Chocolate Choco Chip Pancake


Minggu lalu betul-betul jadi minggu yang sibuk buat gue, rata-rata gue pulang dari kantor sekitar jam 8 malam dan pernah beberapa hari pulang jam 11 malam. Gue ga akan mengeluh soal kerjaannya karena toh gue yang mau kerja kok, jadi gue siap sama konsekuensinya. Cuma ternyata jam-jam pulang malam ini ngebikin gue cape (pastinya) dan kangen anak.

Nara biasanya tidur jam 8 (kecuali kalo dia lagi diajak jalan-jalan, beuh kalo lagi pergi kok ya matanya on terus) dan masih nungguin gue sampe jam 9, tapi kalo lewat dari itu gue masih belum nyampe rumah ya dia bakal tidur. Biasanya gue terima laporan kalo Nara suka ngebuka gorden depan dan melongok-longok nyari gue selama gue belum pulang, ini yang kadang bikin agak-agak gimana gitu… Tapi karena ini (gue pulang malam maksudnya) ga terjadi tiap hari, ya gue pikir gpp lah toh ga sering-sering juga.

Err kok isinya jauh banget dari judulnya yang berbau-bau makanan? Sabar, bentar lagi dibahas kok🙂

Pas lagi cape-cape gitu, tiba-tiba gue pengeeeeen banget makan pancake pake choco chip. Maunya pancake yang enak rasa coklat dan ditambah choco chip lagi! Ga jelas sih apa hubungannya sama lembur dan badan cape, itu curcol aja tadi di awal tulisan😀 Eh ada deng hubungannya: di benak gue, badan cape begini kalo makan pancake pasti langsung berasa enakan. Tapi ya, saking capenya, mo bikin pancake ini pas hari kerja rasanya udah ga sanggup. Terkesan lebay tapi begitulah adanya. Akhirnya gue jadwalin hari Sabtu/Minggu aja deh, supaya gue bisa santai-santai bikinnya.

Browsing resep dan nemu resep yang keliatan gampang (ya namanya juga pancake, masa susah) dan menjanjikan. Gue coba dan hasilnya enak apalagi kalo anget-anget, mantab! Tadi pagi iseng gue tambahin perasan lemon ke susu coklat, dan jadilah chocolate buttermilk untuk dimasukin ke adonan. Rasanya tambah enak tapi takaran gulanya harus ditambah untuk mengkompensasi rasa asamnya.

Chocolate Choco Chip Pancake
Sumber: Whipped

Bahan:
– 3/4 cup tepung serba guna
– 3/4 sdt baking powder
– 1/8 sdt garam
– 1 sdm gula pasir
– 3/4 cup susu coklat
– 1 butir telur ukuran kecil
– 1 sdm unsalted butter, lelehkan
– 1/3 cup choco chip

Cara membuat:
– Ayak tepung, garam, dan baking powder
– Di wadah terpisah campur susu, telur, dan mentega leleh
– Tuang adonan basah ke dalam adonan kering, aduk beberapa kali (adonan akan berbiji-biji)
– Panaskan wajan lalu tuang adonan, beri choco chip sesuka hati
– Ketika adonan mulai bolong-bolong, balik pancake dan panaskan sebentar lagi hingga matang

Ternyata benar dugaan gue, abis makan pancake ini bawaannya happy😀 (lebay lagi deh ah).

PS:
Kalo mau bikin buttermilk, tambahkan air perasan 1/2 lemon dan campurkan dengan susu coklat. Diamkan selama sekitar 20 menit hingga susu mengental/menggumpal, baru dicampur dengan telur dan mentega leleh. Takaran gula harus ditambah jadi 2 sdm.

21 thoughts on “Chocolate Choco Chip Pancake

  1. Fotonya baguuusss😀 tambah jago motonya🙂

    kita kok sehati banget sikkk, gw lagi mau posting resep pancake yang dibikin beberapa hari lalu juga *disclaimer biar ga dibilang ikut-ikutan, hahaha*

    • Waa terima kasih🙂 Giat berlatih dan nyontek ilmunya Ditut sama Sefa, ilmu gue masih ceteeeek banget.

      Wah lo mo posting resep pancake juga? Emang kita ada di frekuensi yang sama kali ya hehehe…

      • asikkk… fotonya udah mulai gimana gitu, hehehehe..

        terus belajar dan berlatih, gue dulu juga kayak elo kok ty.. skg juga masih sama aja, hehehe

      • Mulai ga jelas maksudnya hahaha… Makasih Sefa, jangan bosen kalo gue tanya2🙂 Gue pengen mulai beli2 props nih, dan mo rajin2 latian supaya bisa kayak elo yang fotonya keren2 itu🙂

  2. Thanks resepnya, patut dijajal. Bbrp weekend ini kepikir bikin pancake, cuman ingetnya pas minggu malam. Thx ya…

  3. Ketawa gw membaca lo happy habis makan pancake. Jadi kita tahulah ya, Nara mewarisinya dari siapa **piss**

    Pancake nya menggiurkan sekali. Apa daya diriku tak punya ayakan tepung ..

