Green Tea Cupcake With Chocolate Cream Cheese Frosting


Udah lama banget pengen nyoba resep ini, tapi selalu ketunda karena males atau pergi atau malah nyoba resep lain. Akhirnya “terpaksa” bikin gara-gara si Hildha mau nyoba cupcake itu, ya salah gue juga sih ga cerita kalo gue blom jadi nyoba. Seperti biasa gue iyain aja dulu, nanti pas buat jangan lupa berdoa supaya hasilnya bagus🙂

Pas mau mulai gue rada norak nyobain timbangan digital baru (duh penting banget diumumin!). Maklum dulu gue pake timbangan analog yang skalanya 20 gram, banyak ilmu “kira-kira” kalo yang ditimbang bukan kelipatan 20 gram. Tadi pagi dengan soknya gue nimbang butter 57 gram pake timbangan baru🙂

Resep green tea cupcake gue ambil dari sini tapi gue bikin setengah resep aja, jadinya 18 cupcake diameter 9.5 cm + 4 mini cupcake. Takaran gulanya juga gue kurangin karena punya feeling pasti bakal kemanisan kalo diikutin semuanya. Ternyata segitu aja udah cukup manis buat gue, mungkin lain kali gue kurangin dikit lagi.

Oya, awalnya gue nimbang butter 57 gram karena seinget gue setengah resepnya butuh 1/4 cup butter. Setelah diaduk sama gula, kok bentuknya mencurigakan alias ga ngembang sama sekali. Gue cek lagi resepnya, ternyata harusnya gue nimbang 113 gram! Ya udah buru-buru gue tambahin, untung ketauan di awal.

Begitu cupcakenya matang, gue langsung ngambil yang mini dan alhamdulillah enak🙂 Nara gue kasih juga doyan, nyokap gue malah langsung ngambil yang ukuran besar😀 Selesai icip-icip baru deh gue bikin frostingnya.

Resep frosting diambil dari sini tapi bahan-bahannya dikurangin sedikit. Ternyata jadinya tetep kebanyakan, mungkin harusnya bikin setengah resep aja.

Ini pertama kalinya nyoba naro frosting, hasilnya lumayan… Lumayan berantakan maksudnya😛 Ngisi piping bag juga kepenuhan jadi isinya keluar ke tangan gue (dan pindah ke perut gue hihi).

Green Tea Cupcake

Bahan:
– 1/2 cup (113 gram) butter
– 3/4 cup gula
– 1 butir telur
– 1 buah kuning telur
– 1 sdt baking powder
– 1 1/2 cup tepung serba guna
– sejumput garam
– 1/2 cup susu
– 1 sdm bubuk green tea

Cara membuat:
– aduk butter dengan kecepatan tinggi hingga lembut
– masukkan gula pasir dan aduk hingga mengembang (sekitar 3 menit)
– tambahkan telur ayam satu demi satu, aduk rata
– di wadah terpisah, campurkan tepung, baking powder, dan garam lalu masukkan ke adonan (adonan akan agak berbiji-biji)
– campurkan bubuk green tea dan susu, tuang ke adonan (hati-hati muncrat!)
– tuang ke dalam cetakan, isi hingga 3/4 penuh (gue pake scoop es krim ukuran sedang)
– panggang selama sekitar 22 menit dalam oven yang sudah dipanaskan

Chocolate Cream Cheese Frosting

Bahan:
– 200 gram cream cheese
– 4 sdm gula pasir
– 1/4 cup whipping cream
– 160 gram dark chocolate

Cara membuat:
– campur coklat (potong-potong dulu) dengan whipping cream lalu lelehkan dengan cara ditim
– kocok cream cheese dan gula hingga halus lalu tambahkan coklat leleh

Sebaiknya frosting ditaruh secepatnya soalnya kalau agak lama coklatnya akan mengeras dan butuh usaha ekstra untuk dikeluarin dari spuit.

Setelah berkutat agak lama dengan frosting, tiba lah saatnya untuk foto-foto… Dan batre kameranya abis, ga mau nyala sama sekali. Haiyah… Untung masih ada kamera lainnya🙂 Layarnya udah agak burem, jadi agak-agak tanda tanya sih hasil gambarnya gimana.

Overall, menurut gue cupcake ini enak dan gue pasti bikin lagi. Imron yang ga terlalu suka makanan manis aja bilang enak dan abis 2 waktu minum teh tadi sore.

PS: Memory card gue kayaknya error, fotonya ga bisa diambil😦
PS lagi: Akhirnya bisa juga diambil tuh fotonya.

8 thoughts on “Green Tea Cupcake With Chocolate Cream Cheese Frosting

    • Ayo dicoba dong🙂 Ga susah kok, soalnya aku kan juga males kalo susah2 haha…

      Iya nih udah foto2 (walopun seadanya) eh fotonya ga bisa diambil, padahal diliat di kamera sih gpp. Mudah2an ntar dicoba lagi udah bisa diambil.
      Powered by Telkomsel BlackBerry®

  1. Dan sebagai customer gratisan, review gw adalah :

    Enak banget..suami gw yang biasanya nggak suka manis aja.mau makan. Makasih ya mbak.. jangan sungka sungkan buat ngasih gratisan lagi **siap siap dilempar timbangan**

    • Ihiy makasih reviewnya, ntar kalo gue buka toko kue lo pasang testimonial pake tanda tangan ya kayak artis2 gitu😀

      Next kue apa nih yang kita coba? Tapi asli gue males euy sama red velvet, kayaknya semua lagi ngomongin itu gue sampe bleneg. Coffee cupcake aja kali ya…

    • Halo juga Mbak Vonny🙂 Wah makasih banget pujiannya, ini baru belajar moto2 makanan hasil eksperimen di dapur. Udah liat blognya, foto2nya juga bagus2🙂

  2. Pingback: Green Tea Cupcakes | Mouna & Wibisono

Leave a Reply

