Puding Coklat Saus Vanilla


Gue sukaaaa banget puding coklat! Biasanya gue selalu minta dibuatin puding coklat sama nyokap, pudingnya coklat – sausnya coklat. Ga mbleneg soalnya memang ga terlalu manis, jadi rasanya enak🙂 Puding ini ngetop banget di kalangan teman kuliah gue, soalnya dulu jaman kuliah biasanya ada acara buka puasa bersama di rumah gue (rumah nyokap maksudnya) dan puding ini ga pernah ketinggalan, pasti selalu ada di menu buka puasa. Bahkan waktu ada ajakan buka puasa bersama tahun lalu, teman-teman gue masiiih aja minta si puding coklat haha…

Gue ga mau nulis resep puding nyokap gue karena gue sendiri ga hafal hehehe… Yang mau gue tulis itu resep lain yang gue gugling gara-gara pengen nyoba bikin puding coklat yang ga kayak puding nyokap. Nemunya ternyata di blognya Sefa, tapi blog yang lama. Resep aslinya dari alm. Bunda Inong (gue ga kenal dia tapi baca banyak cerita tentang dia, bikin terharu banget deh) yang ditulis ulang sama Sefa. Setelah percobaan pertama, resep itu gue modifikasi sedikit supaya lebih sesuai sama selera gue. Tapi resep aslinya udah enak, ga boong deh gue🙂 Tinggal masalah selera aja, lebih suka puding yang gimana…

Puding Coklat Saus Vanilla

Dimodifikasi dari resep Bunda Inong yang dimuat di blognya Sefa

Bahan puding:

  • 2 bungkus agar-agar (coklat/bening)
  • 100 gr gula pasir
  • 400 gr dark cooking chocolate (DCC)
  • 600 ml susu cair plain (full cream/low fat)
  • 300 ml air
  • 200 ml susu kental manis (SKM)
  • 2 kuning telur, kocok lepas

Cara membuat:

  • Lelehkan coklat dengan cara ditim. Sisihkan.
  • Campur agar-agar, gula, susu, dan air. Panaskan hingga mendidih, aduk rata.
  • Tuang coklat leleh, aduk.
  • Ambil beberapa sdm larutan agar-agar dan tuang ke kuning telur yang sudah dikocok. Aduk lalu tuang kembali ke panci berisi larutan agar-agar. Didihkan lagi.
  • Matikan api, aduk larutan hingga uapnya hilang lalu tuang ke cetakan yang sudah dibasahi air.

Saus Vanilla

Bahan:

  • 1 buah vanilla pod ATAU 1 sdt vanilla essence
  • 3 sdm tepung maizena
  • 3 sdm gula pasir
  • sedikit garam
  • 1 kuning telur, kocok lepas
  • 600 ml susu cair (full cream/low fat)

Cara membuat:

  • Belah vanilla pod, kerok dalamnya dan jangan buang kulitnya. Sisihkan.
  • Ke dalam panci, campur gula pasir, garam, dan tepung maizena. Kalau pake vanilla essence, campurkan juga vanilla essence di tahap ini.
  • Tuang susu cair, panaskan dan aduk hingga hampir mendidih.
  • Masukkan vanilla beserta kulitnya, aduk hingga mendidih.
  • Ambil beberapa sdm larutan, tuang ke kocokan telur dan aduk lagi, kembalikan campuran ini ke larutan susu.
  • Aduk hingga saus mengental, matikan api lalu dinginkan. Buang kulit vanilla pod.

Dan ini puding Mickey kesukaan Nara…

puding mickey

Di foto ini sausnya masih yang pake vanilla essence, makanya ga ada titik-titik hitam dari vanilla asli. Kalo pake vanilla pod, wanginya beda dari vanilla essence, lebih enak…

PS:

  1. Kalo suka puding yang padat, mendingan jumlah susu/airnya sesuai resep asli di blog Sefa/alm. Bunda Inong. Gue suka puding yang lebih lembut makanya susu/airnya gue tambahin dikit.
  2. Saus vanilla sesuai resep aslinya agak encer, makanya di resep ini tepung maizenanya gue tambahin.
  3. Kalo bikin saus vanilla pake SKM mending SKMnya 75 ml aja + gula pasir 25 gr (dan sisanya air/susu cair sampai total 400-500 ml termasuk SKM), menurut gue segitu manisnya pas.

6 thoughts on “Puding Coklat Saus Vanilla

    • Salam kenal, Ida🙂 Selamat mencoba dan mudah2an suka ya..

      Di Surabaya coba cari di Giant, ada tapi mahal hehe.. Yang lebih murah di TBK Arvian tapi suka kosong jadi mending nelfon dulu sebelum ke sana.

    • Kalo bisa sih bisa aja, soalnya kan banyak resep puding coklat yang pake coklat bubuk. Takarannya beda2 sih tergantung resepnya, kalo pake resep ini blom pernah nyoba pake coklat bubuk.

Leave a Reply

