Salmon Bulgogi


Tadi pagi iseng masak ini buat Nara, abisnya mati gaya salmon bolak-balik dibikin sop ato salmon ball.

Resep aslinya dari sini dan tampangnya menggiurkan, makanya gue pengen nyoba. Versi gue ga persis kayak gini, terutama karena gue lupa bahan-bahannya apa aja dan buka resep dari hp kelamaan😛 Akhirnya gue campur seingetnya dan seadanya bahan, tapi abis itu gue cobain enak kok🙂

Salmon Bulgogi with Broccoli

Bahan:
– 100 gram salmon fillet
– 1 bonggol brokoli
– 1 siung bawang putih, geprek dan cincang
– jeruk nipis, ambil airnya atau parutan timun (untuk menghilangkan amis pada ikan)
– minyak wijen
– kecap asin
– merica
– saus tiram

Cara membuat:
– rendam potongan ikan dengan air jeruk nipis atau parutan timun, tiriskan
– campur dalam mangkuk kecil: bawang putih, minyak wijen, kecap asin, dan merica lalu masukkan potongan ikan
– rendam selama sekitar 15 menit (makin lama makin enak) lalu panaskan wajan dan tumis ikannya sebentar (sisa air rendaman jangan ditumis, simpan untuk menumis brokoli), kemudian sisihkan ikan
– taruh brokoli dan sisa air rendaman pada wajan lalu tambahkan sedikit saus tiram, tumis hingga sayur matang
– jadi deh!!

Gampang banget kan? Sebetulnya bisa pake jamur lagi tapi tadi buru-buru, mana sempat gue kalo harus motong jamur. Tadi sih dimakannya pake mashed potato, ga tau deh nyambung ato ga tapi yang penting licin tandas!

PS: Kalo ga suka pake saus tiram bisa kok pake bumbu rendaman ikan, tinggal dibikin agak banyak aja supaya cukup untuk dimasak lagi🙂 Tadi gue bikinnya terlalu sedikit, makanya banting setir nambahin saus tiram.

6 thoughts on “Salmon Bulgogi

  1. Saamaaa Otty.. resep andalan kl mo berangkat kantor, bawang putih, minyak wijen n saos tiram… Ga pake kecap asin sey, biasanya malah garam… Variasi bisa macem2, ikan, fillet sapi or ayam… yippie… ternyata qt sehati…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s