Mulai Baking – Butuh Apa Aja?


Waktu itu ada yang nanya via twitter, “kalo mau mulai baking butuh apa aja ya?”. Sebetulnya pertanyaan ini mungkin agak salah alamat, soalnya gue juga baru mulai baking (lagi). Tapi bisa jadi benar juga sih nanya ke gue, supaya tau orang-orang yang baru mulai (kayak gue) punya alat apa aja dan bisa dipake untuk baking apa aja. Harap maklum kalo bahasanya agak mbulet, gue emang suka gitu😀

Anyway, ini yang gue punya di dapur:

1. Timbangan
Gue punya timbangan murah meriah yang analog, jadi ya agak meraba-raba kalo misalnya resepnya butuh tepung 155 gram. Pake feeling aja, soalnya cuma ini timbangan yang gue punya, tapi sampai sekarang hasil kue-kuenya masih layak makan kok. Kalo ada uang lebih boleh banget lho beli timbangan digital, biar akurat gitu… Kalo perlu beli yang Mettler-Toledo sekalian😀 -> Mahalan timbangannya daripada kuenya.

timbangan oxone

2. Measuring cup – dalam satuan “ml” dan “cup”
Karena beda satuan aja sih, antara US dan Metric. Sebetulnya kalo mau ngirit bisa punya yang “ml” aja, soalnya di internet banyak converter untuk ngitung dari cup ke gram, dan sebaliknya (bisa pake timbangan deh). Tapi sebetulnya itu kerjaan yang agak menyita waktu dan kesabaran, soalnya ga semua satuan itu dalam angka yang “bulet”. Kadang pake angka-angka aneh dan bikin pusing waktu mau nimbang, apalagi kalo pake timbangan analog. Jadi dengan prinsip mengutamakan kepraktisan akhirnya gue beli juga tuh measuring cup satu lagi, dan sampe sekarang kepake banget.

Update: ini yang gue punya dan ada 2 ukuran dalam 1 gelas (ada “ml” dan “cup”). Harganya sekitar 50rb.

marinex measuring cup

3. Measuring spoon
Ini salah satu barang yang terakhir gue punya, beli di Ace Hardware dan tertarik karena lagi diskon😀 Banyak yang bilang kalo measuring spoon itu penting banget karena ukuran sendok tuh beda-beda, jadi ya ga bisa seenaknya pake sendok makan/teh yang ada. Gue sih manut dan akhirnya beli juga, walopun sebelumnya gue pake sendok biasa aman-aman aja kok *baker amatir keras kepala*

4 pcs measuring spoon

4. Loyang
Apa pun resepnya, loyang muffin cetakannya! Ini bukan slogan semata, tapi beneran kejadian soalnya cuma ini loyang yang gue punya sampe sekarang. Melas ya… Abisnya loyang yang gue pengen harganya ga terlalu murah, dan tiap gue mau beli loyang ujung-ujungnya uangnya keburu kepake buat beli yang lain. Yah ini emang salah gue sih hihi…

Kalo mau beli loyang, saran gue beli aja: loyang muffin ukuran standar, loyang persegi 8″, sama loyang bulat (ga inget ukurannya). Kalo mau nambah lagi ya silakan… Tapi sampe sekarang gue masih bertahan dengan loyang muffin dan pinggan tahan panas persegi panjang *sigh*

5. Oven
Nah menurut gue ini yang paling penting, soalnya kalo ga punya oven adonannya mau dipanggang di mana dong? Gue beli oven tangkring (otang) merk HOCK, dan so far so good. Kekurangannya cuma petunjuk temperaturnya meragukan, jadi harus pake feeling dan sering-sering dicek kuenya udah matang atau belum. Lama-lama ahli juga sih pake ini (gayamu nak, ga inget tuh ada brownies gosong?) tapi tetep bikin sakit hati kalo inget temperaturnya ga pernah sesuai.

Update: di pertengahan Januari 2011 yang mendung berawan, si termometer itu rusak total!

6. Whisker atau mixer
Sebetulnya tergantung resepnya, kadang pake whisker aja cukup kok. Gue bikin muffin dan brownies sukses kok pake whisker (males ngambil mixer dari gudang). Ga pake cape juga ngaduknya, soalnya emang ga harus diaduk sampe lembut, yang penting kecampur rata. Tapi mungkin resep yang lebih canggih harus pake mixer, soalnya biasanya ada kata-kata “mix butter and sugar until soft and fluffy” yang gue asumsikan bakal bikin tangan berotot kalo ngotot ngaduk pake whisker.

whisker


mixer philips

Kayaknya itu doang yang gue punya, dan masih ga kepikiran sih mau nambah apa lagi. Palingan cetakan lucu-lucu untuk bikin cookies, tapi gue ga telaten kalo harus nyetak kecil-kecil gitu… Mendingan disendokin aja atau digiling sampe panjang dan dipotong kotak-kotak (belajar dari nyokap gue yang juga juara malas nyetak cookies).

Eh iya, gue juga punya spatula sih tapi kayaknya fungsinya masih bisa digantiin sama sendok makanya ga gue masukin daftar barang wajib punya. Kuas kecil juga ada, tapi melihat kenyataan bahwa sampai sekarang blom pernah dipake (udah punya sekitar 1 bulan) jadi gue pikir ga perlu-perlu amat lah (kalo lo sealiran sama gue :P). Selamat baking!!

