Wanita Dan Berat Badan


Sebetulnya gue selalu penasaran, ada apa sih antara wanita dan berat badan? Kenapa ya banyaaaak banget yang heboh sama berat badan, ngerasa terlalu gendut padahal kalo kita liat badannya KEREMPENG. Tuh kerempeng ya, bahkan bukan kurus lagi. Hehehe… Sebetulnya gue udah mau nulis tentang berat badan dari beberapa bulan yang lalu, tapi ketunda-tunda terus. Sampai akhirnya kemaren ada lagi yang ngomongin berat badan, jadi deh gue nulis hari ini.

Alkisah ada suatu orang di kantor gue yang baru aja ngantor lagi setelah cuti melahirkan, kita sebut aja dia oknum Z (yang satu kantor sama gue, silakan tebak-tebakan sendiri siapakah oknum Z). Gambaran fisiknya dulu: tinggi nyaris sama kayak gue (sama-sama pendek gitu) dan lebih kurus dari gue (sebelum hamil). Gambaran fisiknya kemaren: tinggi badan masih belum nambah (ya iya lah, kalo ada yang bisa nambahin tinggi badan untuk umur 30 tahunan kasih tau gue yaaa) dan berat badannya tampak masih belum kembali ke berat semula. Gue papasan sama dia beberapa detik sebelum gue masuk toilet, dan terjadilah percakapan berikut:

Gue: Eh udah ngantor lagi?

Z: Iya nih. Eh udah hamil berapa bulan?

Gue: Masuk bulan ke-6.

Z: Beratnya udah naik berapa kilo?

Gue: 7 kg.

Z: Banyak juga ya…

Gue: Hooh *ngeloyor ke toilet*

Gue ga tersinggung sama sekali dengan percakapan di atas karena menurut gue naik 7 kg untuk kehamilan 6 bulan itu biasa aja (hamil pertama dulu berat gue naiknya segini juga, jadi ga ada yang harus gue ributin). Emang dari dulu gue ga pernah rese soal berat badan, asalkan baju dan celana masih muat, berat badan nambah juga gue bakal cuek aja (oh dan gue pun jarang banget nimbang badan jadi kecil kemungkinan gue nyadar kalo berat badan gue nambah kecuali kalo – kembali ke poin awal – baju dan celana gue mulai kekecilan). Gue justru ngerasa lucu, orang ini ga nyadar apa ya kalo dia masih belum kurus?! Kok dia nyela orang lain?😀 Kalo gue cukup jahat, gue bakal ngomong “Iya naiknya lumayan banyak. BTW, kok elo masih gendut sih? Kan melahirkannya 3 bulan yang lalu, masa belum kurus?” tapi kemaren itu gue lebih ngerasa geli daripada jahat, jadi gue diem aja.

Yang barusan gue ketahui adalah, ternyata cewe itu rada terobsesi sama berat badannya. Berdasarkan info dari agen H (haduh agen!), ternyata si Z itu walopun dulu udah kuruuuus banget, masih aja ngerasa kalo dia itu gendut. Emang masalah gendut atau kurus balik lagi ke preference tiap orang, kalo gue mah walopun udah dikata-katain gendut sama temen gue (percayalah ini kejadian nyata) santai aja asalkan baju dan celana gue masih muat (teteup). Gue sih ga ambil pusing sama orang yang ngerasa dia kegendutan atau kekurusan, asal dia ga nyela-nyela orang lain. Kalo dia nyela orang lain itu gendut sementara dia sendiri gendut, kan gue mau ketawa jadinya🙂

Well balik lagi ke masalah wanita dan berat badan. Apa sebagian besar cewe di dunia ini udah dicuci otaknya dengan gambaran badan ideal adalah badan seperti model-model catwalk yang kuruuusss itu? Makanya jadi banyak banget orang yang ngerasa kegendutan, walopun kenyataannya dia ga ada gendut-gendutnya acan. Badan gue sendiri bukan potongan badan model, tapi dari dulu sampe sekarang gue ngerasa badan gue baik-baik aja. Kalo sampe gue ribut gue gendut, well berarti gue memang gendut, bukan cuma ngerasa gendut. Tapi ya itu, kayaknya batasan gendut dan kurus buat tiap orang bisa beda banget, makanya masih jadi misteri buat gue kenapa cewe kurus bisa heboh koar-koar kalo dia kegendutan…

