Banana-Choco Cobbler


Dari awal minggu gue udah dikasih tau resep ini sama, siapa lagi, Meta (yang konon masih silau sama dunia per-baking-an, eh gue juga sih :P). Waktu itu gue belum tergerak untuk nyoba soalnya rada susah nyari pisang, kalo lagi ada banyaaaak banget tapi kalo lagi susah gue bisa mampir ke 2 supermarket dan tetap ga nemu pisang. Alasan lainnya, biasanya Imron kurang suka sama makanan manis, hobinya tuh makan yang gurih kayak siomay, lasagna, dsb.

Dua hari yang lalu ternyata kita masih aja ngomongin si cobbler, dan akhirnya gue penasaran pengen nyoba. Pulang kantor mampir dulu nyari pisang, alhamdulillah nemu tapi masih kurang matang. Rasanya ini salah satu bentuk jawaban atas doa-doa gue yang minta supaya gue dijadikan orang yang lebih sabar hehe.. Harus sabar deh nunggu 1 hari lagi supaya pisangnya oke🙂

Nah kemaren begitu pulang kantor gue langsung semangat nyiapin bahan-bahannya, sebetulnya resep ini gampang tapi jadi agak susah karena Nara maunya nempel terus sama gue. Jadi gue ngegoreng pisang sambil ngegendong anak gembil, lumayan juga ya.. Impas lah antara kalori yang keluar sama kalori yang bakal masuk nanti (I wish!).

Singkat cerita, setelah dipanggang selama 40 menit (gue cuma bikin setengah resep makanya waktu pemanggangannya lebih singkat) makanan yang wanginya enak banget itu pun siap dimakan. Gue takut Imron kurang suka, ternyata dia suka banget sampe ga ngebolehin gue ngambil porsinya!😀 Recommended banget deh resep ini. Thanks Mommy Bri (si empunya resep asli) dan Meta (yang udah ngomporin gue untuk bikin).

Banana-Choco Cobbler

Bahan topping:
– 2 cup tepung terigu
– 3/4 cup butter
– 1 cup gula pasir
– 1 1/4 sdt baking powder
– 1 cup kelapa kering (diganti jadi oat)
– 1 cup corn flakes, remas sedikit
– 4 sdm heavy cream (gue pake whipping cream)
– kayu manis bubuk
– 2 sdt vanilla

Bahan pisang:
– 7 buah pisang, potong menjadi 3 bagian
– sedikit butter untuk menggoreng
– 1/3 cup gula pasir (gue ganti sama 4 sdm palm sugar)

Bahan coklat leleh:
– 1/3 cup coklat bubuk
– 1/2 cup dark choco chips
– sejumput garam
– 1 sdt vanilla
– 1/2 cup heavy cream (gue pake whipping cream)

Cara membuat:
– Campur semua bahan topping jadi satu, dibejek-bejek aja sampai adonan jadi crumbly
– Lelehkan butter lalu goreng pisang hingga kecoklatan
– Campur semua bahan coklat lalu panaskan hingga leleh (bisa ditim atau dipanaskan sebentar menggunakan microwave)
– Tuang pisang di dasar pinggan tahan panas, lalu taburi palm sugar
– Tuang sebagian coklat leleh
– Tutup dengan topping, lalu tuang sisa coklat leleh
– Panggang selama 50-60 menit
– Sajikan hangat, dan pasti lebih enak kalo dimakan sama es krim vanilla

3 thoughts on “Banana-Choco Cobbler

  1. Argh… memang postingan baking2an kalian berdua selalu bikin gue pengen nyoba… langsung berasanya napsu aja pengen ikutan nyoba resep ini…

Leave a Reply

