Cream Cheese Muffin


Sekitar 2 minggu yang lalu, Imron bilang ke gue:

Sekali-sekali bikin muffin keju yang dalamnya meleleh dong…

Karena belum pernah punya resep muffin keju, gue jadi bingung bikinnya gimana ya. Pake cheddar? Ato cream cheese? Diparut? Dipotong kotak? Ini gue beneran ga ngerti gimana bikinnya, sampe nanya di twitter segala. Muncul beberapa resep, dan salah satu kandidat kuat dikasih sama Mia dengan iming-iming “enak banget”. Semangat ’45 gue langsung meluncur ke TKP, hanya untuk ngucek-ngucek mata karena resepnya pake bahasa Jepang! Sampe windownya gue tutup, trus buka lagi dengan harapan kali-kali tulisannya udah berubah pake huruf latin. Lha ternyata tetep aja masih pake tulisan yang ga bisa gue baca. Gimana ini si Mia?? Mau ngamuk juga sungkan soalnya baru kenal hahaha…

Ide cerdas selanjutnya masih datang dari Mia, gue disuruh pake Google Translate. Bukannya gue meremehkan ya, tapi survey membuktikan kalo hasilnya suka agak ajaib. Tapi pilihannya adalah, bener-bener ga bisa baca resepnya atau masih bisa ngebaca resepnya dengan nebak-nebak dikit. Gue pilih yang kedua, dan resepnya gue copas ke Google Translate. Ternyata hasilnya masih agak ajaib! Mia sendiri bilang kalo baca resep dari situ bagaikan baca resep yang pake bahasa kalbu, jiper lah gue. Udah mana belum pernah bikin, eh masih harus nebak pula. Gue memang cukup adventurous, tapi kalo cream cheese gue terbuang sia-sia kan sayang (intinya emang agak pelit aja sih).

Browsing lagi, akhirnya nemu resep yang meyakinkan baik dari isi maupun penampilan. Ini pake bahasa Inggris, aman ga usah main tebak-tebakan dulu. Tadinya mau dicoba minggu lalu, tapi karena lagi kena sindrom males-bikin-muffin-atau-cupcakes-lagi akhirnya baru dibuat kemaren pagi. Waktu dipanggang udah kecium baunya enak banget. Seperti biasa, kalo resepnya udah ditaro di sini berarti hasilnya enak untuk ukuran gue-Imron-Nara, serta beberapa orang kantor yang beruntung kebagian icip-icip🙂

creamy, cheesy, yummy...

Cream Cheese Muffin
Untuk 12 muffin diameter 9.5 cm
Sumber: Bake or Break

Bahan muffin:
– 1 1/2 cup tepung serba guna
– 1/3 cup gula pasir
– 2 sdt baking powder
– 1/2 sdt garam
– 1/3 cup susu
– 1/4 cup minyak sayur
– 1 butir telur
– 4 oz cream cheese, suhu ruang
– 1/4 cup gula pasir

Cara membuat:
– Panaskan oven. Campurkan tepung terigu, baking powder, gula pasir, dan garam. Buat lubang di tengahnya.
– Campurkan minyak, susu, dan telur. Tuang ke tengah adonan kering lalu aduk hingga adonan cukup lembab.
– Aduk cream cheese dan gula pasir. Campurkan setengahnya ke adonan, sisihkan sisanya.
– Tuang adonan ke dalam loyang hingga 2/3 penuh. Beri sisa campuran cream cheese di atasnya (tekan sedikit agar masuk ke adonan muffin).

Bahan topping:
– 1/4 cup tepung serba guna
– 4 sdm gula pasir
– 1/8 cup butter, suhu ruang

Cara membuat:
– Campurkan semua bahan menggunakan sendok/garpu, teksturnya akan menyerupai remah-remah (tidak halus). Tuang topping di atas adonan muffin.
– Panggang dalam oven selama 25 menit (putar loyang agar matangnya merata).

