Cinnamon Apple Muffin Ngambek


Yah itu dia judul muffin yang gue coba pagi ini: ngambek alias gagal ngembang alias bantet. Penasaran dong gue kenapa bisa bantet begini, akhirnya gue review lagi stepnya satu-satu.

Kira-kira ini dia penyumbang terbesar keberhasilan yang tertunda (bahasa halusnya kegagalan :P) dari apple muffin gue:

1. Ngaduk adonannya terlalu halus
Ya gimana ga terlalu halus, soalnya gue penasaran pengen ngaduk pake mixer😀 Gara-gara di resep yang gue coba, harus ngaduk gula + telur + minyak sayur sampe creamy. Nah agak-agak males ya ngebayangin ngaduk pake whisker, gue ambil deh mixer dari belakang. Kayaknya kalo sampe sini doang sih masih berpeluang besar untuk sukses, tapi dengan tingkat penasaran yang tinggi gue lanjutin pake mixer untuk ngaduk tepungnya juga! Padahal biasanya gue pake whisker doang sih… Kali ini bener-bener lagi khilaf :P

2. Jumlah baking soda kurang
Bolak-balik gue pelototin lagi resepnya, tampak ada yang agak beda dari resep yang biasa gue buat. Ternyata setelah gue bandingin sama resep ini, jumlah baking soda (ga pake baking powder) yang dipake cuma 1/4nya padahal jumlah tepungnya lebih banyak. Ga tau sih ini pengaruh atau ga, namanya juga usaha nyari root cause ya kan😉 Trus gara-gara penasaran gue pun nanya di twitter kenapa muffin gue bantet, eh malah dapet link dari Winda yang isinya ga cuma troubleshooting bikin muffin tapi juga resep muffin yang bisa diaduk pake mixer dan adonannya bisa disimpan di kulkas! Tampak sangat menarik dan gue jadi pengen nyoba. Yah sebetulnya agak males kalo gagal lagi tapi melihat member klub baking odong-odong lainnya malah numbalin gue *lirik Lei dan Eryka* kayaknya ga bisa mengharapkan mereka untuk nyoba duluan deh :P

PS: rasa si muffin bantet tetep enak sih, Nara doyan kok dan gue ngabisin 3 biji buat sarapan.
PS lagi: barang bukti menyusul ya, yang gue bawa ke kantor udah sold out walopun tampangnya agak mengenaskan.

Update: ini barang buktinya ya.

yang lagi ngambek

6 thoughts on “Cinnamon Apple Muffin Ngambek

  1. Manaaahh bukti keberhasilan yang tertunda ituuuhh??kurang mantap kalo tak dipajang hahaaha, iya donkk lo bikin dooonk yg pake mixer itu,kan nanti bs jadi muffin munjung2 itu kaaaann.. Semoga berhasil yaaa *sokbaikdehgw* :))

    • Nih anak semangat banget nanya fotonya, lo masih sakit hati ya gara2 si otang gue bilang sarang burung?😛 Sabar ntar pasti gue foto kok, buat dokumentasi juga supaya gue inget jangan keganjenan nyoba2 modifikasi resep😛

  2. Otty… gue udah pernah nyoba muffin yang pake mixer itu… sukses kog… enak dan jadinya banyak… (hahaha, kayaknya ini yang penting buat gue…) tapi belum pernah nyoba simpen adonannya di kulkas sih… cobain gih…

    • Ih penting dong, kalo dikit kan lo sakit hati hahaha… Ntar gue cobain deh, pengen nyoba selain muffin dan tertarik untuk bikin roti jala. Terakhir bikin pas kuliah, tiba2 pengen makan itu lagi.

  3. hahaha gabriella ikut menumbalkan elo ty..emng udh nasib kalo jadi suhu mah harus banyak pengorbanan apalagi rekan sesama member pada odong2 banget gini *lirik diri sendiri* hahaha *ciyum basah*

    jangan ngambek lagi yaah *sodorin mixer*

    • Kenapa oh kenapa kalian tega sekali sama gue?? Eh itu mixer yang lo sodorin Kitchen Aid bukan? Kalo bukan Kitchen Aid gue ga mau, masih tetep ngambek deh jadinya😛

Leave a Reply

