Updated: Mengurus Passport Secara Online


Kemaren gue ngurus passport lagi, kali ini buat Niska. Sebetulnya belum ada rencana pergi ke mana-mana sih, cuma karena kebetulan lagi bisa cuti ya dimanfaatkan untuk ngurus passport. Ternyata ada beberapa perubahan dari waktu gue ngurus passport Nara sekitar 2 tahun yang lalu, alhamdulillah jadi lebih baik sekarang (walopun maunya sih lebih baik lagi, kan continuous improvement). Buat yang mau tau prosedurnya gimana, gue tulis di bawah🙂

  1. Masuk ke webnya Direktorat Jendral Imigrasi > Layanan Publik > Layanan Online > Layanan Paspor Online.
  2. Isi data dan upload dokumen yang dibutuhkan (file format .jpg hitam-putih, ukuran max. 300 KB/file). Dokumen yang harus ada: copy KTP, copy KSK, copy akte kelahiran/ijazah/surat nikah. Untuk passport anak, berarti butuh copy KTP ortunya (salah satu aja, ayah atau ibu).
  3. Pilih tanggal kedatangan yang kita inginkan (sekitar 1 minggu dari tanggal kita upload dokumen, ada pilihan beberapa tanggal), dan cuma bisa dateng jam 8-11 pagi.
  4. Cetak tanda terima pra permohonan, ini harus dibawa waktu kita dateng ke kantor imigrasi.
  5. Pas hari-H, bawa tanda terima pra permohonan dan semua dokumen asli + copy dokumen yang dibutuhkan. Seperti biasa, copy dokumen harus di atas kertas A4 (jangan potong copy KTP jadi seukuran kecil, trus copy KSK/akte kelahiran jangan pake kertas folio). Daftar dokumen yang dibutuhkan ada di sini. Untuk passport anak < 17 tahun, jangan lupa bawa semua dokumen ayah dan ibu, tapi saat pengurusan passport bisa kok kalo cuma didampingi salah satu orang tuanya.
  6. Silakan langsung beli map dan materai di koperasi (atau materai bisa bawa sendiri), kalo ngurus passport untuk anak < 17 tahun jangan lupa ngasih tau hal ini waktu beli map soalnya surat pernyataan (yang ada di dalam map) beda dengan surat pernyataan untuk orang dewasa. Harga map termasuk surat pernyataan adalah Rp 10.000.
  7. Setelah ngisi surat pernyataan, tempel materai, dan tanda tangan, bisa ke loket (pendaftaran via) internet untuk nyerahin dokumen. Semua dokumen (asli dan copy) akan langsung diperiksa sama petugas dan akan ditukar dengan nomor antrian. Copy akan dipegang oleh petugas, yang asli bisa kita simpan.
  8. Tunggu nomor antrian kita dipanggil untuk proses pembayaran. Biaya pengurusan passport 48 halaman adalah Rp 255.000.
  9. Abis ini dimulailah saat penantian yang cukup panjang… Nunggu dipanggil untuk foto, ambil sidik jari, dan wawancara. Kalo udah dipanggil paling prosesnya cuma 20 menit, setelah itu bisa pulang.
  10. Simpan tanda terima pembuatan passport, passport akan jadi dalam waktu 3-4 hari kerja (gue ngurus Selasa, bisa diambil Senin minggu depannya).

Nah begitu doang, gampang kan🙂 Kalo gampang begini gue males deh ngurus via calo (kecuali kepepet) soalnya harganya beda jauh dan effort untuk ngurus sendiri ga banyak. Proses administrasi udah berkurang dibandingkan dengan 2 tahun lalu (ga usah ngisi formulir offline lagi) dan waktu antrian udah lebih pendek.

Sempet baca di beberapa banner yang tertempel di kantor imigrasi, untuk penggantian passport (perpanjangan?) ada drop box untuk naroh persyaratannya tapi gue belum nanya lagi maksudnya apa dan prosedur tepatnya gimana. Mungkin nanti kalo gue harus perpanjang passport baru bisa cerita lagi.

4 thoughts on “Updated: Mengurus Passport Secara Online

  1. Pengurusan passport online tidak berlaku.dikelas3, bekasi.kalau pun sudah ngisi secara online, ttp harus ngantri secara manual.wedusss

  2. Mau komen soal dropbox, kebetulan terakhir kali aku perpanjang pasport pake itu. Buat yang males antri (secara kmrn udah ngantri lama banget plus tambah lama karena dipotong sholat jumat) bisa masukin map formulir dan fotokopi dokumen yang dibutuhkan (KTP, KK dll) ke dropbox yang ditaruh deket meja resepsionis. Nanti kita input data dan keluar struk jadwal foto dll (macam struk atm gitu lah). Trus tinggal dateng di hari yang ditentukan buat foto, wawancara gitu-gitu.
    A lot more convenient karena ga mesti mati gaya nunggu antrian🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s