Green Tea Pound Cake


Ga sengaja nemu resep pound cake pas lagi browsing dan gue pun tertarik untuk nyoba. Dulu pas SMA gue dikenalin sama pound cake buatan Maxim’s sama temen gue Echa, gue suka banget makan pound cake itu dan bisa ngabisin setengahnya sendirian. Nah, gara-gara inget kebiasaan itu gue jadi penasaran pengen bikin pound cake sendiri. Demi memori masa muda (halah) gue pun bertekad bakal bikin pound cake.

Sebetulnya gue punya beberapa resep, tapi pas lagi milih-milih resep mana yang mau dicoba kok gue malah pengen bikin green tea pound cake. Nyari lagi dan gue nyampe ke blognya Elsye, pas banget dia punya resep green tea pound cake. Gue liat bahan-bahannya sama aja kayak pound cake biasa (cuma ditambah bubuk green tea) tapi cara membuatnya agak ribet karena putih dan kuning telurnya dipisah. Rada males sih, tapi karena terlanjur penasaran akhirnya gue niatin juga untuk bikin.

Resepnya gue modifikasi sedikit di jumlah gula dan tepung + green tea yang diayak karena green tea yang gue pake agak “lengket” dan lebih gampang dicampur kalo sebelumnya diayak dulu.

Green Tea Pound Cake
Sumber: Milk and Honey Cafe via Elsye – Sarang Japati

Bahan:
– 2 cup tepung serba guna
– 2 sdt baking powder
– 2 sdm bubuk green tea
– 1 1/4 cup gula pasir
– 5 butir telur, pisahkan putih dan kuningnya
– sejumput garam
– 1 cup butter, suhu ruang

Cara membuat:
– ayak tepung dan bubuk green tea lalu campurkan dengan baking powder, aduk rata
– kocok butter dan gula pasir hingga halus dan mengembang
– masukkan kuning telur satu demi satu, aduk rata
– matikan mixer, tuang campuran tepung ke dalam campuran butter dan aduk-balik (fold) menggunakan spatula
– tuang garam ke dalam putih telur, kocok dengan kecepatan sedang hingga berbusa lalu kocok dengan kecepatan tinggi hingga mencapai kondisi soft peak
– tuang kocokan putih telur ke dalam adonan lalu aduk-balik hingga tidak ada putih telur yang terlihat
– tuang adonan ke dalam loyang 9×5 in yang sudah dialasi dengan baking paper, ratakan atasnya
– panggang dalam oven yang telah dipanaskan selama kurang lebih 1 jam atau hingga cake tester yang ditusukkan bersih dari remah (pengalaman gue tadi, kalo udah matang bagian tengah pound cake akan naik lebih tinggi daripada pinggirnya)
– dinginkan selama 10 menit di dalam loyang lalu keluarkan dari loyang dan dinginkan langsung di atas cooling rack

Begitu kue ini jadi, gue langsung pengen motong dan makan karena deg-degan takut kuenya kurang manis (gulanya gue kurangin cukup banyak). Untungnya gue masih bisa menahan diri dan kuenya gue dinginin dulu selama sekitar 20 menit sebelum akhirnya gue makan. Hasilnya ternyata enak, manisnya cukup kapan-kapan pasti gue bakal bikin pound cake ini lagi🙂

PS: Lengan gue pegel waktu nyampur tepungnya, berat!! BTW mixer Philips gue bergetar hebat waktu ngaduk 1 cup butter + gula, apakah ini pertanda gue harus ganti mixer dengan yang lebih oke?😀
PS lagi: Susah deh kalo mo nyoba foto-foto, anak nempel mulu (literally, Nara minta dipangku selama gue ngaduk adonan). Gimana caranya ya supaya bisa latihan moto?

9 thoughts on “Green Tea Pound Cake

  1. Ty, mixer itu mmg bergetar hebat kl lg ngocok.. Tp krn gw tau ini adalah #kode maka gw akan bilang: “ty, kynya mixer lo hrs diganti deh, kl butter n gula paling bgs pk kitchen aid” ahahaha..

    Btw, elo greenteaholic yah? Bikin gw jd senapsaran deh pgn nyoba

    • Hihi bukan Lei, ini getarannya parah sampe mangkuknya mo loncat. Biasanya gue pake ga begini2 amat karena cuma setengah resep, begitu nyoba 1 resep langsung deh. Tapi lo bener juga sih, ini memang #kode huahahaha…

      Sebetulnya ga terlalu green tea mania sih, cuma suka iseng nyoba karena gue masih punya persediaan bubuk green tea.
      Powered by Telkomsel BlackBerry®

      • gue pake bosch Rik.. asik juga, apalagi kalo bikin roti… mantep, gak perlu pegel ngaduk😀

        btw Ty, si Elsye jago motret tuh.. dia dan gue sama-sama admin Still Life Food Photography😀

  2. Gimana caranya biar bisa latihab foto ? itu dilema yg sama sejak Alma beranjak toddler😆 akhirnya tiap Alma bobo ato pas maen2 ma Baim gw puas2in masak & moto hihii.

    Gw suka bgt pound cake ! Bikinnya gampang & rasanya nyummeh, tipe2 kueh buat temen ngopi2 & ngeteh😀 jadi kangen sama oven di jakarta ih..

    • Iyaaa kalo ada si bocah waduh kamera gue ditarikin disuruh ditaro, ga rela dia kalo gue merhatiin selain dia.

      Pound cake emang oke banget buat ngeteh ato ngopi🙂
      Powered by Telkomsel BlackBerry®

    • Eh pound cake gampang banget, malah menurut gue kemungkinan gagalnya lebih kecil daripada muffin ato cupcake yang bisa gagal ngembang. Cuma alatnya aja agak ribet, harus ada mixer ga bisa cuma bermodalkan whisker/sendok kayu.
      Powered by Telkomsel BlackBerry®

Leave a Reply

