Siam Ocean World


Sebetulnya gue jauh lebih kepengen ke Siam Ocean World daripada ke kuil-kuil di Bangkok, penasaran banget soalnya kelihatan bagus. Setelah browsing gue nemu ada yang jual tiket dengan harga lebih murah daripada beli langsung di sana, tapi batal beli karena belum pasti hari apa perginya.

Setelah tur hari pertama, kita diajak muter-muter ke berbagai toko yang kurang jelas dan berakhir di travel agent seperti yang gue ceritain di sini. Di situ gue nanya tiket Siam Ocean World dan katanya mereka jual dengan harga 900 Baht. Gue bilang kalo ga salah beli online harganya cuma 750 Baht, kenapa mereka jualnya mahal banget? Trus dia bilang ya udah kalo ada tempat lain yang jual lebih murah, gue ga usah beli di dia. Dasar cemen, gue mikir-mikir lagi jangan-jangan promo yang gue liat di internet ada batas waktunya dan sekarang udah lewat. Daripada beli tiket mahal on the spot, akhirnya gue setuju beli di travel agent itu. Gue beli 2 tiket dewasa buat hari Sabtu pagi.

Besoknya gue lagi di lobby hotel nanya-nanya jalan, dan resepsionis hotel nunjukin flyer kecil yang isinya potongan harga tiket Siam Ocean World jadi tinggal 760 Baht aja! Dan ini udah termasuk glass bottom boat, teater 4D, bahkan pop corn dan Pepsi. Bete dong jadinya… akhirnya gue telfon travel agent yang kemaren, dan gue konfirmasi lagi tiket gue udah termasuk wahana lain atau cuma tiket masuk. Ternyata itu untuk tiket masuk doang! Jelas gue mangkel dengernya, soalnya itu kan jauh banget bedanya. Akhirnya gue ngomel-ngomel sebentar, dan orang travel agentnya setuju untuk masukin glass bottom boat dan teater 4D ke tiket gue juga, tapi tanpa pop corn dan Pepsi dan harganya juga ga bisa turun lagi. Ya sudah, daripada tambah bete gue setuju aja sama tawaran dia. At least dia udah ada usaha untuk ngebuat gue ga terlalu rugi.

Hari Sabtu kita sarapan dulu di hotel dan tidur-tiduran bentar, baru berangkat sekitar jam 11. Kayaknya ini liburan paling santai ya, berangkatnya siang terus… Siam Ocean World ini letaknya di basement mall Siam Paragon dan ada stasiun BTS yang exitnya langsung terhubung sama mall itu. Cuma butuh waktu sekitar 20 menit untuk nyampe ke Siam Paragon, dan jam 11:30 kita udah nuker tanda terima dari travel agent dengan tiket masuk. Pas kita nyampe sih suasana masih sepi dan Nara masih bisa lari-lari di lobby Siam Ocean World. Ga ada antrian juga di pintu masuknya, pokoknya masih sepi. Awalnya pengen ke teater 4D dulu, tapi karena shownya ada setiap 30 menit kita milih masuk ke akuarium dulu supaya masih leluasa liat-liat.

Setelah lewat pintu masuk kita bisa liat jadwal beberapa pertunjukan yang ada, jangan lupa untuk langsung ngecek ya… Mereka punya fish feeding show di tangki Mermaid, ada juga penguin feeding show, shark feeding show, dan yang lainnya lupa apa lagi. Liat jadwal ternyata kita masih kebagian ngeliat semua show yang ada, dan sebelum show pertama masih ada cukup waktu untuk liat-liat akuarium yang lain.

Hal pertama yang menarik perhatian kita adalah tangki besar yang isinya kepiting raksasa (giant spider crab)! Beneran besar banget, panjangnya bisa mencapai 4 m dan beratnya 18 kg. Nara suka banget ngeliatin giant spider crab ini, susah ngajak dia ngeliat yang lain. Malah awalnya dia nangis-nangis waktu digendong pergi.

