Nara Ulang Tahun


Lebih dari 1 bulan yang lalu. Hohoho… Ya begitulah gue, kalo nulis tentang ulang tahun sendiri ga bakal telat tapi ulang tahun anak bisa telat lama😀

Seperti tahun-tahun kemaren, gue ga bikin pesta ulang tahun buat Nara. Acaranya cuma beli cake, nyanyi-nyanyi trus dipotong dan makan di resto. Yang bikin agak beda, tahun ini Nara udah bisa minta mau kue bentuk apa (thomas!) dan kebetulan ada bokap nyokap gue di rumah, plus ada adek gue yang paling kecil juga. Lumayan rame deh jadinya.

Gue udah sibuk nyari kue dari 2 bulan sebelum ulang tahun Nara. Gue ancang-ancang mesen dari jauh-jauh hari soalnya gue takut bakul kuenya pada sibuk ato udah ga bisa terima orderan lagi, kan bete jadinya. Udah survey ke beberapa bakul kue yang cukup ngetop di Surabaya, eh gue ngerasa kurang sreg.

Sama bakul pertama, udah gue kirimin email, ga dibales. Ada disclaimer yang bilang “kalo email ga dibales tolong kirim sms, mungkin masuk ke spam dan ga kebaca”. Masuk akal. Jadi setelah nunggu 2 minggu tanpa balasan, gue kirim sms ke si mbak. Ngasih tau nama, isi email, dan tanggal gue ngirim email. Dijawab “oke nanti dicek” yang tentu saja masih tidak ada balasan dari si mbaknya. Mungkin gue aja yang sial nih, soalnya temen gue pernah pesen ke dia servisnya baik-baik aja.

Ya sudah, pencarian berlanjut ke bakul selanjutnya. Orangnya bisa dihubungin, diajak ngobrol, tapi pilihan kuenya terbatas. Buat yang belum tau nih… Orang Surabaya itu cintaaaaaaaa banget sama spiku alias lapis Surabaya. Apa pun acaranya, spiku kuenya. Ulang tahun ga mendapat pengecualian, justru para bakul kue bilang kalo kue yang paling bagus untuk dibuat 3D ya cuma spiku karena padat. Err iya sih, tapi bakul kue di Jakarta kok bisa bikin kue 3D yang bagus padahal kuenya bukan spiku? Masih jadi misteri buat gue hehe… Nah, si bakul kue ini juga tetep merekomendasikan spiku buat kue ulang tahunnya Nara. Gue malas tentunyaaa… Gue coba minta kue lain dan disanggupin tapi pilihannya terbatas banget, jadi rada males deh gue. Akhirnya gue belum deal sama dia, dan nyari tukang kue lain.

Next, gue mencoba peruntungan dengan nelfon toko kue “beneran”. Toko pertama bilang kalo mereka ga jual Barney dan Thomas karena ada hak ciptanya dan mereka ga bayar untuk itu. Etis sih, tapi cukup menghancurkan hati seorang ibu yang pengen nyenengin anaknya. Lanjut ke toko berikutnya, liat-liat contoh yang pernah dibuat, dan ada dong Thomas 3D dengan kue yang bukan spiku! Senangnyaaaaa ahahahaha… Abis nanya-nanya gue dikasih tau kalo ada diskon 20% pake kartu kredit yang kebetulan gue punya. Ini pasti pertanda kalo gue harus mesen di toko ini hihihi… Langsung deh gue nyoba kue saat itu juga dan setelah deal, bayar. Selesai sudah perjuangan gue nyari kue🙂

H-1 ulang tahun Nara, kuenya gue ambil. Hati ini penasaran pengen tau reaksi anaknya gimana. Kuenya baguuusss dan besaaaaarrr (padahal gue udah ngambil ukuran kecil, kok jadinya besar banget). Begitu Nara liat dia langsung seneeeng dan nempel ke kuenya. Ribuuut minta kuenya dikeluarin dari kotaknya. Gue suruh dia sabar, tunggu besok. Eh ternyata 1 roda si Thomas lepas, gue bawa lagi ke toko minta dibetulin. Nara ga rela gitu ngelepas kuenya tapi untung ngerti setelah dibilangin kuenya mau dibetulin dan besok diambil lagi.

Besoknya kan ulang tahun Nara, kita tiup lilin setelah gue kerja karena pagi-pagi kuenya masih di toko😀 Malemnya Nara seneng liat kuenya dipasangin lilin dan bolak-balik bilang kue Thomas bagus. Tapiii kuenya ga boleh dipotong dong. Gue udah mikir untuk nyolong 1 gerbong (kuenya dibagi jadi 3 gerbong) buat dicemilin kalo sampe besok kuenya masih ga boleh dipotong :p Selesai tiup lilin kita pergi makan dan ngobrol-ngobrol. Ga terlalu lama soalnya bayi-bayi udah mulai ngantuk (eh gue juga ngantuk sih). Pulang, nyampe rumah eh Nara on lagi dan minta main mobil semen kado dari grandpa (bokap gue). Yowislah, karena lagi ulang tahun silakan main sampe malem. Gue malah langsung ganti daster dan nyusuin Niska, abis itu pas nyaris ketiduran Imron masuk kamar dan nyuapin kuenya Nara yang akhirnya boleh dipotong🙂 Kuenya choco-cheese brownie yang enak banget, heran gue kok bisa enak gitu. Perasaan gue udah sering makan brownie tapi ini paling enak deh menurut gue.