26 thoughts on “Wanita Dan Berat Badan

  1. Nyari temen dia itu, Ty… temen yg mau sama2 sengsara meratapi berat badan. Atau mungkin juga nyari sasaran buat dibikin sengsara biar dia gak merasa sengsara2 amat (bingung gak ? gue bingung :-P)

    Itulah. Gw suka mikir gimana ya ntar membekali anak gue (cewek pula ! Ini isu sensitip buat cewek kan ?) dengan self-esteem yg cukup… biar dia lebih milih hidup sehat & nggak kemakan cuci-otak dari media ttg berat badan.

    • Mungkin juga dia nyari temen. Ternyata selain ketemu gue, dia ketemu temen gue yang lagi hamil dan lagi2 dia bilang “banyak ya naiknya”. Aduh mbak, ga inget situ dulu waktu hamil juga naiknya banyak? Hihihi…

      Nah itu bener, sekarang ini kayaknya udah banyak yang dicuci otak sama media. Harus kurus, harus ini, harus itu. Gue gpp kalo ukuran kurus/putih/rambut lurus itu emang murni keinginan dia, tapi jangan cuma ikut2an karena media ato temen2nya begitu. Bener banget ini isu sensitif buat cewe, makanya harus dipikirin gimana ngomongnya supaya ga nyakitin. Dan jaman2 abege gitu peer pressure gede juga kan? Duh gimana ya anak2 kita nanti, mudah2an bisa terhindar dari gambaran “ideal” ini dan lebih mementingkan hidup sehat. Kalo emang mau ngurangin berat badan, pake cara yang wajar dan ga usah sampe kurus kering.
      Powered by Telkomsel BlackBerry®

  2. kalo gue sih ribut gendut lebih krn badan jadi berat, secara dari dulu gue cungkring (dan nembus 60kg itu setelah hamil), makanya gue seneng banget skg udah tinggal dikit lagi bisa nembus 50-an lagi, horeeeee

    • Ih hebat!! Ngurangin banyak banget berarti ya?

      Kalo gue ga masalah kok sama orang yang pengen ngurangin berat badan asalkan memang menuju berat badan normal. Ada kan tuh cewe2 yang udah kurus tapi masih aja ngerasa gendut – ini keywordnya “ngerasa” karena orang lain ngeliatnya sih mereka udah kurus.

      Dulu gue juga abis melahirkan ngerasa badan gue berat banget, alhamdulillah bisa balik normal (tentunya normal di sini beda dengan normal jaman belum nikah dulu yang kecil banget hihi).
      Powered by Telkomsel BlackBerry®

      • alhamdulillah kalo dibilang hebat, pdhal itu dalam waktu 2 tahun loh😀
        2kg lagi nih bisa jadi under 60, yg artinya 5kg lagi deh utk balik ke berat sebelum hamil

        cewek udah kurus ngerasa gendut? banyaaaakkkkkkk! gak tau deh itu ngeliatnya gimana😀

  3. Gw gw gw gw pgn kurus! Hahaha

    Tapi gw pernah ngalamin hal yang sama dengan orang kantor gw. Pas gw hamil Leandra dia seriiing banget (bisa dibilang on daily basis) bilang gw gendut/kok udah kliatan banget ya hamilnya, padahal kan baru berapa minggu/tampang sok kaget liat gw gendut…plak banget deh pokonya. Sampe2 temen gw yang lain bingung dan nimpalin “meta kan lagi hamil mbak, wajar dong naik beratnya…” trus dijawab dengan muka lebay “iya sih, tapi kok naiknya kayanya BANYAK banget ya” asli deh antara mau nangis sama pengen nyabein mulutnya.

    Oh, dan dia LEBIH GENDUT DAN PENDEK dari gw loh, fyi.

