Homemade Vanilla Sugar


Napak tilas dikit ke masa lalu, waktu awal-awal belanja ke toko bahan kue (TBK) dan nyari vanilla extract gue cuma nemu vanilla bubuk, daripada ga punya vanilla ya udah gue angkut aja.

Beberapa bulan kemudian, gue liat pure vanilla extract tinggal 1 botol tapi ga jadi gue beli setelah tau harganya di atas 100rb untuk botol yang ukurannya ga besar. Naluri pengiritan gue mengalahkan naluri baker odong-odong, and just like that, pure vanilla extract itu gue taro lagi.

Nah sekitar 2 minggu yang lalu gue agak tertohok, soalnya baca-baca di internet katanya beberapa baker cuma mau pake pure vanilla extract dan ga mau pake vanilla yang lain (apalagi vanilla bubuk, palsu itu palsu!). Langsung gue telfon ke TBK langganan, katanya pure vanilla extract udah abis dan ga tau kapan ada lagi. Sebetulnya gue punya vanilla pod, tapi kan makenya agak ribet ga bisa tinggal tuang, apalagi harganya juga mahal (tetep ya harga menjadi masalah haha). Gue punya juga karena kebetulan dibeliin sama temen gue, katanya dia nemu yang murah makanya gue dibawain. Karena masih males make vanilla pod gue pun bertahan pake vanilla bubuk selama beberapa minggu.

Selama itu gue masih aja nelongso mikirin pure vanilla extract yang dulu batal gue beli. Terdengar lebay tapi ya beneran deh kepikiran hihi…

Sampai kemudian gue ga sengaja baca resep yang (lagi-lagi) nyuruh untuk pake pure vanilla extract, dan iseng scroll ke bagian comment. Di situ ada yang nanya, apa pure vanilla extract itu halal ya? Wah, gue beneran baru tau deh kalo pure vanilla extract itu haram. Maksud gue, apa sih haramnya vanilla? Karena penasaran, mulai deh gue gugel sana-sini, dan dapet jawabannya.

Ternyata vanilla itu halal, tapi proses pembuatan pure vanilla extract ngebuat benda itu jadi haram. Untuk proses ekstraksi vanilla, pelarut yang digunakan adalah alkohol. Coba aja gugel “homemade pure vanilla extract” ato “vanilla extract recipe”, di situ ada cara pembuatannya. Caranya gampang banget sih, tinggal ambil vanilla pod dan dicemplungin dalam vodka/brandy/cognac trus didiemin selama 6 bulan. Kalo prosesnya kayak gitu, berarti jelas haram ya karena nanti bahan yang kita pake kan alkoholnya. No wonder menurut definisi FDA, pure vanilla extract itu selalu mengandung minimal 35% alkohol.

Masih penasaran, gue gugel lagi ada ga sih pure vanilla extract yang halal? So far kayaknya masih blom ada, jadi semua pure vanilla extract itu haram. Kalo ada vanilla essence, biasanya itu halal karena pake vanilla sintetis dan ga melewati proses ekstraksi pake alkohol. Jadi pilihan yang halal bisa pake vanilla bubuk ato vanilla essence ato vanilla pod asli.

Gara-gara itu gue jadi mikir, gimana ya biar kue-kue yang gue buat tetep punya aroma vanilla “asli” tanpa gue repot-repot ngebukain vanilla pod? Iseng deh pengen bikin vanilla sugar supaya gula yang gue pake wangi🙂

Caranya ternyata juga gampang banget. Bisa pake vanilla pod utuh ato vanilla pod bekas (isinya udah dipake masak, tinggal kulitnya), tinggal disesuaikan aja jumlahnya. Ada beberapa cara, tapi ini yang gue pake.

1. Ambil 1 batang vanilla pod, belah dan potong jadi 4 bagian. Kalo pake kulitnya berarti butuh lebih banyak, sekitar 3 ato 4.
2. Siapkan 1/2 – 1 kg gula pasir, masukkan dalam wadah kedap udara.
3. Masukkan vanilla pod yang telah dibelah ke dalam wadah tersebut, tutup lalu kocok sebentar.
4. Kocok secara berkala (gue kocok 1x/hari) agar aromanya merata, lakukan selama 2 minggu.
5. Vanilla sugar siap digunakan🙂 Kalo persediaan gulanya mulai menipis tinggal ditambah sama gula baru dan dikocok lagi.

Gampang banget kan? Ga sabar nunggu sampe 2 minggu supaya bisa dipake baking🙂

Sekarang gue bersyukur banget sifat irit gue mengalahkan sifat pengenan gue, gara-gara itu gue batal make produk haram.

