Hampir Dua Tahun


Ahay, sebentar lagi Nara ulang tahun yang ke-2!🙂 Kalimat klise andalan sejuta umat adalah “ga kerasa yaaaa” dan memang menurut gue ga kerasa sih, kok tau-tau anak gue udah mo ABG aja (oke, ini berlebihan).

Gue masih inget waktu masih cuti melahirkan dan di rumah berdua aja sama Nara, dulu dia tidurnya nyenyak banget kalo ditaro di atas bantal. Jadi kalo abis breastfeeding biasanya gue taro bantal di paha gue (kaki selonjoran) dan Nara di atas bantal itu, sementara gue santai-santai nonton TV. Dulu dia selalu bangun 2 jam sekali untuk breastfeeding (termasuk kalo tidur malam), kecuali setelah jam 4 pagi dia bisa bablas sampe jam 8 (apalagi kalo ditaro di atas bantal!). Lama-lama bantalnya mulai kekecilan buat dia karena badannya tambah panjang, kalo sekarang sih bantalnya udah bisa diseret-seret dan dilempar-lempar😀

Inget banget dulu gue musuhan sama growth chart karena berat badan Nara selalu jauh di atas rata-rata sampe akhirnya gue memutuskan untuk ga ngeplot BB Nara di GC lagi. Salahkah keputusan itu? Kalo dari sisi medis mungkin iya karena gue “menghilangkan” catatan pertumbuhan Nara, tapi gue liat anaknya alhamdulillah baik-baik aja jadi gue ga menyesal ga ngeplot BBnya di GC (walopun kayaknya ga bakal gue ulangin untuk anak selanjutnya dan dokter-dokter anak bakal marahin gue nih). Waktu Nara umur 10-11 bulan akhirnya penambahan BBnya melambat, Nara mulai masuk ke daerah “rata-rata” dan gue lega banget🙂 Buat ibu-ibu yang punya anak dengan BB kurang, tolong jangan anggap anak dengan BB berlebih ada di kondisi yang lebih baik ya, seriusan itu deg-degan juga takut anaknya kenapa-kenapa. Memang bener kata lagu dangdut, mendingan yang sedang-sedang saja hahaha…

Waktu umur 11 bulan Nara juga dibilang agak “terlambat” perkembangannya karena belum bisa tepuk tangan sampai mau dikasih vitamin supaya cepat bisa tepuk tangan😉 Dulu tiap gue tepuk tangan, Nara pasti megangin tangan gue supaya gue berhenti (kayaknya dia ga suka denger orang tepuk tangan) jadi ya mungkin itu sebabnya dia agak telat tepuk tangannya – dokternya ga nanya sama sekali gue udah ngapain aja untuk stimulasi tepuk tangan, malah dia bilang gue ga boleh denial karena kalo stimulasinya cukup harusnya anaknya udah bisa tepuk tangan. Vitaminnya ga pernah gue tebus, si dokter ga tau kalo abis itu Nara jago bener tepuk tangan dan sekarang mulai bisa nyanyi🙂

Yup, Nara lagi belajar nyanyi lho🙂 Lagu favorit dia “cicak-cicak di dinding”, suka banget nyanyi itu walopun lafalnya masih belum jelas. Selain itu dia juga suka “tik tik bunyi hujan” tapi liriknya baru sampe bagian “tik tik tik” doang alias sisanya dia nyuruh kita yang nerusin😀 Gpp, gue percaya lama-lama dia juga bisa nyanyi dengan lengkap, one song at a time…

Satu lagi hobi Nara selain nyanyi: baca buku. Buku-bukunya kucel semua karena selalu dibalik-balik dan “dibaca”. Paling bingung kalo udah ngantuk tapi anaknya masih ngotot minta dibacain buku, sampe pernah lho gue bilang “Nara baca sendiri aja ya” dan gue ketiduran gara-gara ngantuk berat. Maafkan daku anakku, tapi ketahuilah bahwa bunda juga manusia yang bisa cape dan ketiduran hehe… Buku favorit sejak 6 bulan yang lalu masih dipegang oleh “Benjamin Bear – Bilang Selamat Malam”, entah kenapa. Padahal buku Benjamin Bear juga gue beliin judul yang lain, tapi dia paling suka yang ini. Nara tau lho kalo kita ceritanya disalah-salahin, misalnya kita tambahin ceritanya dia bakal marah dan nangis jadi yang bacain dilarang berimprovisasi😀 Oiya jadi inget, selain Benjamin Bear dia juga suka banget bukunya Annabel Karmel dan kalo liat foto-foto makanannya dia langsung ngomong “aaeeemmm” kayak keenakan gitu. Aneh deh batita kok sukanya baca buku resep, tapi gue jadiin ini motivasi supaya rajin-rajin latian moto makanan supaya hasilnya keren kayak di buku🙂 (ngomong doang kagak jalan-jalan hihi payah).