    *duile met, masih sebel ye?*

    • Buahaha ada yang emosii… Cabein aja mulutnya😛 Tapi asli nyebelin ya, masa dia ga liat2 sih kalo sebetulnya dia itu ga kurus, kok masih komentar tentang berat badan orang lain? Lagian elo kan menggendut karena hamil, jadi wajar lah.
      Powered by Telkomsel BlackBerry®

      • Hihi ini curcol yang tertunda lama bok.

        Btw gw pengen kurus cuma karena alasan ekonomis kok :p supaya tetep bisa pake baju pre pregnancy, jadi irit kan ga perlu beli banyak baju baru karena ukurannya beda. *master yoda mode*

  4. Gw tambahin deh, percakapan agen H dengan oknum Z. Hari dan lokasi percakapan sepertinya sama.

    Oknum Z : Wah kamu yang gede sekarang, aku udah kempes nih
    Agen H (dalam hati) : Ya iyalah..gw hamil delapan bulan. Kalo gw lansing bak heidy klum malah aneh kali.
    Agen H (di mulut) : Hehehe iya. Mbak Z udah lahiran ya
    Oknum Z : Kamu udah berapa bulan? naik berapa kilo
    Agen H : 8 bulan. Yah kira kira dah naik 13 kilo ya mbak
    Oknum Z : Wah banyak juga ya kamu naiknya, hati hati loh ada kemungkinan masih bisa naik sampe 4 kilo lagi itu
    Agen H : Hah iya ya. *Senyum, ngeloyor pergi meninggalkan lokasi percakapan*

    Setelah itu agen H menyesal, harusnya dia balik nanya ke oknum Z, ‘dulu naik berapa kilo? kok masih gendut sekarang?’ hahahaha

    • Wakakak menyesal kan lo ga jadi ngomong gitu? Gue juga rada menyesal soalnya hahaha… Tapi beneran deh, menurut gue orang2 yang suka komentar begini tuh rada “sakit”, lha sewajarnya orang hamil berat badannya naik kan? Trus berat badan lo naiknya juga masih normal, kecuali elo naiknya 35 kg nah bisa deh dia komentar (walopun menurut gue tetep ga pantes).

      • Pastinya menyesal banget. Itu pasti jadi pembalasan yang menyenangkan tuh kekekeke. Soalnya gw tahu tuh orang dari dulu insecure banget soal berat badannya. Jaman masih fitness an bareng, dia ngeluh mulu paha nya gede, padahal lo tau banget kan, dia dulu udah kurus banget. **Busyet, gw rumpi abis**

  5. kok di kantor justru ga ada yang ngatain gue gendut ya sejak hamil? *minta ditabok* *rada gak sadar diri hihi*

    tapi gue rasa temen2 kantor gue pengen komen tapi ga berani deh, soalnya ternyataaaa mereka ga sadar dong gue hamil. sebulan yang lalu, pas lagi meeting dan gue pake baju yang rada ngepas dan terlihat lah bump perut gue, baru pada nyadar dong kalo gue ternyata HAMIL!! gue ampe bingung.. kemana aja sih ini orang2? emangnya selama ini gue terlihat lebih gede ga pada sadar gitu? dianggep gue gendutan gitu kali ya?

    kalo gue sih udah sadar diri, kalo gue ga mungkin kurus macam model, krn tulang gue gede. walopun gue juga ga ngerasa gendut2 amat. yang penting bagi gue, badan gue mesti toned, gak boleh gleber2. dan itu lebih susah😛

    • Ih canggih banget lo hamil udah berapa bulan tuh berarti baru pada nyadar?

      Setuju justru menurut gue lebih susah bikin badan toned soalnya mesti usaha (olahraga dooong) dan suka males ato ga bisa (ato cari2 alesan hihi). Kalo “cuma” nurunin berat badan menurut gue masih lebih gampang, kasarannya puasa 1 minggu juga bakal turun kan beratnya, tapi puasa ga ngebuat badan lebih toned.