PS:
– Persediaan olive oil ternyata tinggal 1/8 cup, mau nyampur sama minyak goreng biasa kok males akhirnya dicampur sama butter yang dilelehkan.
– Gue pake cream cheese Anchor, ternyata walaupun udah di suhu ruang teksturnya tetap padat. Akhirnya cream cheese + gula pasir gue halusin pake mixer.
– Mau pake almond slice (resep asli pake pecans) tapi ternyata udah bulukan, jadi toppingnya ga pake kacang.
– Waktu baru matang toppingnya agak kemanisan, tapi setelah didiemin 1 malam kok manisnya jadi pas. Silakan dikira-kira sendiri gula untuk topping mau dikurangin ato ga.

Update: gula untuk topping gue kurangin jadi 4 sdm aja dan rasanya pas🙂

14 thoughts on “Cream Cheese Muffin

    • Tau ga, tiap denger/baca kata “domestic goddess” gue malah ingetnya kucing (domestic cat)😀

      Yuk yuk gue jualan ah, selama ini niat doang ga pernah direalisasikan. Kuatir ga ada yang beli soalnya hehe…
      Powered by Telkomsel BlackBerry®

  1. Ah knp ya gw ga sekantor sama lo sih?? Oh mngkn demi menjaga ratio lingkar pinggang-panggul gw dr kepunahan sepertinya (well, sbnrnya skrg pun udh nyaris langka sih itu hihi). Sound so yummy ty! Lucu yah kejunya ada yg dibenamin gt, pas dah mateng bagian itu jd creamy ya? Slurps!

    Btw ty, kl minyak sayur dganti olive oil itu flavornya ga tlalu strong? Mksdnya, si doski kan minyak dgn rasa gitu..so far no problem ya? (Tumben nanya yg bermutu..) Kl di gw problemnya pelit sih yg trs diperkuat sm saran pk veg oil biar ga ganggu rasa, yg akhirnya gw terjemahkan jd pk minyak goreng biar gampang (iyak, dan kembali odong sodara2 haha..)

    • Iya betul jadinya enak deh, atasnya ada crumbly topping trus tengahnya ada keju yang lumer2 gitu🙂

      Gue baru pernah nyoba 2x baking pake olive oil, hasilnya sih baik2 aja buat lidah gue yang pemakan segala ini😀 Apalagi yang ini kan dicampur butter juga, makin ga berasa bedanya. Sejujurnya, gue malah ga ngerasa kalo olive oil itu ada rasanya😀 Biasanya sih gue pake minyak lain, tapi lagi abis makanya pake olive oil.
      Powered by Telkomsel BlackBerry®

    • Ih kamu pencontek teman!! Hihihi… Ayo dicoba dicoba… Tapi ntar jangan heran ya kalo jadinya kurang dari 12 biji😉
      Powered by Telkomsel BlackBerry®

  2. absen dulu Ty, sekalian kenalan skali lagi :D…maab yaaa ngasih ide ga bener😀, tp serius deh cookpad itu walopun pake bhs kalbu enak2 resepnya,hehehehe….masi ada ga muffin-nya Ty? bagiii donggg….

    • Hahaha iya lah gpp, gue becanda kaliii… Udah bagus dikasih link😉 Eh gue tetep mau lho dikasih terjemahan resepnya, masih penasaran pengen nyoba. Ayo dong diterjemahin *ngelunjak*

      Udah ga ada muffinnya, tapi kalo lo ke Surabaya boleh deh gue buatin🙂
      Powered by Telkomsel BlackBerry®

  3. Sama banget kaya gue, kalo masakannya gagal langsung keluar deh jiwa meditnya. Rasanya rugi uang berjuta-juta, padahal gue mana pernah bikin pake bahan2 yang mahal.

    • Eh sebagai perencana keuangan rumah tangga yang baik, kita harus memperhitungkan biaya dong. Justru ini bagus, ya kan? *nyari temen*
      Powered by Telkomsel BlackBerry®

Leave a Reply