Terharu juga ngeliat Nara udah berumur 3 tahun, gue masih inget dulu dia keciiil banget dan bisa digendong pake 1 tangan aja. Abis itu dia membesar dan membulat, sebelum akhirnya melangsing setelah dia bisa jalan.

Gue inget dulu Nara tiap mau tidur harus ngelus-ngelus tangan gue, terutama kalo lagi di mobil. Jadi Nara kalo udah ngantuk bakal gelisah banget di car seatnya sampe gue pindah duduk ke sampingnya, tangan gue langsung diambil, dielus-elus dan dia tidur. Waktu awal pake jilbab dia sempet bingung karena baju gue lengan panjang semua, jadi lengan baju gue harus dinaikin dulu supaya dia bisa ngelus-ngelus tangan gue. Sekarang ih gaya banget, kalo gue elus-elus pas di mobil dia langsung ngejauhin badan sambil ngomong “ga mau tangan bunda” huhu… Ah anak gue udah besar, udah punya keinginan sendiri.

Yang paling menonjol dari Nara (menurut gue) adalah dia itu anaknya nurut banget, manis banget kelakuannya. Dikasih ASIP (fresh atau dari freezer) mau, dikasih sufor mau. Dikasih susu via botol oke, disusuin langsung hajar bleh. Dikasih makan apa aja mangap. Gue udah siap-siap ngadepin anak tantrum yang konon horor banget itu, alhamdulillah paling baru kejadian ga lebih dari 5x, sisanya ya ngambek2 biasa aja. Setelah Niska lahir gue juga rada deg-degan, takut Nara cemburu. Kayaknya sih cemburu dikit ada lah, tapi ga parah. Justru Nara keliatan berusaha ngebantu gue ngurusin Niska dan ga terima kalo adeknya “susah”. Kalo kedengeran Niska nangis dari dalam kamar, Nara yang duluan nyaut “sebentar adek” dan dia ngibrit ke kamar untuk nepuk2 adeknya supaya diem. Kalo di mobil Niska lagi protes ga mau duduk di car seat, Nara ikut nenangin sambil bilang “adek diem ya, mas Nara ga mau adek nangis” dan kalo Niska tetep nangis Nara bakal ikutan nangis dong hahaha… Pernah juga Niska nangis ga berenti-berenti dan akhirnya Nara ngasihin hp ke Niska sambil disetelin game Tayo The Little Bus karena dia tau Niska suka banget sama lagu yang ada di pembukaan game itu. Hpnya cuma nyampe di kakinya Niska jadi tentunya Niska tetep nangis, tapi gue terharu ngeliatnya soalnya sebelumnya Nara lagi main di hp itu, dia rela berenti main dan ngasih hp ke adeknya supaya adeknya diem.

Namanya anak pasti ga cuma baik-baiknya aja, ada juga kadang-kadang Nara lagi punya mau dan ngotot banget, ortunya harus muter otak supaya anaknya mau “kembali ke jalan yang benar” hehehe… Kalo dia lagi main di toko mainan di mall dan kita suruh pulang, biasanya dia nawar minta nanti aja pulangnya. Tapi setelah dibilangin beberapa kali lagi akhirnya dia nurut juga, ngikut kita pulang walopun sambil nangis dan merintih “mas Nara masih mau main”… Kasian liatnya, tapi masa kita harus ngendon seharian nungguin dia main. Menurut gue ngototnya Nara masih aturable sih… Mungkin memang gini ya jadi ibu, rasanya anak sendiri itu paling bagus, ga ada yang ngalahin😀

Selamat ulang tahun Nara, kamu akan selalu jadi anak paling baik, paling ganteng, paling cerdas buat bunda. Pokoknya semua “paling” untuk hal yang baik-baik. Dan paling suka mobil semen!

9 thoughts on “Nara Ulang Tahun

  1. ih mengharukan ya mba.. manis banget si nara ganteng yg suka kue thomas! semoga sll menyejukkan hati, pinter, shaleh yaa..*telatbanget!
    kuenya digambarkan enak banget jd ngences :p. nyelip ah doa, smg nti bsk lusa kl wafa punya adik bisa ngemong kya nara ke niska..🙂

    • Amin… Makasih doanya🙂

      Kuenya beneran enak banget lho, langsung penasaran bikinnya gimana sih cuma brownies bisa enak gitu haha…

      Amin, mudah2an kalo Wafa punya adek bisa ngemong dan akur ya.

  2. Selamat ulang tahun nara…. Smoga jd anak yg pintar, shaleh, berbakti sama orang tua, dan berguna bagi nusa bangsa….. Amiiin!😀
    Jadi inget pas kopdar nara gak mau pulang, ahahaha… Lucunya….
    Salam dr adek barra buat mas nara sama mas niska..🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s