Main Puzzle


Dari gue hamil dulu, gue udah suka banget sama mainan-mainan dari kayu. Kesannya lebih bagus daripada mainan berbahan plastik. Gue pun makin jatuh cinta setelah tau kalo harganya ga terlalu mahal😀 Salah satu jenis yang paling menarik minat gue tuh puzzlenya, buatannya halus dan rapi, gambarnya juga macam-macam.

Awalnya gue nyoba beliin puzzle bentuk binatang buat Nara, gue pikir bagus lah bisa ngajarin Nara nama-nama binatang sambil melatih motorik halusnya. Keliatan sih bedanya setelah dia main puzzle ini. Di kepingan puzzlenya kan ada pegangan kecil warna merah, itu seharusnya dijumput waktu kita ngambil/masang puzzlenya. Dulu Nara agak males menjumput, jadi biasanya dia ngambil gampangnya aja dan megang kepingannya dari samping (ga mau megang pegangan kecilnya). Setelah beberapa hari akhirnya dia terbiasa juga dan sekarang sih dia pasti menjumput kepingan puzzlenya.

Kalo untuk masang-masang puzzle, alhamdulillah dia udah lancar banget. Awalnya dia suka gemes gara-gara kepingannya ga masuk pas di tempatnya, akhirnya suka dilempar sambil teriak. Tapi lama-lama dia bisa lebih sabar dan bisa ngarahin kepingannya supaya jatuhnya pas. Untuk nama binatangnya, yang paling dia hafal masih tetap si “api” alias sapi, lainnya kadang bisa kadang ga. Gpp lah, satu-satu yang penting telaten diajarin kan🙂

Setelah dia sukses sama puzzle binatang, gue kepikir untuk beliin puzzle yang lain. Pas ke tokonya ternyata lagi ada promo “beli 4 dapat 6”, lumayan banget kan bisa dapet gratis 2 (dengan harga paling rendah). Ga tau kenapa Nara langsung milih puzzle badut yang lagi megang balon, dia suka banget liatnya. Ya udah itu kita beli dan sisanya kita pilih jenis lainnya, ada yang angka, huruf, sama bola-bola kecil yang bisa digerakin pakai magnet.

Keluar dari toko mainan kita mampir dulu di Dome buat makan (gue kelaperan!) dan ternyata di situ Nara anteng banget mainin si puzzle badut plus langsung bisa. Seneng banget liatnya, mulutnya sampe monyong-monyong saking serius banget mau mainin puzzlenya hahaha…

Setelah puzzle badut ditamatkan, minggu depannya kita kasih lagi puzzle lain. Kali ini lebih rumit, puzzle besar isi 16 keping gambar 4 mobil. Waktu mulai main ini drama banget deh, anaknya suka kesel sendiri. Awalnya dia bahkan bingung gimana cara ngeluarin kepingannya, setelah beberapa kali nyoba baru dia tau kalo cara paling gampang ya tinggal ngebalik papan puzzlenya aja. Lucunya, pas gue lagi nonton tv dia bisa ngeluarin kepingan puzzlenya sendiri, eh pas gue nemenin dia maunya gue yang ngeluarin😀 Gue akuin puzzle yang ini lebih susah, soalnya selain mencocokkan kepingannya juga harus mencocokkan gambarnya. Sekarang kalo main serius banget, tapi semua kepingannya dijejer sesuka hati belum diatur. Pelan-pelan diajarin lagi🙂

12 thoughts on “Main Puzzle

    • Makasih tante Sefa🙂 Gue sih belinya di mall di sini, kayaknya ada toko online jual barang yang sama, coba cek puzzleku[dot]com, tapi ga tau harganya sama ato ga.

  1. Narbil (Nara pipi gembil – maap namain anak orang seenak jidatnya, hihi abis pipinya minta digigitttt kaya bapau) pinter yaa, langsung bisa main…

    Ty, emang yg puzzle mobil itu kayanya susah deh buat anak kecil, ngajarinnya musti pelan2😀

    Puzzle itu kalo kata DSA selain bagus utk motorik tangan bagus juga untuk melatih otak biar anaknya kebiasa mikir – bagus nih idenya, besok2 gue contek ya😀

    Dari brapa bulan Ty ato pas udah 1th baru Nara boleh main puzzle? Dia ga pernah tergoda gigit2 puzzlenya ato dimasukin ke mulut?

