Nyari Sekolah


Akhirnya hari itu datang juga… Hari di mana gue mulai serius nelfon beberapa kandidat sekolah buat Nara, dan nyatet berapa biaya pendaftaran dan biaya bulanan di situ sambil mulai ngebandingin mana yang lebih bagus. Dulu sih gue juga pernah nanya-nanya, tapi baru sepintas aja dengan pemikiran “toh masih lama”. Pernah nanya juga ke orang kantor, mana yang menurut mereka lebih oke tapi… gue lupa jawabannya apa😀

Beberapa kriteria sekolah idaman dari gue (ini untuk PG/KB):

  • Santai, lebih banyak “main-main pinter” daripada belajar serius
  • Bahasa pengantar Indonesia, bahasa Inggris gpp kalo buat selingan aja
  • Punya halaman luas buat tempat main anak
  • Berbasis pendidikan Islam

Di daerah rumah gue sekolahnya biasanya berbasis pendidikan Katolik/Kristen, dan bahasa pengantarnya Inggris. Padahal kalo diliat dari kualitas pendidikannya aja, gue yakin kok sekolah-sekolah itu bagus semua. Tapi sayangnya tetep ga nyambung sama kemauan gue hehe…

Sekolah-sekolah yang gue mau biasanya letaknya di sekitar kantor gue, sebetulnya ini berarti gue masih bisa ikut nganter Nara sekolah karena searah sama kantor tapi gue ngerasa rada kasian kalo anak kecil harus bangun dan berangkat pagi. Padahal kalo kata Imron sih, berangkat sekolah jam 06:30 itu normal buat anak umur 3 tahun. Normal ya? Gue masih ngerasa itu ga normal tapi diliat aja beberapa bulan lagi, masih ada waktu buat gue berubah pikiran (lagian gue memang harus berubah pikiran, calon sekolahnya jauh semua dari rumah).

Hari ini baru ada 3 sekolah yang gue cek dan belum berencana nambah lagi karena sregnya baru sama yang ini. Hasil baca-baca dan nanya-nanya bisa diliat di bawah, tapi ini masih biaya tahun ajaran 2011-2012 karena petugas sekolahnya belum tahu biaya untuk tahun depan berapa. Oya, biasanya pendaftaran mulai dibuka di bulan Desember-Januari.

Sekolah Alam Insan Mulia (www.insanmulia-sby.sch.id)

  • Biaya gedung: 4.000.000
  • Biaya formulir: 150.000
  • Biaya kegiatan: 650.000/tahun
  • Biaya sekolah: 270.000/bulan
  • Biaya seragam: lupa nanya

Al Hikmah (http://www.alhikmahsby.com)

  • Infak: 8.000.000
  • Biaya formulir: lupa nanya
  • Biaya kegiatan: 700.000/tahun
  • Biaya sekolah: 600.000/bulan
  • Biaya seragam: 600.000

Al Muslim (www.almuslim.or.id)

  • Biaya pangkal: 3.800.000
  • Biaya formulir: 250.000
  • Biaya kegiatan: 800.000/tahun
  • Biaya sekolah: 550.000/bulan
  • Biaya seragam: 250.000
  • Biaya buku/alat: 450.000

Dari sisi kurikulum, di SAIMS dan Al Hikmah masuk 3 hari/minggu dengan durasi tiap pertemuan sekitar 2.5 jam. Di Al Muslim kayaknya sih setengah hari, soalnya gue liat di web mereka jadwal kegiatannya sampe sholat Dzuhur dan tidur siang juga (belum gue tanya langsung). Sebetulnya gue lebih sreg yang sebentar aja ga usah sampe tidur siang segala, tapi mari kita liat nanti pas trial sambil memantau anaknya lebih suka sekolah yang mana.

Kalo ada yang punya info lagi tentang sekolah di Surabaya yang sesuai sama kriteria gue di atas, kasih tau ya…🙂

18 thoughts on “Nyari Sekolah

  1. Hehehee… samaan kita ribet dan ribut cari sekolah.

    Sharing aja niy Ty.. krn Raissa dititipin di daycare, tiap pagi dia berangkatnya jg jam 7, pas gw berangkat kantor. Jadi jam 6-an dia udah gw “guyur”.. Karena udah kebiasaan ya akhirnya, kadang dia yg minta sendiri lho mandi pagi, apalagi kalo gw sama Kris udah mandi juga. Tapi ya ada juga sih saat2 dia ga mau disuruh mandi… namanya jg anak keciill. Biasanya krn brgkt jam 7-an, Raissa salah satu yg sampai daycare nya siang. Teman-temannya dia ada yang udah sampai daycare jam 7, berarti brgkt nya pasti jam 6-an juga deh.. jd mungkin bisa sih bisa aja.. tapi kalau normal atau ngga nya.. hehehehe sepertinya kembali kepada sikon keluarga masing-masing kan.

