Strawberry Granola Bars


Akhirnya udah hari Jumat juga🙂 Sebetulnya weekend gue dimulai lebih cepat, soalnya kemaren lagi iseng pengen makan di Sutos dan pas masuk kok penuh juga ya? Jadi berasa udah weekend dari kemaren. Heran gue, apa semua orang udah ga sabar pengen weekend makanya pada keluar semua ya. Anyway, kita di sana sampe sekitar jam 10an, itu Nara udah ngantuk banget kayaknya berkali2 nguap. Begitu pulang dia pun langsung tidur di mobil, setelah nyampe rumah diangkat ke kamar juga ga kebangun.

Jam 330 pagi Imron tau-tau ngomong (dengan suara campuran dari heboh sekaligus ngantuk) kalo Nara pup dan udah blepotan aja ke mana-mana! Maap ya ini agak jorok, tapi buat yang punya anak diharapkan bisa mengerti situasinya hahaha… Bangun deh kita pagi-pagi buta, Imron sibuk di kamar mandi sama Nara sementara gue sibuk ganti sprei. Setelah bersih anaknya pun segar bugar dan minta susu sambil main puzzle.

Sambil nemenin Nara minum susu gue udah mikir mendingan gue baking aja daripada gue manyun. Jadi lah Nara main sendiri dan gue nyiap-nyiapin bahan sama peralatan baking. Gue udah tau mau nyoba bikin granola bars, gara-gara Imron doyan makan ginian dan kalo beli yang enak harganya mahal! Bayangin aja, masa sih benda seiprit gitu harganya 15rb, kebangetan dong. Padahal tinggal nambah dikit bisa buat beli rolled oats setengah kilo dan bisa dipake bikin granola bars 3 resep! Eh gila gue pake tanda seru mulu, galak banget ya gue kalo menyangkut uang😀

Dari beberapa resep granola bars yang gue dapet, menurut gue ini yang paling layak dicoba. Bikinnya gampang banget dan gue suka karena di resepnya ada 2 takaran: pake cup dan gram. Enak deh gue ga usah buka-buka converter lagi🙂 Resep aslinya pake selai raspberry, awalnya gue udah mo beli selai supaya sama kayak resep tapi ritdar (irit radar) gue menyala dan langsung tercetus ide brilian untuk bikin strawberry compote aja.

healthy snack

Strawberry Granola Bars
Sumber Technicolor Kitchen

Bahan:
– 3/4 cup atau 168 gram unsalted butter, lelehkan, dinginkan
– 1 cup atau 110 gram sliced almond
– 1 1/2 cup atau 210 gram tepung serba guna
– 1 1/4 cup atau 143 gram rolled oats
– 1/3 cup atau 67 gram vanilla sugar
– 1/3 cup atau 58 gram palm sugar
– 1/2 sdt garam
– 1/2 sdt baking soda
– strawberry compote

Cara membuat:
– panaskan oven lalu panggang almond hingga wangi dan kecoklatan (sekitar 5 menit) lalu dinginkan
– alasi loyang 20×20 dengan alufoil, sisakan foil untuk pegangan (melebihi loyang)
– campurkan tepung, oats, vanilla sugar, palm sugar, garam, baking soda, dan almond yang sudah didinginkan
– tambahkan butter leleh dan campur hingga rata
– ambil sekitar 2/3 adonan, taruh di atas alufoil dan tekan hingga padat
– tuang strawberry compote di atasnya, ratakan
– tuang sisa adonan, tekan sedikit supaya ga terlalu crumbly (ga usah ditekan sampai padat)
– panggang hingga kecoklatan (sekitar 40 menit)
– dinginkan, potong-potong sesuai selera

Strawberry Compote

Bahan:
– 1 pak strawberry, cuci bersih lalu potong jadi 2
– 3 sdm air matang atau air jeruk
– 2 sdm vanilla sugar