    • Emaknya lebih seneng dari anaknya begitu tau puzzlenya sukses dimainin🙂

      Iya emang susah, yang jual juga bilang biasanya untuk umur 2 tahun tapi gue kasih aja sekarang, kan yang penting ga gue paksa🙂 Progressnya udah lumayan banget ini dibanding awal dikasih, dulu suka kesel sendiri sekarang udah bisa lebih sabar walopun gambar yang disusun masih abstrak. Ntar gue kirimin buat elo, minta alamat ya🙂

      Gue mulai ngasih puzzle di atas 1 tahun, setelah Nara bisa duduk-berdiri yang bener, supaya dia gampang ngambil2 puzzlenya. Ga tau deh pemikiran gue bener ato ga ya haha… Nah Nara itu ga suka masukin benda2 ke mulut KECUALI jempolnya, jadi semua barang pasti aman.

  2. Hi Otty, salam kenal yaa…
    Anakku barusan dapet kado ini dari tantenya. Sama tuh yang farm series🙂 cuma…. masuk ke mulut !! Ya baru 1 tahun lebih 1 minggu, belum bisa maen puzzle dengan benar, enjoy aja gigitin babinya… tapi nti kalau udah lebih gede pasti jadi bisa maen dengan benar😉

    • Salam kenal juga🙂

      Wah masih 1 tahun sih, biasanya emang refleknya masuk mulut ya, Nara dulu pertama main mungkin waktu umurnya nyaris 18 bulan. Ditelatenin aja, lama2 pasti bosen juga kalo dimasukin mulut terus hehehe… Pasti ntar bisa juga nyocokin gambarnya🙂

  3. Ty bagus bgt itu si puzzle! Suka yg pertama tuh, bentuk2 gitu jd kaya shape sorter yah? Dsini gw blm nemuuu..tar liat ke si puzzleku ah😀 ih btw, gerobak yg di background itu ucil n nara samaan *toss* dsana nara jual sayur jg pk gerobak itu? Mayan ty bwt nambah bli popok #ngarang #eksploitasianak Hahahaha..

    • Iya betul jadi kayak shape sorter, makanya menguji kesabaran juga awalnya soalnya biasanya kan cuma kotak/segitiga/bulet, dikasih bentuk hewan langsung bete soalnya sudutnya banyak hahaha…

      Eh sorry ya, Nara pake gerobak itu bukan buat jual sayur tapi buat jual emas fererro rafaello *masih dibahas*😀
      Powered by Telkomsel BlackBerry®

  4. nara pinter deh! naia juga obsessed ama puzzle dari dia kecil. sekarang di umur 3 tahun, maenan puzzlenya banyaaakk banget! dan udah yang kertas dan yang kecil2 gitu. tiap hari pasti semuanya dimaenin, gak ada bosennya, sampe hapal dia yang mana dipasang dimana! puzzle itu stimulasi yang bagus ty..

    sayang pas gue ke jakarta, gue sebel ternyata nyari puzzle yang bagus dan murah di indonesia itu termasuk susah. disini gue bisa beliin yang cuma $3 buat naia, dan belinya di giant dengan gambar kartun2 favorite nya kayak barney, dora, etc. puzzle yang mirip begitu di jakarta harganya udah 70rb-an. nyesek deh!

    • Wah samaan sama Naia nih🙂 Iya bagus banget ya ternyata puzzle itu? Sekarang gue masih ngajarin nama hewan dan bentuk ke Nara, lumayan banget 1 puzzle banyak fungsi hehe…

      Iya puzzle di sini agak mahal, ga dapet deh garga 25rb gitu. Puzzle yang gue beli buat Nara itu harganya mulai dari 40rb sampe ada yang 100rb, kemaren berasa lumayan murah pas ada promo buy 4 get 2 free makanya langsung borong.

Leave a Reply

