Choco Malt Muffin


Pengakuan dulu nih, gue blom makan muffin ini sama sekali. Kalo adonannya sih udah nyolek dikit, soalnya tadi pas masukin ke loyang gue lupa kalo gue lagi puasa😀 Adonannya sih enak, makanya berbekal colekan-tak-sengaja itu plus review dari Imron (dan Nara), gue berani naro resepnya di sini.

Resepnya gue utak-atik dikit dari resep strawberry cream cheese muffin di sini, gue suka banget tipe muffin yang banyak butter dan susunya makanya mo ngambil resep itu aja. Sebagian orang ga suka sih muffin yang kayak gini, katanya “kurang muffin” dan “kayak cupcake” tapi itu tergantung selera lah ya… Oya, buat yang mo nyoba resep strawberry cream cheese muffin yang gue kasih linknya tadi, please please please jangan tambahin vanilla essence/powder ke dalam campuran cream cheesenya karena rasanya jadi pait parah. Gue masukin 1 sdt vanilla essence (resep aslinya 1 sdm) dan muffinnya ga bisa dimakan😦 Yes, 18 warm muffins gone to waste bin. Emang harusnya gue ngikutin kata hati (haiyah) aja, awalnya gue udah ga mau nambahin si vanilla essence. Ga tau sih kalo pake vanilla extract beneran rasanya bakal enak ato ga, kayaknya enak sih soalnya itu yang tertulis di resep asli. Yah gue anggap aja itu pengalaman, yang memakan biaya 1 resep hehehe… Lain kali gue bakal bikin lagi si strawberry cream cheese muffin tapi ga pake vanilla di campuran cream cheesenya.

Waks pembukannya udah panjang sampe ngomongin resep lain, jadi gue mulai ngomongin resep choco malt muffin aja deh…

Tadi pagi gue kebangun jam 4 kurang dan nyari-nyari apa yang bisa dijadiin makanan sahur, karena males makan akhirnya gue minum susu doang. Abis sahur gue kepikir untuk tidur lagi (udah siap-siap selonjoran di kasur) tapi kok kasian sama Imron dan Nara ga punya makanan buat sarapan, akhirnya gue bangun lagi dan nyiapin bahan muffin. Pengen bikin muffin coklat tapi ga mau pake coklat bubuk yang ada di dapur (IMO rasanya aneh, ga bakal beli merk itu lagi) dan maunya pake susu coklat. Kadang suka bingung sih ngeliat resep pancake/muffin coklat kok ga ada yang pake susu coklat ya, pasti susu plain semua. Berbekal kesuksesan pancake ini, gue mikir mau pake susu coklat buat muffin coklat. Abis itu mikir lagi takut rasanya kurang “nyoklat” kalo mengandalkan rasa coklatnya susu, eh inget masih punya Milo 3 in 1 di dapur dan gue putuskan untuk pake itu buat tambahan🙂 Sebetulnya gue udah penasaran banget sama choco malt cake tapi selalu males bikinnya, gpp deh dimulai dengan choco malt muffin aja.

Choco Malt Muffin
Untuk 11 buah muffin diameter 9 cm

Bahan:
– 1 cup tepung serba guna
– 1/4 cup vanilla sugar
– 1 sdt baking powder
– 1/4 sdt garam
– 1/2 cup susu coklat
– 1/4 cup unsalted butter, lelehkan
– 1 butir telur
– 1 sachet Milo Original 3 in 1
– almond atau white choco chip (optional)

Cara membuat:
– campur tepung terigu, vanilla sugar, baking powder, garam, dan Milo
– di wadah terpisah campur susu coklat, mentega leleh, dan telur, aduk
– tuang bahan basah ke dalam wadah bahan kering, aduk
– tuang adonan ke dalam loyang, taburi white choco chip atau almond (gue pake almond)
– panggang selama 20 menit di dalam oven yang sudah dipanaskan (putar loyang setelah 10 menit pertama)
– dinginkan sebentar di atas cooling rack lalu muffin pun siap dimakan🙂

Testimonial dari Imron dan Nara (anak ini belum bisa ngomong tapi dia ga nolak si muffin) katanya enak🙂 Barusan gue ngasih ke temen gue juga katanya oke, manisnya pas dan Milonya terasa. Selamat mencoba dan semoga suka!

8 thoughts on “Choco Malt Muffin

  1. Td nyari2 resep muffin yg ada milonya mampir kesini deh jadinya..besok mau coba aah..kebetulan bhn2nya ada d rmh smua..◦†нªηк’s ..◦°◦ºº yah🙂
    Btw mak..dirimu yg memposting resep cochomelt brownie di urbanmama kan?aku pnh coba 1x berhasil tp berikutnya nyoba 2 kali selalu jdnya keras..apa yg salah yah?pdhl yg pertama berhasil dan enaak..kok nyoba 2x brikutnya gagal trus (-̩̩̩-͡ ̗̊–̩̩̩͡ ) pdhl lg pgn cochomelt brownie

    • Kalo takut Milonya kurang berasa, ditambahin aja 1 sachet lagi. Tapi emang warnanya ga bisa coklat banget kayak kalo kita pake coklat bubuk.

      Kenapa ya browniesnya gagal, padahal biasanya itu anti gagal lho. Coba dicek ini:
      – telur masih dingin dari kulkas ato ga? kalo bisa dikeluarin sekitar 1 jam sebelumnya atau direndem pake air anget supaya ga dingin lagi.
      – oven udah panas ato belum? biasanya aku panasin minimal 15 menit sebelumnya baru dikecilin pas adonan dimasukin, nanti browniesnya jadinya bagus ada lapisan tipis di atasnya.

      Mudah2an sukses ya🙂 Sama dong lagi pengen choco melt brownie juga, kemaren udah ngeborong bahan2nya hihi…

  2. Terlihat enak. Ah kalo Otty yg masak mah enak mulu kayanya hahaha…jiyeee pantes Om Imron cinteee, kan kata orang cinta itu dari perut turuh ke hatiiii.

  3. Ih klo nara (gw) udah bisa baca dan baca postingan lo ini, pasti dia minta bikinin deh…soalnya pake milo🙂

    Dan mungkin akan kujawab, “nanti lebaran tante otty mau ke jakarta kok…minta sama tante otty aja ya kak”

Leave a Reply

