Bedanya…


Waktu itu gue lagi pergi buat acara kantor dan terjebak delay di bandara sama temen-temen kantor gue. Pas lagi bengong-bengong gitu kita liat ada 1 keluarga (bapak-ibu-2 anak) dan mereka lagi ngampar di deket area check in (emang di situ tempat duduknya dikit banget). Anak yang besar lagi nangis jerit-jeritan dan bapaknya lagi sibuk nenangin si anak, ibunya lagi ngurusin anak yang kecil yang (untungnya) anteng-anteng aja dan ga ikutan nangis. Gue juga ga tau kenapa si anak nangis dan ga terlalu merhatiin juga, tapi gue bisa ngebayangin perasaan ortunya ngadepin anak tantrum di tempat umum gitu. Gue diem aja, dan tiba-tiba temen gue nyeletuk:

A: Ih kalo sampe gue punya anak kayak gitu, gue giniin (niruin gerakan orang nampar)

B: Ah gpp, itu anaknya lagi latihan vokal aja kali *santai*

Gue: Gini deh, kita liat aja ntar kalo lo udah punya anak, balik lagi ke kita ya laporan gimana kalo anak lo jejeritan begitu

A: Eh tapi anak itu nangisnya sampe banting-banting barang, kan ngerusak

B: Ah biasa… *tetep santai*

Gue: Nyengir🙂

A: Emangnya anaknya ibu pernah begitu?

Gue: Alhamdulillah ga pernah sih, tapi gue liat tuh bapaknya udah bingung nenangin anaknya, mau gimana lagi

A: Ih kalo gue sih tetep, jangan sampe anak gue begitu

Keliatan banget ya bedanya, antara yang udah punya anak sama yang belum. Gue dan temen gue si B udah punya anak, makanya ngeliat anak tantrum biasa aja (malah rada iba sama ortunya). Emang sih rada ganggu denger anak nangis-nangis di tempat umum, tapi kita maklumin aja karena, yah, namanya juga anak-anak (umurnya sekitar 3 taunan deh). Trus kita liat juga ortunya udah lumayan mati gaya ngebujuk anaknya, jadi ya udahlah. Sementara temen gue yang belum punya anak, ngeliat anak tantrum sebelnya sampe ubun-ubun dan ga ngasih toleransi kalo anaknya (nanti) kayak gitu. Kita liat aja nanti kalo dia beneran udah punya anak hehehe…

Gue lupa dulu (waktu belum punya anak) gimana perasaan gue ngeliat anak tantrum, pasti sekarang gue jauh lebih toleran karena gue bisa ngebayangin diri gue ada di posisi ortu yang anaknya lagi ngamuk-jejeritan di bandara. Dulu? Mana kebayang gimana bingung dan malunya punya anak jejeritan begitu, palingan gue langsung ngedumel dalam hati dan mikir kalo anaknya “kurang dididik”. Ya maaf, dulu kan gue masih muda belia dan ga ngerti bahwa wajar anak-anak mengalami fase kayak gitu.

Ternyata bener, hamil-melahirkan-ngurus anak (dan berbagai tahapan kehidupan lainnya) akan mengubah cara pandang kita terhadap sesuatu.

8 thoughts on “Bedanya…

  1. betul banget, hamil-melahirkan-ngurusanak itu mengubah segalanya🙂
    gue memang dari dulu suka anak kecil, tapi kalo anak yg jejeritan ya bete juga, kalo skg sih gue maklumin aja (belajar banyak dari kareem inih)

  2. Setujuu…
    Dulu waktu masih belum punya anak, gw suka annoyed klo di pesawat atau dimanapun yang ‘mustinya’ tenang ada anak kecil tantrum/nangis2

    Pas hamil, ketemu yang kaya gitu selalu berdoa “semogaaa anak gw gak kaya gitu”

    Pas Nara naik pesawat dan nangis2 sepanjang perjalanan dari singapore ke jakarta karena lagi demam + flu, gw cuma berdoa semoga orang lain nggak ngedoain gw yang jelek2 karena udah pasti ganggu banget tuh tangisan Nara, tapi as his mom gw juga ngerti banget kenapa Nara nangis sepanjang flight.

    Balada emak2 ya ty…hihi

    • Bener inilah curhatan emak2! Dulu sih gue mana ngerti kalo anak tantrum itu emang kadang-kadang udah ga bisa diapa2in lagi, gue pikir ortunya yang males :p

  3. anak gw juga pernah tuh tantrum di salah satu supermarket, tapi intinya sih salah gue, krn waktu antri mau beli makanan yg mana makanannya mesti di goreng dulu, ndalalah gw ajak dia buat pergi ke counter lain buat nuker poin, sambil nungggu makanan matang kita nyambi nuker poin.. Anak gw ya gak mau lah, dia pikir malah gw gak jadi beliin dia makanan tersebut, tapi dodolnya gw, udah gw jelasin tp anak kecil mana ngerti kan ya ‘nyambi kerjaan’ apalagi dia emang msh 3 tahun, akhirnya dia nangis kejer sampe jalan ala ‘kucing’ ngikutin gw ke counter tuker poin, n gw dgn (b)egonya sok cuek aja, ngeliat anak gw jerit2… Abis itu baru deh gw mikir n mulai komit dgn kata2 gw ke anak, n mulai dikit2 dikasih pengertian ke dia n akhirnya juga ke sini2 gak pernah tantrum lagi..

    • Wah iya, anak kecil emang kalo udah punya mau ya pengennya saat itu juga, blom ngerti nyambi kerjaan. Huhu gara2 salah pengertian gitu jadi tantrum😦 Kalo udah tambah besar pasti tambah bisa dikasih pengertian dan meminimalkan tantrum ya…

  4. kalau gue justru lebih sebel sekarang apalagi kalau anaknya tantrum di resto pas gue lagi ngedate ama jo. duhhh.. udah bela2in mo pacaran sampai ninggalin alyssa di rumah oma.. eh, ada anak orang laen jejeritan! *pites*

Leave a Reply