Buat ulang tahun Nara yang tinggal 2 minggu lagi ini, gue ga ada rencana untuk bikin pesta terutama karena gue ga suka pesta😀 Gue suka makan-makan, tapi menurut gue ini definisinya beda sama pesta. Yang ada di bayangan gue pesta itu lebih “rame” daripada makan-makan, ga tau deh definisi gue bener ato ga ya. Yang jelas gue bakal bawa makanan ke kantor pas Nara ulang tahun, semuanya bikin sendiri supaya orang-orang tau kalo gue bisa masak! Ga deng, alasan utamanya ya supaya irit hahaha…

Anyway, I don’t need a party, big cake, lots of gifts. Asalkan Nara bisa tumbuh jadi anak yang sholeh, cerdas, sehat dan gue + Imron bisa jadi orangtua yang membanggakan buat Nara, rasa senangnya udah jauuuuuh ngelebihin senangnya pesta🙂

22 thoughts on “Hampir Dua Tahun

  1. Nara bayi mmg gemmmbul Bobo Ho lookalike Ty..skrg dia langsing krn lincah ya?😀 anyway selamat ulang taun Narbullll, nanti di Jkt kt makan2 bareng yaaaaa!

  2. Tadi baru ngobrolin Nara juga, duh jadi tambah kangen Nara. Masih keiinget mukanya dia pas ayahnya bacain Benjamin Bear itu, penuh konsentrasi. Takut banget ceritanya bakalan disalah salahin🙂

    **Mmummah..sun jauh dari Tante Hildha ya sayang**

    • Dia galak banget lho kalo kita ngasal ceritanya, langsung ngomel2 hihi…

      Tante Hildha bentar lagi balik kan? Oleh2 sate padang ya dari Padang sana (ini sih emaknya yang pengen)😉

  3. Nara … main bareng yuk. ajarin dong gimana caranya konsentrasi biar bs lamaan dikit baca bukunya ..

    ah.. udah bulan Juli aja. Asa baruu aja kemarin. acaranya cuma makan2 sekeluarga trus beli otopet roda 3😛 ..

    • Waa Asa juga baru ulang tahun ya? Selamat ulang tahun kakak Asa yang selisih beberapa hari🙂 Samaan nih, nanti mo bikin makan2 abis Lebaran deh, mumpung lagi di Jakarta bisa ketemu sama tante/omnya + sepupu2nya Nara🙂

      Eh ayo kita main sepeda bareng!! Pasti heboh hehe…

  4. LOL… langsung ngikik pas baca bagian : batita suka baca buku resep..😀
    cupcup buat Nara ya, happy birthday juga, semoga doa-doa emaknya untuk Nara terwujud..

  5. huahuauahauaa vitamin buat bisa tepok tangan boooookkk, besok ada vitamin biar bisa nyanyi, nari…cihuy deh dokternya
    wah nara jago baca ya nak, emaknye buruan sering2 jus wortel ya, biar kalo nara udah gede ga perlu lasik kayak emaknye, plus kalo suka baca annabel karmel itu berarti emang bakat dari sono, passion nya makan loh yaaaa…
    oh iya persiapan ulang taun apaan inih, menu2 udah blooommmm…. selamat menjelang 2 taun mas naraaaaa…

    • Gue rasa yang harus ada tuh vitamin supaya jago nyetir ya ga sih? Buat orang2 yang nyetirnya sembarangan trus bikin jantungan.

      Heh kalo suka baca buku resep itu berarti passionnya jadi chef ternama kayak Om Gordon, kok dibilang passionnya makan gimana sih kamuuuu😀 Ntar menu gue konsultasi sama elo deh, mungkin buat camilan gue sediain keripik maicih 1 ember aja ya biar murah😛

  6. Salam kenal otty. Halo nara, salam kenal dari zikra dan fatha.

    Masa sih dokternya begitu? Mau masa ada vitamin bt cepet tepuk tangan? Hahaha agak gila gue bilang, beruntung nara gak sempet nyicip vitaminnya hihi.