Selain itu ada macam-macam akuarium yang isinya ikan-ikan kecil warna-warni. Jalan sebentar lagi kita bakal ketemu sama tangki yang kedalamannya 6 m, namanya Mermaid’s Garden dan di sini akan berlangsung show pertama. Tempatnya bagus dibuat kayak teater mini dan ada tempat duduk di lantai atas (kalo jalan dari pintu masuk bakal liat dari sini) dan lantai bawah. Setelah nunggu sebentar (dan Nara diajak foto sama turis Jepang) kita bisa liat penyelam yang bagi-bagi ikan. Yang lucu, ada ikan buntal berenang muter-muter heboh tapi selalu ga kebagian makanan soalnya dia tergolong lambat dibanding teman-temannya. Untung akhirnya dia dikasih makanan langsung sama penyelam tadi (ga usah rebutan), kalo masih ga dapet makan juga kasian banget ya.



Puas ngeliat feeding show, kita lanjut jalan ke daerah yang dibuat kayak di hutan. Ternyata ini tempatnya ikan-ikan yang bentuknya masih kayak ikan jaman purba, gue lupa apa sebutannya. Di area yang sama kita juga bisa masuk ke gua kecil yang isinya kadal atau serangga-serangga kecil.

Lepas dari area yang gelap ini kita masuk ke area yang lebih terang dan ceria. Di sini ada tangki penguin dan sebentar lagi bakal ada penguin feeding show. Sambil nunggu kita main-main di blue screen di seberang tangki penguin, ada beberapa layar yang nayangin gambar helm penyelam, dasar laut, dsb. Kita bisa berdiri di depan layar dan muka kita bakal masuk ke gambar tersebut. Ini namanya blue screen ya? Tapi kok ijo sih?😛 Lumayan seru di sini dan Nara seneng, dia sampe loncat-loncat dan susah difoto.

Begitu penguin feeding show selesai kita lanjut jalan dan… menemukan playground! Wah ini sih Nara pasti suka banget. Bener aja, begitu Nara liat payground dia langsung lari. Gue ajak masuk dan as expected, he’s so happy🙂


Setelah sekitar 20 menit, Nara kita ajak keluar playground dan kita lanjut liat-liat. Kasian sih, tapi masa iya kita ngendon di playground situ terus? Untung karena udah puas main dia nurut aja. Ternyata kita pun masuk ke terowongan dan bisa ngeliat ikan di samping bahkan di atas kita, mirip lah sama di Sea World Ancol. Ada hiu yang besar banget dan ternyata ukuran yang kita liat ini diperkecil 25% karena efek kaca tangki yang dipakai. Kebayang ga sih ukuran aslinya seberapa? Agak susah foto-foto di sini karena kebetulan lagi ada kunjungan siswa sekolah, kayaknya seru sih soalnya semua pada excited dengerin penjelasan guide-nya, sayang gue ga ngerti soalnya dijelasin pake bahasa lokal.


Lewat dari terowongan kita bakal nemu ruangan yang gelap banget dan ternyata ini tempatnya jelly fish yang berpendar dalam gelap. Keren ya… Jadi satu ruangan itu cuma dikasih sedikit lampu (plus sinar dari luar ruangan yang masuk dari pintu) dan sisanya diterangin sama hewan-hewan di dalam tangki. Saking gelapnya mo foto-foto susah, ato emang ilmu gue yang belum mumpuni ya? Hehehe…


Lanjut lagi dan kita bakal nyampe ke ruangan santai dan toko souvenir yang menandakan kalo ini ujungnya. Ada beberapa meja dan bantal kecil untuk alas duduk, kita bisa istirahat sebentar di sini atau langsung liat-liat souvenir dan keluar. Tapi kita cuma sebentar di sini untuk kemudian balik lagi ke dalam karena kita belum naik glass bottom boat. Tadi mau naik tapi mikir jangan-jangan ga boleh bawa toddler, lagian kita juga ngejar liat feeding show sih.