23 thoughts on “Mulai Baking – Butuh Apa Aja?

  1. ty, gue malah jaraaaanng banget pake timbangan! sebenernya ini gak boleh, krn kalo baking itu justru kuncinya mesti ngikutin resep. tapi dasar gue senengnya kalo masak pake feeling, jadi lebih seringnya masak males nimbang (perasaan gue nimbang itu baru sekali deh!). yang penting ada satu ukuran jadi patokan. dulu malah gak punya measuring cup, jadinya gue pake patokan cupnya pake cangkir buat ngopi hihii.. begitu juga dengan mixer. gue ga punya, krn kekeuh pake whisker aja cukup. tapi akhirnya terbatas bakingnya, walopun sempet dijabanin bikin kaastengel yang harusnya nge-mix pake mixer, gue pake whisker. gempor deh tangan gue😛

  2. ah, samaan, waktu mulai baking dulu gw gak punya timbangan… pake ilmu kira2 banget… misalnya mentega di kemasannya 200 gr, kalo butuhnya 150 gr, jadi gw pake ilmu kira2, seperberapanya ya… ternyata sukses2 aja tuh… atau nyari resep2 luar gitu… biar bisa diukur pake cup… pas udah punya timbangan, eh malah kata suami kog enakan kue yang pake jurus kira2 waktu itu ya, daripada yang udah tepat pake timbangan… hahaha

  3. Eh gw pengen beli sendok takar itu ga jadi jadi terus *pelit* padahal tiap liat di supermarket atau ace suka gw pegang-pegang, hihihi…

    btw sebenernya satuan cup yang biasa dipake di resep-resep luar itu cup kaya apa sih? cangkir buat minum kopi kaya sinta ya?

    • Iya cup/mug yang biasa kita pake sih, pernah baca lo bisa pake cup apa pun asalkan cuma cup itu yang dipake untuk 1 resep (supaya ukurannya sama terus). Tapi gue kan agak2 gatel pengen punya measuring cup yang bener, jadi gue beli deh😀 Apalagi kalo ke IKEA, di situ harganya murah banget.
      Powered by Telkomsel BlackBerry®

      • yup, ini pedoman gue. pake satu barang untuk jadi measurement dan hanya pake barang itu untuk ngukur, biar resepnya konsisten. jadilah gue pake mug kopi gue hihi..

  4. HUuuuu…huuu… kyknya udah komplit tuy, cuman beda loyangnya aja ty… Pake yg persegi panjang…. Terkadang bahan alat katanya juga menentukan hasil panggangan yah.. Prefer tambahin gambar dey, biar ga salah juga kl ada yg intip “alat perang baking nya Otty..”LOL

  5. HUuuuu…huuu… kyknya udah komplit tuy, cuman beda loyangnya aja ty… Pake yg persegi panjang…. Terkadang bahan alat katanya juga menentukan hasil panggangan yah.. Cari waktu nya aja yg susah (coz im a working mom). Maunya kl libur deket anak melulu… Prefer tambahin gambar dey, biar ga salah juga kl ada yg intip “alat perang baking nya Otty..”LOL

  6. Kalo aku udah punya duit titip beliin measuring cup di ace hardware yg 75 rebong itu yaaaah hahahaa kan standar gw harga alat2 yg laen ga bole lebih mahal dr otang gw yg 50rebong itu,brarti kalo gw pesen measuring cup ama elo gw udah punya oven baru :)) eh eh lo bikin cookies pake loyang muffin juga mba??

    • Ntar tuh oven jangan sampe dibuang ya, lo simpen aja trus kasih tau Kayla “dulu mama bikin cemilan kamu pake sarang burung ini lho”😀

      Gila apa cookies pake loyang muffin. Nih gue kasih tau ya, kalo lo beli oven agak mahal itu udah inlcude loyang 2 biji -> baru punya otang aja udah nyolot :p
      Powered by Telkomsel BlackBerry®

  7. Hauahhahaaa kamyuuhh bilang2 otangku yg tinywinibitisimilikitiwili2 itu sarang burung haaahh.. Itu berjasa dlm pembuatan makanan2 kayla, eh iya kalo otang agak mahalaaan dpt loyang yaak kirain kopongan kayak si sarang burung yg alhasil beli 2 loyang dan salah ukuran :))

  8. gw menunda 3 taun utk beli timbangan krn gw pgn bli yang digital *sok gaya* pada akhirnya gw beli yang murah 35 rebu model yang kl kesenggol dikit berubah 50 gr. hahaha kl baking pk timbangan gini mah hrs kalem gitu deh jadinya.. duh kesian amat siy gw😀

    • Ih timbangan gue juga menguji kesabaran tau, ngalahin jaman2 gue kerja di lab. Masa ya, kalo bahan yang gue timbang ditaro di depan sama di samping hasilnya bedaaaaa!! Inilah akibat pengen ngirit, beli alat yang murah ujung2nya pusing sendiri😀

    • Coba aja ke toko bahan/perlengkapan kue, biasanya ada kok. Atau ke ace hardware, tapi di sini harganya agak mahal (40rb & 90rb).
      Powered by Telkomsel BlackBerry®

Leave a Reply

