Resep Bersambung


Oke, pengakuan dulu nih, kayaknya judulnya kurang pas sama isinya tapi gue yang kurang kreatif ini ga bisa nemuin judul lain😀

Pernah ga masak suatu menu, ternyata setelah jadi eh banyak banget dan agak males juga ngulang menu yang sama untuk 2-3 hari? Kalo dibuang jelas sayang banget, tapi disimpen lama-lama di kulkas juga takut basi. Untuk ngakalin itu, kenapa ga diubah jadi menu lain aja?

Sekitar 2 minggu yang lalu gue nyoba swedish meatballs gara-gara ngiler sama twitnya Rika, daripada penasaran mending dicoba kan? Karena resepnya Rika itu resep shortcut (banyak ngeganti bahan-bahan mentah dengan bahan siap pakai), sebagian bahannya ga ada di supermarket sekitar rumah gue. Sayang ya, padahal gue mah mau banget dikasih resep gampang kayak gitu, tapi apa daya karena keterbatasan bahan tetep harus bikin from scratch. Akhirnya gue nyontek resep Jamie Oliver buat meatballsnya, dan nyontek resepnya Rika buat mushroom saucenya. Mashed potato gue karang-karang sendiri, hasilnya lumayan lah masih bisa dimakan hihihi…

Setelah masak, gue kaget (lebay) karena jadinya banyak banget. Gue cuma bikin 2/3 resep meatballs tapi jadinya bisa buat 3x makan orang serumah! Akhirnya sisanya gue masukin kulkas aja, gue pikir lumayan deh buat diangetin kalo lagi males masak. Sayangnya gue suka kelupaan kalo di kulkas masih banyak meatballs (plus mushroom sauce plus mashed potato), jadi si meatball dkk pun nganggur sia-sia selama beberapa hari.

Begitu inget masih punya simpenan meatballs dkk, kok rasanya lagi ga pengen makan itu ya? Gue mikir deh enaknya bisa gue ubah jadi menu apa, terserah buat gue ato buat Nara. Menu pertama yang kepikir tak lain tak bukan adalah sop😀 Ini sih gampang banget, tinggal masukin bumbu sop (gue punya bumbu sop yang dibikin dalam jumlah banyak, tinggal gue ambil sedikit-sedikit tiap mau masak sop) dan sayur, panasin sebentar, jadi deh menu buat Nara🙂 Anak doyan, emak senang.

Trus gue ngelirik mashed potato yang masih lumayan banyak, diapain lagi nih. Gue liat-liat ternyata masih punya dory, ya udah lah gue buatin aja baked potato with dory buat Nara. Masaknya juga gampang banget, cuma dory dan sayur gue tumis dicampur sama saus keju, atasnya gue tutup sama mashed potato dan gue panggang sebentar. Selesai, mashed potato tamat riwayatnya.

Next mikir lagi mushroom sauce mo dijadiin apa. Gara-gara Rika lagi (!) gue pun penasaran sama baked rice. Resep baked rice yang gue contek itu (entah di mana linknya) pake mushroom soup buat topping, tapi gue pikir karena toh gue masih punya mushroom sauce gue pake itu aja sekalian ngabisin. Aman, mushroom sauce pun ga bersisa.

Persoalan selanjutnya muncul ketika si baked rice pun ga abis😀 Iseng-iseng gue coba liat resep frittata, kayaknya gampang cuma telur + susu + isinya dan digoreng. Boleh deh gue coba bikin frittata nasi, tinggal kocok telur + susu + baked rice, gue goreng sebentar. Jadi deh menu buat (siapa lagi kalo bukan) Nara!!

Kesimpulan:
1. leftover bisa dibuat jadi makanan lain, jadi yang ngabisin pun ga bosen makannya
2. Nara adalah partner terbaik untuk uji coba makanan, bahkan makanan yang dibuat dari leftover sekalipun
3. jangan anggap gue kejam karena ngasih makanan daur ulang ke anak, udah gue cek kok semuanya masih bisa dimakan🙂

14 thoughts on “Resep Bersambung

    • Aduh jadi grogi ternyata gue punya groupies😀

      Bukan kreatif sih, tapi sifat pengiritan gue ngebuat otak ini mikir makanannya mo diapain lagi. Sayang dong kalo makanan dibuang2 hehe…
      Powered by Telkomsel BlackBerry®

  1. Eh kan ada frase, leftovers are a cooks best friend! Hihi tinggal manuver2 dikit jd mknan baru! Gw paling bahagia kl ada leftovers,ga pk ribet bs langsung makan *tepuk perut*

      • itu ide brilian! hihihi.. di blog emak2 bule mereka sering ky gt, misal bikin roast chicken 2 pan, buat dinner hr itu dan skalian ada sisa buat diambil dagingnya bwt campuran salad, isian sandwich, quesadila dll. pengen deh kaya gitu..tp ini otang mini ga sanggup hahaha..

Leave a Reply