    Dulu zikra jg sering bikin gue deg2an nungguin perkembangannya. Tapi memang pasti ada waktunya ya. Zikra dan adenya jg beda perkembangannya. Kl zikra duluan mulai ngomong, adenya duluan mulai jalan. Tapi nikmati sajalah, karna tau2 anak itu udah gede aja dan pinter sendiri. Sehat2 slalu ya nara🙂

    • Hai hai salam kenal juga🙂

      Haha beneran lho itu gue dikasih resepnya, pesennya gini “ibu ada ngasih vitamin buat anaknya? kalo ada berarti selang seling, hari ini vitamin biasa besoknya vitamin ini. kalo ga ada vitamin lain ini dikasih tiap hari, ini bisa bikin cepet tepuk tangan” ahuahahaha… Hampir nyeletuk “dok, ada vitamin cepet kaya ga sih? kalo ada saya mau 3 dosis ya”😛

      Iya katanya kakak-adek aja dari hamil bisa beda ya, pas udah lahir pasti bisa beda juga. Bener sih menurut gue asalkan kita udah usaha stimulasi insya Allah semua bisa pada waktunya🙂 Salam buat Zikra & Fatha🙂

  7. Kalo diliat2 perkembangan Nara sama Kai mirip2 loh Ty. Kai baru bisa tepuk tangan pas umur setahun kurang beberapa hari. Waktu itu ngomong juga blon bisa samsek. Sekarangpun lagi belajar nyanyi cicak tp cuma bisa bagian “titak titak….” sementara gue baca blog anak2 lain ada yang udah lancar nyanyi.

    Untungnya di kehidupan nyata gue ga ada pembanding (standar ibu2 kesepian temennya sedikit) jadi gue gak terlalu cemas. Dan pas diperiksa sama bidan pun untungnya lancar2 aja, mgkn di sini standarnya lbh rendah kali ya dr Indonesia. Kai blon bisa apa2pun msh dibilang normal.

    Btw, plotting growth chart bukannya tugas dokter/bidan ya? Gue ga pernah loh. Tp gue tau si bidan punya grafik growth chartnya Kai di kompi-nya, tiap check up dia liatin ke gue dan gue tinggal angguk2 aja.

    • Tuh kan berarti Nara sebetulnya gpp dong? Cuma dokternya aja yang lebay ya.. Sama banget Nara juga baru nyanyi sepotong2, sisanya pake bahasa dia sendiri yang agak jauh dari bahasa aslinya. Tapi gue seneng banget at least dia udah “bunyi” dibanding dulu. Mungkin bisa ketemu Kai dan minta diajarin bahasa sono?😀

      Di sini kan masih semi tradisional, plotting ke buku bukan komputer jadi biasanya bukunya gue tinggal dan ga bisa diplot😛 Abis itu baru di rumah gue plot sendiri, dan memang betul kalo beratnya Nara kelebihan (kayaknya setipe sama Kai ya bunder2nya).
      Powered by Telkomsel BlackBerry®

  8. gue juga bukan tipe orang yg suka bikin pesta, tapi kalo ngumpulin orang utk makan-makan dirumah, gue seneng… makanya rumah gue di bremen penuh sama student (tau sendiri, student cinta makanan gratisan, hehehehe)
    buat gue, ngumpul sambil makan itu udah surga banget, dan yg penting gak perlu pake baju ribet😀

    eh sampe lupa… naraaaaaaaaaaa.. kapan dong kita ketemuan, main bola sama kareem dan berburu cicak sama-sama😉

    • Kalo makan2 gue juga suka banget, Fa. Emang menurut gue “kesan”nya beda sih antara makan2 dan pesta, gue prefer makan2🙂 hhWah jangankan student, gue kalo diajak makan2 sama elo juga langsung mau kok hihihi…

      Wah iya berburu cicak!! Kegiatan yang paling dinanti Nara tuh, kalo gue pulang ngantor dia heboh ngajak keluar untuk nyari cicak😀 Ayo Kareem main bola sama Nara juga, pasti seruuu…

  9. eh gw baru tau Ty kalau tepuk tangan itu bagian dari salah satu milestones pencapaian anak yg harus dipantau. :p Emak dodol daku inii..

    Agak cengar-cengir pas baca elo memusuhi GC krn Nara malah terlalu chubby.. hihihi… benar, Dangdut memang the music of my country yaaa.. sedang2 saja. wakakakakakk..

    • Gue pun baru tau kalo tepuk tangan, dadah, itu termasuk milestones. Namanya apa ya, kemampuan sosial kalo ga salah. Tenang aja, you are not alone dalam hal kedodolan ini😀

  10. hahahaha, gue inget tuh cerita vitamin tepuk tangan! ih, tapi beneran deh, ga kerasa kalo nara udah mo 2 taun ya… hu hu hu. biasanya, kalo anak udah 2 tahun, pertanyaan berikutnya: “kapan mo punya adik?”😛

    • Nyokap gue udah heboh nanyain, sementara mertua gue malah sibuk nahan2, katanya kasian kalo Nara kecepetan punya adek😛
      Powered by Telkomsel BlackBerry®

Leave a Reply

