Baked Chicken Cordon Bleu


Hari ini gue ga ngantor karena badan masih ga enak (gue udah ga enak badan 3 hari). Daripada sakitnya berlarut-larut akhirnya gue minta istirahat di rumah aja hari ini.

Hari Minggu kemaren gue udah mulai nyiapin bahan untuk chicken cordon bleu tapi karena malemnya gue pergi, si ayam pun batal dieksekusi sampe tuntas. Mumpung gue di rumah, ya udahlah gue terusin aja ngerjain si ayam, takut keburu rusak karena udah 3 hari di chiller.

Waktu manggang ayam ada kejadian yang cukup meresahkan. Setelah kompor nyala sekitar 30 menit dan gue lagi ngecek udah matang atau belum, gue denger bunyi mendesis. Trus gue perhatiin kok bau gas? Ternyata entah gimana caranya regulator tabung gas kendor dan gasnya keluar. Gue cek sampe hampir kosong tuh tabungnya. Langsung gue matiin kompor dan sesi masak harus berhenti sebentar. Jendela gue bukain dan kipas angin gue nyalain kenceng supaya udaranya cepet ganti. Abis itu gue beli tabung gas baru dan ngecek regulator lagi, alhamdulillah gpp.

Balik ke resep masakannya. Selain bikin chicken cordon bleu gue juga pengen bikin potato au gratin, gue sukaaa banget sama potato/broccoli au gratin. Setelah masak gue baru nyadar kalo makanannya berkeju semua, mbleneg juga nih. Tapi ternyata baik-baik aja kok🙂 Nara juga suka, dia ngabisin setengah dada ayam + beberapa potong kentang dan brokoli.

Baked Chicken Cordon Bleu

Sumber: Taste of Home

Bahan:
2 dada ayam tanpa kulit
2 lembar smoked beef
Keju quickmelt
Garam
Merica
Bread crumbs
Oregano

Cara membuat:
1. Pukul-pukul dada ayam hingga tipis. Taburi lada dan garam. Beri potongan smoked beef dan keju, gulung. Sematkan tusuk gigi untuk menahan gulungannya.
2. Campur bread crumbs, garam, merica, dan oregano (opsional).
Letakkan gulungan dada ayam di pinggan tahan panas, taburi campuran bread crumbs. Panggang selama sekitar 30 menit dalam oven yang sudah dipanaskan.

20120704-223349.jpg

Potato Au Gratin

Sumber: The Pioneer Woman

Bahan:
4 buah kentang ukuran sedang
1 cup susu
1/2 cup cooking/whipping cream
2 siung bawang putih, cincang
2 sdm tepung terigu
1 batang keju (quickmelt atau yang biasa), parut
1 sdt garam
Lada hitam
Sedikit butter

Cara membuat:
1. Sikat kulit kentang dan cuci hingga bersih,potong-potong (kulitnya tidak usah dikupas). Olesi bagian dasar pinggan tahan panas dengan butter.
2. Dalam mangkuk, campurkan susu, cream, bawang putih, tepung, garam, lada hitam, garam, dan 3/4 bagian keju parut. Aduk rata.
3. Letakkan 1/2 bagian kentang ke dalam pinggan yang telah diolesi butter lalu tuang 1/2 bagian campuran susu. Tuang sisa kentang dan susu.
4. Tutup pinggan dengan alufoil lalu panggang selama 30 menit. Keluarkan pinggan dari oven, buka alufoilnya lalu taburkan sisa keju parut. Panggang lagi tanpa alufoil selama sekitar 30 menit atau hingga kentang cukup empuk dan bagian atasnya berwarna kecoklatan.
5. Diamkan selama sekitar 10 menit sebelum disajikan agar sausnya tidak terlalu cair.

4 thoughts on “Baked Chicken Cordon Bleu

  1. Mbak otty, itu resep menggoda skali.. keju quick meltnya di surabaya beli dimn ya? Kok gak pernah nemu.. Adanya mozarella, tp mahal!😦

Leave a Reply