      • udah 7bln hamil ty, perut gue udah keluar banget, baru pada nyadar. sungguh gue pun bingung, kok telat banget ya nyadarnya? padahal gue ngerasa hamil kali ini perut gue lebih mancung. mungkin karena gue gak pake maternity dress dan bisa conceal perut dengan bagus. entahlah.. bos gue (yang udah tau sejak gue hamil 3bln) jadi langsung bilang pada ganti kacamata, masak gak bisa liat gue hamil dari beberapa bulan sebelumnya sih? hahah.. dan dengan cueknya si bos manggil gue “fatso” dong sekarang. *plak*

  6. boookk ga usah yang hamil deh, gw bingung ama orang2 yang lemak nya minimalis paling ama di pipi ama gelambir di lengan dikit udah heboh kegendutan.. tsk.. biasalah ya otty orang2 yang ga bersyukur ama berat badan nya emang gitu.. *pasang cadar* ga kayak gw yang dari dulu body ala heidi klum gini kan yah

    • Ya ampun gue baru nyadar punya temen dengan body Heidi Klum!! Elo harus jadi panutan buat cewe2 itu ahahahaha…

      Iyaa gue sebel sama yang kurus2 gitu tapi tiap ketemu orang langsung deh “Gue gendutan ya? Iya kan gendut?!” sambil ngaca2 ga jelas. Ganggu deh ah😀
      Powered by Telkomsel BlackBerry®

  7. Gueee iniiii….tidur gak nyenyak, makan tak lahap karena kepikiran berat badan. Bukannya obses pengen punya badan kaya model sih, mau sekurus apapun tetep aja gak nyampe. Tp gue ngerasa kalo berat badan dan bentuk badan ideal gue ada di 49 kg. Lebih dikit2 ga papa lah, tp kalo kaya sekarang yg masih stuck kelebihan 6 kg, frustasi rasanya…..pake celana apapun berasa mirip lontong.

    • Yah kalo emang masih belum nyampe ke BB ideal sih gue ngerti banget kalo jadi kepikiran, gue juga gitu kalii… Yang gue ga paham itu kalo ada cewe yang udah kurus tapi masih butuh pengakuan dari orang lain kalo dia itu kurus dengan cara: ngaca dan nanya ke orang2 apakah dia gendutan apa ga (dan akan dijawab sama orang bahwa dia kurus kok). Yang sama2 nyebelin itu cewe2 yang ga kurus tapi ngeledekin orang lain gendut, sama anehnya menurut gue😛

  8. hai, otty..
    ikutan curhat ya *maksa* *plis jangan dicabein :D*
    pas hamil anak kedua kemarin ada lho ibu2 wali murid di sekolah anakku komentar kayak gini ke suamiku: “pak, itu bundanya Aqeela kok hamilnya gede banget ya. Emang sblm hamil segede apa badannya?”. Trus komentar suamiku:” woah.. istri saya sih sexy bu! apalagi sebelum hamil sexy banget!”

    Hiahaha! That’s my husband!

    Abis itu pas denger suamiku cerita, aku langsung ngakak sambil miris. sambil ngomel2 klo tu orang kepo plus nyebelin banget sihhhhh… heh.. jadi emosi lagi ni gw *inhale-exhale*

    • Wahahaha silakan silakan curhat *buka sesi konsultasi*

      Eh tolong ya itu ibu2 rese amat?! Tapi keren deh jawaban suaminya, skak mat abis buat si ibu rese😀 Trus si ibu gimana? Pasti mati kutu ya huahaha…

      Hayo tarik nafas dalem2, masih pagi ga boleh bete hihihi… Inget2 aja jawaban suami yang top banget itu🙂

  9. ya ampuunn Ty, elo naek 7 kilo aja udah dicerca kyk gitu, gmn gw yg waktu hamil dulu naek 20 kilo ya? bakal diapain ya gw sama temen elo itu?

    • Dulu juga pas hamil pertama gue naik 17 kg, ini belum nambah lagi aja kayaknya. Nah temen gue itu juga pas hamil naiknya banyak kok sampe beberapa belas kg, makanya gue heran dia hilang ingatan ato gimana sih sampe ngeledek2 orang terus😛

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s