Double Chocolate Oat Muffin


Akhirnya… setelah pencarian yang cukup lama (serius, gue udah nyoba 2-3 resep selama sekitar 6 bulan) untuk resep double chocolate muffin yang enak, pencarian gue bisa dikatakan berakhir :) Gue ga yakin sih resep ini beneran muffin atau bukan, soalnya biasanya muffin yang gue bikin ga butuh mixer tapi resep ini ngebuat gue rela ngeluarin mixer jam 5 pagi. Saking penasarannya gue jabanin deh, abisnya fotonya keliatan enak.

Resep asli dari King Arthur Flour tapi gue ambil dari Barbara Bakes yang ternyata ngambil dari Cinnamon Spice and Everything Nice. Agak panjang juga perjalanan si resep hehe… Resep yang gue tulis di bawah udah hasil modifikasi sedikit menyesuaikan dengan selera dan bahan yang ada di rumah.

Double Chocolate Oat Muffin

Hasil: 18 muffin (diameter 9.5 cm)

Bahan:

  • 1/2 cup butter, suhu ruang
  • 2/3 cup coklat bubuk
  • 3/4 cup gula pasir
  • 2 sdt baking powder
  • 1/2 sdt garam
  • 1 sdt vanilla extract
  • 2 butir telur
  • 3/4 cup susu
  • 1/3 cup yogurt plain
  • 1/4 sdt baking soda
  • 1 cup tepung serba guna
  • 1 cup oat halus (dihaluskan dulu baru ditakar)
  • 1 1/2 cup dark choco chips

Cara membuat:

  • Panaskan oven lalu siapkan loyang.
  • Aduk butter, coklat bubuk, gula pasir, baking powder, garam, vanilla, dan baking soda hingga lembut.
  • Masukkan telur lalu susu dan yogurt. Aduk rata.
  • Masukkan oat halus dan tepung, aduk rata.
  • Matikan mixer lalu beri choco chips, aduk menggunakan spatula.
  • Tuang adonan ke dalam loyang muffin, isi penuuuh supaya bentuknya bagus.
  • Panggang selama 20-25 menit, cek kematangan dengan tusuk gigi/cake tester.
  • Angkat lalu dinginkan.

Kalo dimakan anget, aduh rasanya enaaaak banget. Teksturnya lembut (makanya gue pikir ini agak kayak cupcake) dan choco chipsnya leleh sedikit. Dengan takaran gula kayak di atas rasanya ga terlalu manis tapi coklat banget, buat yang suka manis mungkin chipsnya bisa diganti pake milk choco chips atau gulanya ditambah 2 sdm.

18 thoughts on “Double Chocolate Oat Muffin

  1. dear otty.. selama ini silent reader aja.. tapi sekarang ingin curhat *lho* aku kan ga punya oven nih *kasian yah* tapi pengen bikin2 kue enak di rumah.. otty bikin dong contoh2 kue yang dikukus2 gitu😀

    hihihi.. maap ya sebelumnya…

    • Kue kukus yang pernah gue buat cuma bolu kukus😀 Si Aini tuh yang jago pake dandang, soalnya dia masalahnya sama kayak elo yaitu ga punya oven. Err apa ya kue2 yang dikukus, ada lho di TUM banana cupcake/muffin tapi dikukus. Selain itu… bronis kukus mungkin? *standar abis*

  2. oat nya kudu dialusin dulu ya baru ditakar? kemaren2 aku coba bikin muffin trus sebagian takaran tepung aku ganti oat instan tapi ga dialusin. maksudnya buat nambah serat aja hehe..
    jadi pengen coba yg ini…. btw bikin 18 muffin jadi bakarnya gantian gitu ya? loyangmu yg isi brp muffin?

    • Bisa dihalusin atau ga, tergantung selera aja. Tapi kemaren mikirnya kalo dihalusin dulu dapet serat lebih banyak, makanya dihalusin.

      Bisa manggang sekaligus tergantung kapasitas oven sama loyangnya. Loyang yang gue pake kapasitas 6 muffin, punya 3 jadi total bisa manggang 18. Ada juga cup satuan jadi sebetulnya ada banyak.
      Powered by Telkomsel BlackBerry®

      • otang nya gede ya ty? otang di rumahku ada 2 rak tp blm pernah coba ngebakar sekalian… ga tau muat apa ngga kalo 3 loyang. btw aku temennya dianti dan istrinya srof anak smundel2000🙂

  3. Halo otty.. Slm kenal.. Slm ini cm jd silent rider n ngiler2 ngliat foto2 kuenya otty…🙂 plg sering bikin chocomelt brownie nya otty, enak bgt..
    Btw, mo nanya.. Kmrn nyoba bkn peanut butter chocochip muffin *ptm kali bkn muffin😀 hasilnya jd rada bantat gt, kr2 salah dmn ya ty? *nanya ma suhu nya muffin…😉 thanx ya…

    • Duh bantet ya, ada beberapa penyebabnya:
      – waktu ngaduk adonan terlalu lama, harusnya diaduk santai aja ga usah sampe kecampur rata banget
      – oven kurang panas

      Nah sisanya ga tau juga hehe… Coba lagi aja setengah resep dulu, kalo udah dapet selahnya bikin 1 resep. Mudah2an sukses ya🙂
      Powered by Telkomsel BlackBerry®

Leave a Reply

