Nasi Bakar Salmon Jamur

Resep ini sebetulnya ngasal dan nyaris ga pake takaran, terinspirasi dari resep nasi bakar tuna (lupa linknya) dan arancini yang dibuat Meta. Gue kurang suka tekstur nasi bakar tuna karena terlalu kering tapi suka karena dibakar, gue suka tekstur arancini karena rada basah tapi sayangnya harus digoreng (kan ceritanya mengurangi gorengan sebanyak mungkin, yang digoreng-goreng jatahnya cemilan aja hihi). Akhirnya gue gabungin aja 2 resep itu, dan hasilnya nasi bakar versi gue yang dilahap habis sama Nara 🙂

Bahan:

  • nasi putih, untuk 2-3x makan
  • 2 sdm rolled oat (atau oat lain)
  • bawang merah & bawang putih, iris
  • 3 buah jamur champignon, iris
  • 100 gram salmon (atau ikan lain)
  • parutan timun
  • garam
  • merica
  • jahe, geprek
  • 1 lembar daun salam
  • 100 ml kaldu salmon
  • alufoil/daun pisang

Cara membuat:

  • rendam salmon dalam parutan timun selama sekitar 15 menit untuk menghilangkan amis, bilas dan tiriskan
  • didihkan salmon bersama jahe dan daun salam, kalo sudah mendidih kecilkan api dan masak selama 15 menit lagi hingga air berkurang, matikan api dan pisahkan salmon dari kaldu (jahe sama daun salamnya silakan dibuang ya)
  • tumis duo bawang hingga harum, masukkan jamur dan salmon yang sudah direbus dan dipotong kecil, beri garam dan merica, sisihkan
  • masukkan nasi putih dan rolled oat ke dalam panci, beri kaldu salmon dan masak hingga kaldunya meresap, matikan api
  • bentangkan alufoil/daun pisang, beri campuran nasi + oat dan salmon + jamur, gulung
  • nasi bisa disimpan di chiller selama 2 hari, kalo mau dimakan tinggal dipanasin di wajan dengan cara dibakar (tanpa minyak)

Salmon Bulgogi

Tadi pagi iseng masak ini buat Nara, abisnya mati gaya salmon bolak-balik dibikin sop ato salmon ball.

Resep aslinya dari sini dan tampangnya menggiurkan, makanya gue pengen nyoba. Versi gue ga persis kayak gini, terutama karena gue lupa bahan-bahannya apa aja dan buka resep dari hp kelamaan 😛 Akhirnya gue campur seingetnya dan seadanya bahan, tapi abis itu gue cobain enak kok 🙂

Salmon Bulgogi with Broccoli

Bahan:
– 100 gram salmon fillet
– 1 bonggol brokoli
– 1 siung bawang putih, geprek dan cincang
– jeruk nipis, ambil airnya atau parutan timun (untuk menghilangkan amis pada ikan)
– minyak wijen
– kecap asin
– merica
– saus tiram

Cara membuat:
– rendam potongan ikan dengan air jeruk nipis atau parutan timun, tiriskan
– campur dalam mangkuk kecil: bawang putih, minyak wijen, kecap asin, dan merica lalu masukkan potongan ikan
– rendam selama sekitar 15 menit (makin lama makin enak) lalu panaskan wajan dan tumis ikannya sebentar (sisa air rendaman jangan ditumis, simpan untuk menumis brokoli), kemudian sisihkan ikan
– taruh brokoli dan sisa air rendaman pada wajan lalu tambahkan sedikit saus tiram, tumis hingga sayur matang
– jadi deh!!

Gampang banget kan? Sebetulnya bisa pake jamur lagi tapi tadi buru-buru, mana sempat gue kalo harus motong jamur. Tadi sih dimakannya pake mashed potato, ga tau deh nyambung ato ga tapi yang penting licin tandas!

PS: Kalo ga suka pake saus tiram bisa kok pake bumbu rendaman ikan, tinggal dibikin agak banyak aja supaya cukup untuk dimasak lagi 🙂 Tadi gue bikinnya terlalu sedikit, makanya banting setir nambahin saus tiram.