Coffee Banana Choco Chip Muffin


Jumpa lagi di edisi resep yang masiiiiih aja tentang muffin *dapet cibiran dari Lei dan Eryka*.

Resep kali ini sebetulnya tercipta karena gue salah nginget resep aslinya. Biasa deh kepedean kirain karena udah beberapa kali bikin bakal nglotok di otak dan ga usah liat-liat catetan lagi, apa daya ingatanku mengkhianatiku jadi resepnya melenceng.

Rencana awal mau bikin banana choco chip muffin pake resep biasa tapi mau ditambahin kopi, paling itu aja perubahannya. Eh ternyata butternya kurang jadi harus gue tambahin minyak sayur. Trus gue salah nginget takaran tepungnya, pantesan adonannya kok lebih padat, tapi gue pikir ga masalah karena cuma selisih 1/4 cup.

Hasilnya ternyata masih tetep enak, bahkan menurut gue lebih enak daripada muffin yang biasanya. Pendapat ini dibantah oleh Imron dengan kalimat “ah yang biasa juga enak, ini karena kamu udah lama ga bikin banana muffin makanya kesannya ini jadi enak banget”. Batal deh gue memuji muffin ini habis-habisan.

Walopun demikian, gue tetep bakal muji muffin salah resep ini, tapi levelnya gue kurangin dikit hahaha… Muffin ini cukup fluffy, cukup padat, cukup moist tanpa bikin paper cup basah-basah karena minyak, dan yang gue suka bagian atasnya (yang di atas paper cup) rasanya somehow kayak soft cookie. Nah lho lupa deh gue sama janji untuk ga memuji habis-habisan😀

Coffee Banana Choco Chip Muffin

Bahan:

  • 1 3/4 cup tepung terigu
  • 1 sdt baking powder
  • 1 sdt baking soda
  • 1/4 sdt garam
  • 1/4 cup butter, lelehkan
  • 1 sdm minyak sayur
  • 1 sdm kopi instan, dilarutkan dalam
  • 1 sdm air panas
  • 2/3 cup gula pasir
  • 1 sdt vanilla essence
  • 2 buah pisang ukuran sedang, haluskan
  • 1 butir telur
  • 1/2 cup choco chip
  • Cara membuat:

  • Panaskan oven
  • Dalam wadah sedang, campur tepung, baking soda, baking powder, dan garam
  • Dalam wadah kecil, campur gula, telur, butter leleh, minyak sayur, larutan kopi, vanilla, dan pisang
  • Tuang adonan basah ke adonan kering, lalu tambahkan choco chip, aduk
  • Tuang adonan ke loyang, kalo mau bisa ditaburi choco chip lagi
  • Masukkan ke dalam oven, panggang selama 15 menit (atau cek kematangannya dengan cake tester/tusuk gigi, bagian atas muffin agak keras, ga mblesek kalo disentuh)
  • Angkat lalu dinginkan sebentar dan muffin siap dimakan🙂
  • 20121014-072644.jpg

    5 thoughts on “Coffee Banana Choco Chip Muffin

    Leave a Reply

    