Cara membuat:
– campurkan semua bahan, panaskan di atas wajan sambil sesekali diaduk
– jika strawberry mulai lunak, tekan-tekan dengan sutil agar hancur sebagian (atau bisa juga setelah matang diblender sebentar)
– panaskan hingga air berkurang dan mengental, matikan api

Emang agak ribet sih karena harus bikin compote dulu baru bisa bikin granola bars, tapi ini bisa dicicil kok. Gue bikin compote kemaren malam dan gue simpen di kulkas, sebelum baking baru gue keluarin supaya ga terlalu kaku. Dan sebetulnya kalo lagi punya selai strawberry/raspberry lebih gampang langsung pake selai aja, kebetulan yang di rumah selainya baru aja tamat riwayatnya.

Oya, beberapa catatan dari gue:
– vanilla sugar itu bisa diganti sama gula pasir biasa, gue aja yang kecentilan karena abis bikin vanilla sugar😀
– waktu ngeratain strawberry compote di loyang, kalo bisa compote-nya jangan kena alufoil soalnya jadi agak lengket setelah matang
– untuk compote, gulanya masih bisa ditambah lagi soalnya dengan gula 2 sdm jadinya cenderung asam

Abis ini gue pengen nyari resep granola bars yang lain, pengen yang pake madu. Ada yang punya resep yang bisa dicoba?

16 thoughts on “Strawberry Granola Bars

  1. radar irit lo ckckck.. jangan2 itu alesan chemistry diantara kitah *halah jadi mendadak dangdut!* hahaha

    keren itu si granola bars, nampak meyakinkan bgt! resepnya friendly yah, ga pk yg segala rupa bahan yg susah dicari (baca: berat di kantong). btw, enak ga? ko lo ga review rasanya sih? (apa mata gw siwer yah?

    • Gue yakiiin ritdar itu memang penyambung keakraban kita!!😀

      Sebetulnya gue udah nulis rasanya enak, tapi gue apus lagi gara2 takut dibilang terlalu membanggakan hasil masakan gue hahaha… Kalo kata Imron sih, lebih enak daripada yang beli🙂 Gue jelas setuju sama statement ini, irit soalnya!!
      Powered by Telkomsel BlackBerry®

    • Awalnya teksturnya agak crunchy, tapi abis itu mulai ke chewy soalnya mulai lembab kali ya… Tapi tetep enak kok, beneran deh aku aja doyan hihi… Ntar/besok malem mo bikin lagi🙂

      Rolled oats merk Country Choice, harganya 20rb isi 500 gram. Ada juga merk The Muesli Company harganya 90rb isi 500/600 gram -> udah jelas ini ga aku ambil hahaha…

      • wah.. sepertinya aku akan hunting merk country choice ini aja, penasaran deh… eh tapi banyak resepnya mba otty yg aku mupengin tp belum dipraktekin *tutup muka*😛

    • Sebetulnya itu sama2 oat, cuma jenisnya beda. Proses pembuatan rolled oat katanya lebih “pendek” daripada proses pembuatan oat yang merk Quaker (ga tau jenis apa tuh ya), dan konon lebih alami. Kalo dibandingin butiran2 rolled oat lebih besar daripada Quaker oat, tapi sama2 bisa dipake buat granola bars kok🙂
      Powered by Telkomsel BlackBerry®

  2. Mb Otty mau nanya donk…kalo sliced almond apa ya??
    tepung serba guna contohnya tepung apa ya
    rolled oats yang ini apa ya untuk lebih sederhananya
    trims mb otty atas infonya

    • Sliced almond itu almond yang udah diiris2, biasanya ada di toko bahan kue. Rolled oat bisa diganti oat biasa yang merk quaker/merk lain. Tepung serbaguna merknya segitiga biru.

  3. mbak boleh bagi info ga TBK yg juak sliced almond and rolled oat, soalnya di TBK deket rumahku ga jual.. makasih sebelumnya

Leave a Reply