    Good luck in school hunting.

    • Sebetulnya kayaknya ini lebih ke gue aja yang masih ga pengen anak gue udah tambah besar hahaha… Soalnya kalo urusan mandi, gue gpp sih dia dimandiin jam 6. Cuma rasanya kok anak gue udah besar banget, udah sekolah, gue kan masih menganggap dia kecil (ketekin aja terus, masa anak ga boleh besar) :p Yah gitu deh, ibu2 labil.

      Good luck juga buat Raissa🙂 Jadi masuk TK ato gimana nih?

  2. Sebelumnya mohon maaf ini bukan promosi, melainkan share dari saya ttg sekolah…

    dua anak saya bersekolah di SAIMS (sekolah alam), kelas 3 dan 4 SD..so far, saya masih yakin ini cukup bagus buat anak saya..
    dua tahun lalu, saya melakukan hal yang sama dengan anda, melakukan survey dan observasi tentang sekolah yang tepat dan baik. Akhirnya, kami memilih saims setelah melakukan pertimbangan yang lama dan berani.
    ada banyak hal yang saya nilai menjadi kelebihan SAIMS dibanding yg lain.
    – visi utama utk mengembangkan karakter dan nilai akhlak anak2, yang juga dijalankan dengan pendekatan alami, smooth, dan minim “paksaan”…tanpa sadar, lambat laun anak2 dibawa menuju karakter yang positif (jujur, berani, mandiri, percaya diri dan antusias)
    – melakukan pendekatan yang beragam dan unik thd tiap anak didik
    – berani untuk melakukan metode berbeda thd pelaksanaan kurikulum sekolah.

    Kami meyakini dan menilai, bahwa masa TK-SD adalah terutama utk masa pengembangan karakter dan penanaman nilai mulia (akhlak), dibandingkan prestasi akademik yang sering memaksa dan mengungkung anak utk bebas berimajinasi dan berkreasi…Dan kami menilai SAIMS lebih akomodatif, concern dan konsisten untuk itu.

  3. Mba, ak nemu tulisan mba waktu searching2 ttg SAIM, berhubung webny lg ga bisa dibuka beberapa hari ini jd blogny Mba ngebantu banget😀

    Akhirnya anakny jd dmasukkan kemana mba? Paguny untuk PG berapa terus waktu ambil form pendaftaran gitu mesti pagi2 banget g ya? Anakku rencanany thn depan mo ak daftarin sekolah tp baca blogny Mba kalo SAIM pendaftaran mulai Desember jd kudu ancang2 ne….heheheh

    Maap ya mba banyakan nanya, minta ilmu ksenior ini ceritanya hhihihihi…maturnuwun

    • Pagu itu apa ya? Pendaftarannya ga rusuh kok, ga antri macam daftar perguruan tinggi gitu🙂 Waktu itu aku datengnya jam 10an dan santai banget bisa ngobrol2 sama kepseknya juga. Coba aja nanti nelfon dulu sebelum dateng, infonya jelas kok.

      Mudah2an jawabannya membantu ya..

      Sent from my iPhone

    • Ih itu lho deket banget sama rumah, tapi aku kurang sreg soalnya kan bangunannya di mesjid tapi kok biayanya sama aja kayak sekolah yang punya bangunan sendiri? Langsung rada gimanaaa gitu hehe..

  4. Lah, jd itu belajar mengajarnya didalem masjid? Berasa ky’ TPQ dong ya….😀 trusan jdnya nara skolah dimana mbak?

    • Aku blom mudeng juga, di mananya mesjid. Tapi aku tiap Idul Adha sholat di situ kok ga liat ada bangunan TK ya? Besok2 deh aku cek sekolahnya di mana.

    • Nara udah daftar ke SAIMS tapi abis itu aku pindah lokasi kantor, batal deh sekolah di SAIMS. Ini blom jadi sekolah, ditunda tahun depan aja.

Leave a Reply