    • Hihi sejelas itukah kalo gue doyan makan dan itu menurun ke anak gue?😛

      Kalo ga punya ayakan ya ga usah diayak, ini gue norak aja berasa sayang beli ayakan mahal jadinya segala diayak😀
      Powered by Telkomsel BlackBerry®

  4. Ini gue yakin haqul yakin, pasti jauh lebih enak dari Panc*ous deh. Menurut gue itu toko pankek aga2 terlalu overrated, soalnya gue nyobain disana, toppingnya mah enak tapi pankeknya rasanya kaya…kue apem. Terlalu apa ya? Kaya kebanyakan tepung. Anyway gue udah lama bgt juga sih ga kesana, terakhir makan disana itu 2 tahun lalu kali…

    Boleh nih resep, secara sini ga punya oven yah hahaha ini kan ga butuh oven cuman sreng sreng aja.

    Kalo gue senengnya (dulu sblm sibuk) bikin crepes, soalnya gampang dan bisa jadi asin bisa jadi manis…huhuhu jadi pengens…

    • Eh bener lho, si toko pancake yang ngetop itu menurut gue rasa pancakenya biasa aja. Justru mendingan pastanya ya?

      Mau dong resep crepes, tulis dooong trus gue contek🙂

      • BGT! Menurut gue pastanya juga standar banget sih. Pasta yg enak itu di PepeNero…soalnya konon chefnya orang Italia asli hehe.

        Atau pasta nyokap gue, gak tau deh tuh masaknya pake apa, pake kolor mungkin saking enaknya😀

  5. Btw, makasi yeh ilmu bikin buttermilk, gue BARU TAU kalo susu dikasih lemon jadi mengental / menggumpal, hohoho, bukannya lemon itu justru bikin encer yah??
    😀

    Ty, gue punya resep baru lagi yg orang2 bilang aneh, yaitu makan sosis, telor orak arik sama kentang hash brown pake…RASPBERRY JAM. Enak bangeeeeeeeeet apalagi kalo sosisnya beli di Rumah Sosis Bandung…kalo pas lagi ga ada sosis Rumah Sosis ya udah Kanzler…hadehhh ngiler lagi kan gue, hihihihi…

    Buat yg laen yg bingung, huahuahahahaha, gue sama Otty punya persamaan yaitu suka makan yg aneh2 bercampur2 rasa…

    Ty kapan ke Jakartaaa❤ Bawa Nara donk kl ke Jkt terus ketemuan ama gueeee…

    • Soalnya lemon kan asam, jadi susunya terfermentasi dan menggumpal, rasa dan bentuknya jadi mirip2 yoghurt gitu🙂 Kata baker profesional sih (bukan gue tentunya) resep ini adalah fake buttermilk, real buttermilk tuh produk samping yang lo dapet waktu lagi bikin butter. Tapi karena entah kapan gue bakal bikin butter, gue pake resep palsu aja cukup lah.

      Sebetulnya ya, gue blom pernah ngerasain buttermilk asli makanya gue ga komplen hahaha… Buat gantiin buttermilk bisa juga pake campuran yoghurt dan susu (rasio 1:1).

      Eh gue mau dong nyobain sosis dari Bandung, enak banget ya? Tapi jauh banget deh dari Surabaya. Ntar resep lo yang makan pake raspberry jam gue coba deh, tampak menggiurkan😀 Ntar kalo ke Jakarta agak lama gue kasih tau ya, kali2 bisa ketemuan sama bayi lo juga🙂

      • Hahahaha kalo loe ada di Jkt dan gue kebetulan lagi bisa, yuk deh ke Bandung buat makan sosis doang gue mau banget deh. Gue addicted sama tuh sosis tapi yah di Jakarta gak ada juga sih…

        Btw di Facebook ada yg jual sosis dan kata nyokap gue enak bgt tapi gue sendiri belum pernah coba:

        http://rumahasap.com/

        Bisa mungkin dikirim ke Surabaya? Soalnya kalo Rumah Sosis Bandung, dia gak ada pengiriman jauh, jadi susah kalo gue mau ngirimin ke elo hehehe.

  6. tsaaah potonya keyen ajaaa dia! *tepuk tangan*
    pancake pk buttermilk itu emng jadi okei banget yah..gw mah kalo lagi males nunggu meringkil (which means always) suka pake yoghurt aja paro2an sm susu😀

    • Ihiy, makasih Lei🙂

      Nah iya, gue juga pernah pake yogurt+susu, tapi kemaren cuma ada yogurt blueberry makanya terpaksa nungguin merengkel😀
      Powered by Telkomsel BlackBerry®

  7. Pingback: Choco Malt Muffin | My online diary

Leave a Reply

