Makeover


Hari Senin kemaren termasuk salah satu hari bersejarah buat gue, karena ada makeover besar-besaran hehe… Mulai Senin kemaren gue make jilbab🙂

Sebetulnya ini kepikiran sekitar 2 bulan yang lalu, agak lupa sih awalnya gimana tapi gue jadi mikir “pengen pake jilbab”. Tapi ini baru sebatas kepikiran aja, banyakan kelupaannya malah. Gue tau sih buat sebagian orang make jilbab itu bukan keputusan melainkan kewajiban, tapi buat gue make jilbab itu salah satu keputusan yang didasari pemahaman bahwa itu adalah kewajiban. Ribet banget sih nulisnya, tapi pokoknya gitu deh. Abis mikir gitu gue ga langsung mutusin “oke pake jilbab mulai besok” tapi masih maju-mundur ga jelas. Yang ngerasa masih kurang alim lah, yang ngerasa takut bakal kepikiran nyopot lagi lah, sampe yang ngerasa sayang ngehibahin baju-baju gue😀 Mungkin emang kebangetan alasannya, tapi gue jujur aja itu yang sempat terlintas di pikiran gue.

Tadinya gue pikir, cewe-cewe yang pake jilbab itu adalah orang-orang yang sholatnya udah bagus banget, ngajinya bagus banget, pokoknya semuanya bagus banget. Sampai pas gue curhat ke sahabat gue dan ternyata ga gitu juga sih. Maksudnya bukan berarti yang berjilbab itu sholatnya acak adut, tapi yang berjilbab itu pun terus berusaha menyempurnakan ibadahnya. Pas lagi mikir-mikir, ga tau kenapa malah nemu tulisan yang bagus banget… Lupa linknya, tapi kok gue curiga ini tulisan seseorang yang (akhirnya) gue kenal ya. Intinya dia nulis, dengan berjilbab diharapkan jadi pengingat bahwa sholatnya harus lebih rajin, ngajinya harus lebih baik, ibadahnya harus lebih bagus lagi. Mudah-mudahan dengan berjilbab jadi inget “oh gue ga pantes kayak gitu, kan gue berjilbab” jadi semacam “benteng” pribadinya. Tentunya tulisan aslinya jauh lebih bagus daripada narasi gue yang kacau balau ini, dan setelah baca tulisan itu gue pun nangis. Abis itu gue cerita ke Imron bahwa gue kepikiran untuk make jilbab, dan dia langsung jawab bahwa dia mendukung gue.

Hati gue udah mulai mantap, tapiii masih aja kepikiran hal-hal remeh ga jelas. Gue pun curhat lagi (curhat mulu ya) dan disemangatin untuk make jilbab. Kalimat andalan yang bikin gue langsung yakin: that was the best decision I’ve ever made!

Mulai deh gue yang ember ini cerita ke beberapa orang kalo gue mo pake jilbab. Kenapa gue cerita? Karena gue tau dengan sifat gue yang agak labil ini, bisa aja gue jiper dan nunda ato ngebatalin pake jilbab. Logika gue, kalo udah cerita berarti udah ga bisa dibatalin lagi karena… ya malu lah, udah cerita sendiri trus kok ngebatalin sendiri. Bener aja, selang 1 hari dari mutusin mo pake jilbab, gue mulai jiper😀 Untungnya karena gue udah cerita-cerita gue ga bisa mundur, jadi gue pun tetep bergerilya nyari jilbab buat dipake paling lambat minggu depannya. Alhamdulillah gue malah dapet jilbab gratisan dari sana-sini (terima kasiiiih), dan warnanya/modelnya beda dari jilbab yang gue beli. Emang gampang sih ngasih jilbab yang beda dari yang gue punya, mengingat gue baru punya 4 warna🙂

Hari Senin pagi gue mulai salting, untungnya dari malam sebelumnya gue udah latihan jadi udah tau make jilbabnya gimana (thanks to gtalk dan BBM, beberapa orang yang kurang beruntung gue bombardir dengan pertanyaan). Nyampe kantor orang-orang pada bingung ngeliat gue, banyak yang ga ngenalin dan ini ngebuat gue bagaikan senyum sama tembok karena beberapa orang ga ngebales senyum gue. Siangnya baru ada yang nyamperin gue dan bilang sorry karena dia ga ngeh itu gue. Ya udah lah yang penting akhirnya ngeh juga kan. Surprisingly, seharian itu gue ngerasa seneeeeeeng banget, kayak mau senyum terus. Rasanya antara seneng dan lega karena akhirnya gue berani juga pake jilbab.

Sekarang baru berjalan 4 hari dan gue masih suka ribet sendiri sama jilbab gue, kadang jilbabnya melorot, kadang ciputnya ngebikin gue sakit kepala, dsb. Yang jelas sampai sekarang gue sama sekali ga menyesal dengan keputusan ini. Bener juga yang dibilang sahabat gue:

THIS IS DEFINITELY ONE OF THE BEST DECISIONS I’VE EVER MADE

16 thoughts on “Makeover

    • Terima kasiiiih🙂

      Ah serius mo ngirimin jilbab juga? *joget2* Model apa aja deh, toh koleksi yang sekarang masih minimalis hihi… Minggu depan kita maksi bareng ya!

  1. Yeayyyy🙂
    That was definitely the best decision i ever made, glad u feel the same. Sini kamu ke jakarta biar bisa dipeluk beneran😀

  2. waaw..otty,selamaatt yaa..hebat ih!salut bgt akhirnya nemu courage bwt mulai. gw masi maju mundur ababil nii..nguiks!cuciin otak (dan batin) gw plis.. *idih,yakin mah cari yakin sendiri,ko tgantung org lain*

    • Waduh, Gam, kalo lo dicuci otak sama gue mah yang ada lo malah batal kali haha… Iya bener gue juga heran tiba2 berani, padahal dulu2 ga berani buat mulai. Ternyata setelah dikerjain ga ribet sama sekali (dulu gue pikir bakal ribet, aneh, dsb), emang harus dimulai aja.

      Temen gue malah lebih aneh lagi, tiba2 pas dia bangun tidur pengen pake jilbab, udah aja gitu dia langsung pake.
      Powered by Telkomsel BlackBerry®

  3. sekali lagi selamat ya ty🙂
    sama ama Gamma, gw udah pegen dari lama, tapi masi belum ada keberanian untuk memulai. Mudah-mudahan gw bisa segera menikuti jejakmu ya ty…🙂
    Better late and last forever than never kan ya?😀

    • Ih gue suka banget sama kalimat lo “better late and last forever than never”🙂

      Makasih lagi ya, Wit. Amiiin mudah2an bisa segera berani pake jilbab, gue juga masih pemula nih!!

  4. iyaaa .. jarangg banget emang ciput yang enak di kepala ..
    pasti makin cantik deh mbak otty .. plus ada alesan buat belanja😛
    makin terkagum-kagum deh ^^

    • Ah Sita bisa aja, mungkin bentar lagi aku jadi bintang sinetron nyaingin Zaskia Adya Mecca *mulai berlebihan* hahaha…

      Kagum apanya? Justru aku agak telat ya make jilbabnya😛 Aku malah kagum sama yang udah sadar mau pake jilbab dari waktu umurnya lebih muda dari aku *lirik Sita*

  5. Ah saya berurai air mata baca tulisan ini. Gw waktu itu mutusin pokoknya tgl 1 agustus 2010 harus pake jilbab, and i just did.
    Semoga dg jilbab ini, kita bisa jadi muslimah yg lebih baik lagi dlm beribadah dan bersosial, amin.

Leave a Reply

