Makan Bayam Cara Bule


Kenapa judulnya bisa norak begitu? Karena seumur-umur yang gue tau bayam itu dimakan ya dimasak sayur bening. That’s it. Mungkin ada sih menu bayam lain yang dimasak sama nyokap gue, tapi sejujurnya semua sayuran bayam yang gue makan kayaknya kurang menggugah selera.

Sampai gue tau kalo di Barat sana, bayam biasanya juga dimasak pake cooking cream. What? Apa itu cooking cream? Hihi, abisnya dulu kan pengetahuan masak-memasak gue lebih parah dari sekarang (bukan berarti sekarang udah jago, sekarang lebih tepat disebut “mendingan”) dan gue baru tau kalo ada cream lagi selain whipping/whipped cream. Jadi gue membulatkan tekad: beli bayam dan cooking cream trus dimasak dengan cara bule, say good bye (untuk sementara) kepada sayur bening!

Bulan demi bulan berlalu, dan masakan itu ga pernah jadi😛 Ada bayam, ada cooking cream. Eh abis itu gue malah bikin lasagna pake bayam dan spaghetti saus carbonara. Buyar impian gue ngerasain makan creamy spinach yang menarik itu. Gue sampe lupa pernah punya cita-cita pengen masak creamy spinach hehe…

Dan tiba-tiba liat resep ini. Kayaknya gampang dan enak, dan yang lebih penting bahannya bayam dan cooking cream!😀

Akhirnya jadi juga deh gue masak creamy spinach tadi malam. Resep aslinya bisa liat di link tadi ya, soalnya gue bandel ga ngikutin resep banget (jiwa improvisasi gue butuh disalurkan).

Creamy Chicken Spinach and Snow Mushroom Gratin

Bahan:
– 1 ikat bayam, iris tipis
– 300 gram fillet ayam, potong kotak
– 1 pak jamur Shimeji, buang akarnya
– 100 ml cooking cream
– 1/2 bawang bombay, potong kotak
– 3 siung bawang putih, cincang
– 1 blok kaldu ayam
– garam
– merica
– 1/4 sdt gula pasir
– 1 sdt olive oil untuk menumis
– 200 ml air panas untuk melarutkan kaldu ayam
– keju cheddar, mozzarella mahal!

Cara membuat:
– panaskan olive oil lalu tumis bawang bombay dan bawang putih hingga harum
– masukkan ayam dan aduk hingga berubah warna
– masukkan jamur dan bayam, lalu tambahkan kaldu ayam yang sudah dilarutkan dalam air
– masukkan cooking cream dan bumbui dengan garam, merica, dan gula
– masak hingga matang lalu matikan api, beri parutan keju di atasnya dan tutup panci hingga keju meleleh
– sajikan hangat, enaaaakkk

PS:
– kalau kuahnya kurang kental bisa ditambahkan sedikit tepung maizena
– lebih baik pake kaldu ayam homemade (lebih sehat euy) tapi gue lagi ga punya, so Maggi pun digunakan🙂
– kalo ga mau pake mozzarella atau cheddar, coba pake quickmelt deh (kemaren lagi ga punya quickmelt)

Updated: gue tambahin fotonya karena semalam bikin ini lagi🙂

8 thoughts on “Makan Bayam Cara Bule

    • Norak yeee judulnya😀 Makasih lho resepnya, enak banget!! Ini suami gue masih ngomongin katanya mau lagi🙂

      Ga ada foto, kelaperan tau ga sempet foto2 dulu hihi…
      Powered by Telkomsel BlackBerry®

Leave a Reply

