Bubur Ayam Jamur

Beberapa hari yang lalu gue bikin nasi ayam hainan dan ternyata kuah kaldu dan ayamnya masih nyisa (yang habis nasinya doang). Gara-gara ga rela ngebuang kuah kaldu (kalo di chiller cuma tahan 2-3 hari) gue pun mikir-mikir bisa dijadiin masakan apa lagi ya kuahnya. Tercetuslah ide cerdas (biasa aja sih sebetulnya) untuk bikin bubur ayam, apalagi kebetulan gue lagi pengen sarapan bubur ayam di rumah. Berbekal sekilas info dari nyokap (bikin bubur ayam tuh gampang banget, Ty… bahannya cuma bla3) dan googling sejenak, gue jadi yakin kalo bubur ayam emang cocok buat tukang masak odong-odong kayak gue, gampang! 😀 Ya sebetulnya udah tau dari dulu sih, cuma gue kan manja jadi males bikin sendiri hihi…

Bubur Ayam Jamur
Untuk 6 porsi

Bahan kaldu:
– 1/2 ekor ayam, cuci bersih
– 1/2 buah bawang bombay
– jahe, kupas dan geprek
– air matang untuk merebus

Bahan bubur:
– 1 cup beras, cuci bersih
– 1/2 cup rolled oat
– 1/2 sdt minyak wijen
– 1 sdt garam (optional)
– kaldu yang banyak (ga diukur tapi kayaknya 600 ml)
– air matang (untuk tambahan kalo kaldunya kurang)

Bahan ayam:
– ayam (dari bahan kaldu), pisahkan dari tulang lalu potong kecil
– 2 siung bawang putih, cincang
– 1/2 butir bawang bombay, iris kecil
– jamur champignon/merang, iris (gue lebih suka pake jamur merang)
– minyak untuk menumis
– 1 sdt minyak wijen
– saus tiram
– kecap manis (optional)
– merica
– sedikit air

Bahan pelengkap:
– kulit pangsit, potong kecil lalu goreng sebentar
– bawang goreng
– seledri, iris tipis (tadi ga pake karena abis)

Cara membuat:
– pertama buat kaldunya dulu. masukkan semua bahan kaldu ke dalam panci dan rebus hingga mendidih. setelah mendidih kecilkan api dan tetap rebus selama sekitar 15 menit. ambil ayamnya, saring bumbunya sehingga kaldu bebas dari bawang/jahe.
– sekarang bikin buburnya. masukkan semua bahan ke dalam rice cooker/panci dan masak hingga menjadi bubur. kemaren baru nyoba masak bubur pake rice cooker, enak juga ternyata fungsinya kayak slow cooker gitu, tinggal cemplungin semua bahan dan tadi pagi matang deh 🙂
– bikin ayamnya. panaskan minyak (gue pake extra light olive oil) dan minyak wijen lalu tumis bawang putih dan bawang bombay hingga harum. masukkan jamur dan ayam, beri saus tiram, kecap manis, dan merica. jika terlalu kental bisa ditambahkan sedikit air. masak hingga matang (ayamnya sih udah matang, tinggal liat jamurnya aja).
– sajikan bubur dengan bahan pelengkap (lupa bikin sambel hihi).

Dengan resep segampang itu, tadi pagi orang rumah bisa makan bubur yang enak. Karena masih banyak sisanya, gue bawa sebagian ke kantor buat anak-anak kos yang pasti kesenengan kalo dikasih makanan gratis 🙂

Advertisements