BTW tulisan kali ini preambulenya banyak banget ya, padahal isinya mah cuma seiprit hihi…

27 thoughts on “Homemade Vanilla Sugar

  1. Bukannya udah ada vanili aka vanilla sugar? Di jerman yg exctract seinget gw gak ada alkohol, kecuali gw salah baca ingredientsnya. Ntar kalo di jerman lagi, gw baca baik2 ah *pe-er*

    • Oya baru tau kalo vanili itu = vanilla sugar, dasar odong deh gue😀 Gue punya yang bubuk itu sintetis ternyata, ga tau sih vanili yang lo maksud itu yang mana? Soalnya kalo di TBK yang gue tau sih cuma ada yang sintetis, makanya harganya juga ga terlalu mahal. Katanya McCormick halal (bentuknya cair), tapi itu sintetis juga.
      Powered by Telkomsel BlackBerry®

      • setau gue sih kalo vanili yg dari DE itu ingredientsnya vanillin (ekstrak vanila) dan gula…
        kalo yg vanili dari indo gue kurang tau

  2. Ya ampun ty, I feel you! Gw smpt mikir, apa gw larutin si pods di air yah? Hahaha tp pasti jd basi ya kl air mah huhu..
    Vanilla sugar enaaakkk! Bwt teh manis anget jd istimewa😀 atau kl ga, si kang Jamie sih di proses di food processor gitu trs saring, diulang smp halus bgt.

    • Hahaha kalo di air mah dijamin bulukan!! Iya gue liat tuh ada yang dihalusin, warna gulanya jadi agak2 coklat karena si vanilla pods. Tapi… gue masih agak males nih ngalusin gula😛

  3. Nah, gue jadi bingung bedanya vanilla extract sama vanilla essence apa ya? Gue pake vanilla cair yang di botol kecil (banget) itu. Gak tau deh extract atau essence, tapi harganya murah, cuma 3 euroan. Gak baca ingridientsnya pula, abisnya kaya elo gue juga gak kepikiran kalo vanilla tyt bisa haram.

    TFS, Otty!

    • Kayaknya sih, extract = hasil ekstraksi dari vanilla pod yang berarti mengandung alkohol, essnce = apa ya gue juga ga tau hahaha… Kalo yang gue punya sekarang, ingredientsnya sih chemical semua makanya yakin kalo itu sintetis.

  4. Yoi mbak, banyak ingredient buat baking yg keliatannya gak-mungkin-gak-halal, eh…. gak taunya jatohnya jadi haram krn bahan2 yg disertakan saat pengolahannya tsb.

    Ngomong2 soal ingredient halal…, kemaren akhirnya nemu tepung maizena yg halal, yg warna oranye ada gambar jagungnya itu loh. Kemaren2 liat di supermatket dan cek di halalguide oline, kok merk tsb blm halal certified. Tp skrg sudah halal MUI certified dan logo halalnya dipajang segede duit koin dibagian depan kemasannya😀

    • Eh emangnya tepung jagung itu ada yang ga halal? Aku malah ga ngeh… Selama ini memang pake maizena tapi ga pernah merhatiin cap halalnya.

      Yang masih aku pertanyakan itu cream of tartar, sebetulnya itu produk sampingan waktu bikin bir (ato apa gitu) makanya mengandung alkohol. Udah ngecek yang merk Koepoe2 tapi masih blom ada di halalguide. Nyari McCormick juga sama aja.

  5. mba otty….
    gara2 baca postingan ini, langsung gugling vanilla pod dan nemunya “Vanilla Pod are a melodic punk rock band, originally formed in King’s Lynn, Norfolk in 1995”😛 eh tapi akhirnya ngeh jg vanilla pods ini apa, pertanyaannya: beli vanilla pods dimana ya mba?cos diriku tak punya temen yg bisa dititipi vanilla pods ini…xixixi…

  6. Pingback: Strawberry Granola Bars | My online diary

    • Vanilla essence yang bubuk itu suka ngasih rasa pait, jadi sekarang udah ga pernah pake itu lagi. Sekarang andalannya vanilla essence Toffieco (cair).

      Vanilla pods itu vanilla beneran yang belum diolah. Coba gugel aja biar tau penampakannya gimana.

    • Waktu itu pernah gugel dan nemu sertifikat yang menyatakan kalo vanilla essence Toffieco halal. Coba aja gugel juga dan kalo ternyata dapet info yang beda, tolong update di sini ya supaya aku juga tau🙂

      • Sebenernya katanya vanilla yang diekstrak pake alkohol itu bisa jadi halal kalau udah di baking atau diproses jadi makanan, karena alkoholnya nanti menguap sendiri selama proses pemasakan/pem-baking-an dsb dan yang tersisa cuma aroma vanilla nya aja.🙂

      • Beda2 sih pendapat tiap orang, ada yang bilang gitu dan ada juga yang bilang gimana kita bisa yakin sama sekali ga ada alkohol yang nyisa. Jadi emang balik ke orangnya lagi.. Kalo aku sendiri ga yakin ga ada alkohol sama sekali makanya pilih amannya aja🙂

  7. Tadi baru bikin kue ga pake vanilla extract *nekat* dan ternyata bikin nyesel ga pake vanilla extract. Googling home made vanilla extract nyasarnya ke blog mba Otty TUM😀 penasaran, sama vanilla sugarnya, sampe sekarang masih pakek kah utk baking? Kadang suka males ke TBK beli toffieco soale jauh belinya -_-

Leave a Reply

