From One Temple To Another


Hasil nanya-nanya dan baca-baca sebelum berangkat, kayaknya tujuan wisata utama di Bangkok ya kuil, dan kuil, dan kuil… Yang ngetop biasanya Golden Buddha sama Reclining Buddha. Selain itu juga ada Grand Palace, tapi ini bukan kuil ya.

Pas Chinese New Year (CNY) kita berangkat setelah makan siang menuju Golden Buddha dan Reclining Buddha. Kita ikut tour yang ditawarin seharga 500 Baht, ga tau deh ini mahal atau murah tapi dengan alasan kenyamanan kita mau aja. Tinggal duduk manis trus dianterin, terima beres deh *turis pemalas*

Golden Buddha/Wat Traimit

Golden Buddha terletak di daerah Chinatown, dan tentunya karena lagi CNY pastinya ruameee banget. Jalan masuk ke Chinatown ditutup karena lagi rame banget itu, jadi kita harus jalan kaki sedikit ke kuilnya. Beli tiket masuk seharga 40 Baht per orang, abis itu kita bisa masuk dan liat-liat.

Patung Buddha ini besar dan terbuat dari emas 18 K seberat lebih dari 5 ton, kebayang ga kalo punya emas batangan seberat itu tajirnya kayak apa :P

Reclining Buddha/Wat Pho

Lupa nih Reclining Buddha ada di daerah mana, tapi tempatnya masih di sekitar situ juga kok (kalo liat di peta dan ngukur pake jarak tempuhnya). Reclining Buddha ini besar banget, dan katanya menunjukkan posisi Buddha hari Selasa (ternyata ada patung Buddha dengan posisi yang berbeda setiap harinya, CMIIW ya). Ukurannya sendiri 46m/15m (panjang/tinggi), besar banget. Rame banget di dalam situ, sampe kalo mo foto-foto agak susah dapat background Buddha, adanya orang melulu. Oya, harga tiket masuknya 50 Baht per orang.

Pas mau keluar kita ditawarin untuk beli koin seharga 20 Baht untuk good luck, trus koin-koin receh ini harus kita masukin satu-satu ke mangkuk yang berjejer sepanjang dinding. Harusnya sih koinnya pas, tapi gue kurang 1😀 Menurut gue sih ini bener-bener melatih kesabaran dan ketelitian, hal yang kayaknya masih harus gue asah hahaha… Terbukti kan jumlah koin gue ga cocok, kayaknya ada 1 mangkuk yang gue isi 2 koin.

Selesai dari Reclining Buddha, tiba-tiba mobil dibelokin ke toko perhiasan! Biasa lah kalo ikut tour bakal kayak gini, ke toko perhiasan, tukang jahit (?!), toko souvenir, dan akhirnya travel/tour agent. Gila deh, ngapain juga gue jahit baju di Bangkok? Emang sih katanya tukang jahit itu termasuk “terbaik” di Asia (versi majalah apa gitu, lupa) tapi males aja lagian harganya juga sama kayak di Surabaya (dengan bahan yang ga sebagus di Surabaya). Sampe cape nolak-nolaknya, soalnya masih berusaha untuk sopan dan penuh senyum. Gue liat banyak turis yang terperangkap ke jebakan yang sama, ada yang mukanya bete dan tiap ditawarin selalu ngejawab “I don’t want that”😀

Lepas dari deretan toko, kita balik ke hotel dan istirahat. Sebetulnya bisa aja sih jalan-jalan lagi, tapi kita mikirin Nara juga, kasian kalo dia kecapean. Soalnya selama jalan-jalan aja jam makannya mundur (biarpun kita bawain makanan, Nara suka terlalu heboh di tempat baru dan lebih milih liat-liat daripada makan) dan dia ga bisa tidur siang. Belum lagi dia kepanggang matahari dan pipinya berubah jadi pink, makanya mending ga usah terlalu full acaranya.

Eh iya… kita ga langsung pulang tapi mampir di Usman – Halal Thai Restaurant🙂 Pertama tau resto ini dari Rhanie, waktu gue nanya-nanya tentang Bangkok beberapa bulan yang lalu. Katanya ada resto Thai halal yang enak di Sukhumvit, tempatnya di belakang (kok menurut gue samping ya bukan belakang?) Imperial Queen’s Park Hotel. Kalo makanan pasti gue jabanin deh, semangat banget nyarinya.

Ternyata jalan menuju resto ini ada di seberang jalan hotel gue, ga jauh dan bisa ditempuh dengan jalan kaki. Tempatnya kecil aja, ruko selebar sekitar 5 m kali. Makanannya enak-enak, kalo ke sini harus pesen tom yam sama ikan 3 rasa, enak banget! Di sini Nara makan nasi goreng ayam dan ngabisin setengah porsi orang dewasa, laper kali ya abis muter-muter :P Resto ini juga jual bumbu tom yam seharga 70 Baht, tentunya gue langsung beli buat dibawa pulang.
Setelah kenyang baru deh kita jalan pulang, perut kenyang hati senang🙂

15 thoughts on “From One Temple To Another

  1. Giling gw ga ada yg inget tuh nama tempat2 yg gw datengin, taunya kuil ini itu *plus dgn ajaibnya poto2 yg pake baju thai itu dooonk*, poto2 ama temen2 gw, makan,kuil, eh lo bole pake hot pants yaaak, gw ada yg dikasi kain itu gara2 pake celana *gasberapapendek* kalo mo masup dlm kuil. Eh klo tempat makan biasanya kalo ikut tour peginya ketmpt yg halalan thayyiban semua enaaakk2

    • Kemaren yang ga boleh pake celana pendek/tank top itu kalo masuk ke Grand Palace, tapi tempat lain gpp. Di Grand Palace emang banyak korbannya, pada minjem kain/celana panjang gara2 terlalu seksi😀

      Gue kan ikut tur cuma ke kuilnya doang, sisanya ga. Males juga gue soalnya pengen jalan2 sendiri, akhirnya nyari2 tempat makan deh🙂

      • Bwahahahah berarti ada mirip emaknya juga Ty😀

        Iya miniaturnya suami loe banget tuh, lucuu versi kecil…pasti disayang mertua! *secara mengingatkan pada jaman anaknya mertua alias suami loe masi bayi dulu*

  2. Pingback: Siam Ocean World « My online diary

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s