Pola Makan Anak


Seperti ibu-ibu lainnya, salah satu hal yang jadi pikiran gue adalah pola makan anak. Gue bukan penganut kepercayaan ”anak kecil harus gendut” tapi gue percaya bahwa ”anak kecil harus sehat”, gendut atau kurus bisa dipengaruhi sama faktor genetik atau pola makannya. Karena tujuan gue adalah ”Nara harus sehat” jadi gue lumayan rajin baca-baca referensi tentang pola makan sehat.

Waktu anak mulai makan biasanya yang jadi dilema itu apakah anak akan dikasih sayur dulu, buah dulu, atau serealia dulu. Baca sana-sini, katanya buah memiliki molekul yang paling mudah dicerna sama tubuh anak dan gue pun ngasih buah untuk makanan pertamanya Nara. Apakah gue ga takut Nara jadi ga mau makan sayur/serealia yang cenderung tawar karena udah kenal buah duluan yang rasanya cenderung manis? Jawabannya: ga. Simple aja, gue dulu pertama kali makan dikasih pisang sama nyokap gue, dan lihatlah gue sekarang, sama sekali ga susah makan justru yang susah itu berhenti makan😀 Jadi menurut pendapat pribadi gue, aman kok untuk ngasih buah ke anak sebagai makanan pertamanya. Tentunya pendapat tiap orang bisa beda-beda ya…

Setelah Nara makin besar, gue makin bingung ngatur makanannya. Kalo dulu cuma makan 3x per hari, mulai umur 1 tahun Nara makan 5x per hari termasuk cemilan dan ini masih ditambah susu. Gue pikir karena frekuensi makannya udah banyak, susunya bakal berkurang dong. Ternyata ga juga, justru makannya makin banyak dan minum susunya tambah seru. Gue takut banget Nara obesitas tapi bingung juga gimana ngebatasin makanannya soalnya dia gelisah kalo kelaperan. Bayangin aja kalo kita laper pasti ga enak kan, anak kecil juga sama.

Akhirnya gue mikir, gpp Nara sering-sering makan asalkan makanan yang masuk masih gue kontrol dan aktivitasnya banyak supaya bisa ngebakar kalori yang masuk. Jangan sampe udah makan banyak, trus karena badannya keberatan jadi malas gerak, tapi karena udah terbiasa makan banyak maunya makan terus dan hasilnya berat badannya naik lagi dan tambah susah gerak. Kayak lingkaran setan ga sih kalo begitu? Dan karena gue percaya pola makan itu kebiasaan, gue maunya Nara punya pola makan yang bagus dari kecil supaya ini bisa dibawa terus sampe dia besar nanti.

Biasanya Nara ”makan besar” 3x per hari: sarapan (granola/telur orak-arik/dsb), makan siang, dan makan malam. Untuk cemilannya dikasih 2x: yogurt + air jeruk buat pagi, buah + air jeruk buat sore. Kadang kalo lagi bikin muffin/cupcake dikasih lagi semaunya dia (paling makan 1-2 aja sih), atau bisa juga pas gue lagi bikin pudding ya dikasih itu aja buat cemilan. Oya, gue ga terlalu ketat sama cemilan. Kalo pas kita lagi makan kacang atom dan Nara minta, ya dikasih aja asal ga terlalu banyak. Toh ga tiap hari dia makan kacang atom. Yang bikin gue agak kuatir itu justru jumlah susu yang diminum Nara tiap hari, per hari dia bisa ngabisin 800 ml – 1 liter. Kayaknya kebanyakan sih dibanding rata-rata batita lainnya, tapi karena nafsu makannya ga terganggu ya udah gue biarin aja.

Bahan makanan yang gue pilih buat Nara bukan selalu yang mahal-mahal atau import kok  Tempat belanja favorit ya di pasar komplek gue, biasanya sebagian besar bahan makanan yang gue butuhkan ada di situ mulai dari ayam kampung, telur, brokoli, bayam, tahu, dll. Kadang-kadang kalo lagi pengen beli labu yang namanya keren itu ya gue beli di supermarket, tapi biasanya gue kasih apa yang ada di pasar aja hehehe… Gue bukannya pelit, tapi menurut gue tindakan gue realistis. Karena kita tinggal di Indonesia, sewajarnya kita ngasih bahan makanan yang gampang didapat di Indonesia. Kalo misalnya gue tinggal di Timbuktu, ya pasti gue bakal nyari bahan makanan apa yang ada di situ buat dimasak.

Karena ART di rumah masakannya kurang oke, sampe sekarang gue masih masak sendiri baik buat gue dan Imron atau buat Nara. Kalo makanannya lagi child friendly, ya udah gue kasih sekalian buat Nara. Kayak semalam gue masak mi goreng, Nara ternyata doyan banget dan ikut makan lagi waktu kita makan malam, jadi sebagian gue simpan buat jatah makan dia hari ini.

Supaya ga sibuk masak tiap hari, biasanya gue masak heboh pas Sabtu-Minggu dan gue masukin kulkas. Misalnya gue buatin sop, kari sapi, pastel tutup dalam jumlah agak banyak. Nanti ngeluarinnya diatur jadi kesannya tiap hari menunya beda-beda. Dulu sih gue masih sanggup masak tiap hari tapi semenjak gue doyan baking rasanya tak sanggup kalo harus gitu lagi, kan gue harus bagi waktu sama baking juga. Oya, gue ga nyusun menu mingguan/bulanan, pokoknya gue liat aja apa yang lagi ada di kulkas dan itu yang gue olah. Pernah nyoba nyusun menu, duh begitu eksekusi kok masakan yang jadi menyimpang dari menu semua ya hahaha… Jadi daripada gue buang-buang energi untuk nyusun menu yang ga gue ikutin mendingan gue main puzzle sama Nara.

Gue ga tau sih pola makan kayak gini udah yang paling bener ato ga, patokan gue selama anaknya terlihat lincah dan sehat (tentunya nanya pendapat dokter tiap imunisasi juga, dan alhamdulillah dokternya selalu bilang Nara sehat), then I must be in the right way. Gue paling malas ngebanding-bandingin porsi makan karena porsi makan itu tergantung anaknya kan? Kalo aktivitasnya banyak, ya banyak makannya (per 1x makan), kalo aktivitasnya ga terlalu banyak ya seharusnya kebutuhan kalorinya ga terlalu banyak dan makannya sedikit. Makanya suka bingung kalo ditanya temen gue ”anak lo makannya banyak ga?” biasanya gue jawab ”cukup”, terlepas dari jumlah yang dimakan seberapa tapi gue yakin itu cukup untuk memenuhi kebutuhan kalori dan gizinya tiap hari.

Mudah-mudahan Nara bisa sehat terus ya nak, trus ntar kalo udah besar jangan sampe kebanyakan makan MSG kayak bundanya😀

2 thoughts on “Pola Makan Anak

    • *ngitung paragraf* Oh yang itu maksud lo😛 Tiap orang beda2 sih pandangannya, ya terserah aja karena tiap ibu kan tau mana yang terbaik🙂 Kebetulan menurut gue yang terbaik adalah… sehat, murah, mudah didapat. Ritdar rules!😀

Leave a Reply