Pas kita nyampe di tempat glass bottom boat, antriannya masih sedikit. Eh begitu kita antri dan ngobrol-ngobrol sebentar, antrian udah panjang… Untung kita ngantri di saat yang tepat. Oya, karena boleh bawa toddler Nara juga ikutan naik boat, walopun dia udah ngantuk berat dan ga ngerti apa-apa. Di sini kita naik perahu kecil berkapasitas 8 orang dan akan muter-muter di atas terowongan yang tadi kita lewatin. Kesan gue: bau amis banget deh! Soalnya selain ngeliat ikan di terowongan kita juga deket banget sama bagian belakang tangki-tangki yang berisi ikan-ikan kecil, ya anggap aja ini backstage lah. Tapi biarpun bau amis, kondisinya bersih kok (soalnya mereka memang punya “back of the house tour” juga sih).

Abis boat tour ternyata kita udah laper banget… Begitu liat jam ternyata kita udah muter-muter selama sekitar 2 jam, pantesan laper ya. Karena kayaknya di dalam Siam Ocean World cuma ada cemilan, kita pikir mendingan ke food court di mall aja deh supaya lebih banyak pilihan. Makannya juga buru-buru soalnya semua resto lagi rame banget dan banyak yang nyari meja, kasian kan kalo kita lama-lama.

Karena sayang kalo kita ngelewatin teater 4D, kita balik lagi ke bawah khusus untuk nonton ini aja. Sebelumnya gue udah pernah masuk teater 4D di Universal Studio Singapore (USS), jadi agak-agak penasaran yang ini sama bagusnya ato ga. Antri sebentar doang (mungkin karena shownya banyak) kita pun bisa masuk. Yang agak aneh, seinget gue di USS kalo kita bawa bayi/toddler bakal dikasih kursi yang ga bergerak tapi di sini ga ada kursi kayak gitu. Begitu masuk Nara mulai gelisah soalnya ruangannya gelap. Setelah filmnya mulai, duh ga usah ditanya deh dia langsung nangis. Udah suara berisik, dia ngantuk, digoyang-goyang ga jelas pula. Akhirnya setelah 5 menitan gue pun keluar sama Nara, Imron tetep di dalam sampai pertunjukan selesai. Overall menurut gue sih 4D di sini ga sebagus 4D yang di USS, banyak adegan film yang masih bisa dimaksimalkan untuk ngasih efek deg-degan yang sayangnya masih belum gue rasain. Gambarnya juga ga sebagus yang di USS sih… Tapi kalo untuk nyoba-nyoba (apalagi kalo udah termasuk dalam paket tiket yang dibeli), boleh banget dicoba.

Ga lama Nara pun ketiduran saking ngantuknya, dia udah cape juga kali ya… Gue seneng banget akhirnya jadi ke sini, ketauan deh kalo sebetulnya gue yang pengen haha… Sebetulnya gue kasian juga ngeliat Nara tidur digendong (tanpa carrier ya), pengen langsung balik ke hotel tapi masih ada tempat yang pengen gue datengin, mumpung di daerah yang sama. Akhirnya kita ga jadi balik ke hotel tapi lanjut pergi lagi! Tapi ceritanya nanti dulu ya, tunggu lanjutannya🙂

7 thoughts on “Siam Ocean World

  1. mbak saya rencananya mau beli tiket combo yg bs utk main di siam ocean world n museum madam tussaud, itu satuharian penuh ya? bagusnya saya ke ocean world dulu apa ke madam tussaud dulu hari itu? sampai jam berapa ya maen disana waktu itu? saya mau bikin itenarary ke bangkok, terima kasih

    • Kalo waktu mainnya sampe jam berapa, saya udah ga inget tapi Madame Tussaud sampe agak malem sih. Kalo bawa anak mending ke Ocean World dulu supaya anaknya ga cape, soalnya yang lebih menarik buat anak2 kan di situ.

  2. Pingback: All about Bangkok | Travelling ke Bangkok | Azizan Jobs

  3. Mba mau tnya…yg flyer potongan hrga siam ocean word itu emg sllu ada ata emg pas moment2 tertentu aja mba?mba kmren dptnya dihotel mana mba?terima kasih ya mba

Leave a Reply

