sekitar 5 menit lagi (atau ketika sudah mencapai kerenyahan yang diinginkan)

Choco Chip Banana Muffin

Bahan:
– 1 1/2 cup tepung terigu 
– 1 sdt baking soda
– 1 sdt baking powder
– 1/2 sdt garam 
– 3/4 cup gula pasir 
– 1/3 cup melted butter
– 1 buah telur 
– 3 buah pisang, potong kecil 
– chocolate chip

Cara membuat:
– campur tepung terigu, baking soda, baking powder, dan garam 
– dalam wadah lain campur pisang, gula pasir, melted butter, dan telur (bejek-bejek hingga pisang cukup halus)
– tuang campuran pisang ke dalam campuran tepung 
– tuang adonan ke dalam cetakan muffin, beri choco chip lalu tutup dengan adonan hingga 3/4 tinggi cetakan 
– beri choco chip lagi pada bagian atas 
– panggang dalam oven hingga matang 

Waktu bikin muffin itu drama banget deh… Gara-gara sambil main sama Nara dan disambi nonton juga, gue salah baca dan nyampurin gula ke dalam tepung. Blom cukup sampai di situ, pas gue nyampur-nyampur adonan gue mikir kenapa adonannya kering banget. Ternyata gue lupa nyampurin telur!! Astaga… kebangetan deh! Akhirnya telurnya gue tambahin belakangan, abisnya mo gimana lagi daripada ga pake telur. Tapi serius deh, dengan resep asal kayak gitu aja jadinya enak apalagi kalo gue bikinnya bener ya? Lain kali pasti gue coba dengan lebih bener :) Selamat makaaaaaannnn!!

PS: Ga ada fotonya, ternyata semuanya tandas dimakan tanpa sempat difoto🙂

One thought on “Long Weekend Project

Leave a Reply

