The Banana Pudding


Konon ini adalah the famous Magnolia’s banana pudding dari NY. Kenapa gue bilang konon? Simply karena gue blom pernah ke NY dan gue blom pernah makan Magnolia’s banana pudding ๐Ÿ˜€

Tapi serius, pudding ini enak banget. Dapet resep aslinya dari sLesta, dan setelah menunggu beberapa bulan demi dapet JellO instant vanilla pudding baru deh gue bisa nyoba bikin.

Resepnya:
– 1 pak JellO instant vanilla pudding
– 1/2 kaleng susu kental manis
– 600 ml whipping cream (tapi gue pake 500 ml)
– 2 cangkir air dingin
– pisang, iris
– Nilla wafer (gue pake ladyfinger)

Caranya:
– campur air dingin dan susu kental manis.
– masukkan JellO ke dalam campuran tersebut, aduk rata.
– diamkan selama minimal 4 jam di dalam lemari es.
– setelah 4 jam, kocok whipping cream hingga kaku.
– masukkan whipping cream ke dalam adonan pudding dingin, aduk rata.
– susun dalam wadah: sebagian adonan pudding – pisang – ladyfinger – sisa adonan pudding.
– simpan dalam kulkas dan diamkan 4 jam lagi agar ladyfinger menjadi lunak.
– siap dimakan ๐Ÿ™‚

Gue udah pernah bikin pudding ini 3x, dengan rincian begini:

Percobaan pertama:
– karena ga nemu JellO gue pake Haan;
– entah salah baca resep ato gimana, gue pake 1 kaleng susu kental manis;
– mengikuti resep sesat yang gue liat (bukan resepnya sLesta) gue ga ngediemin adonan pudding selama 4 jam tapi langsung gue campur sama whipping cream;
– hasilnya GATOT: puddingnya kemanisan, encer, dan berakhir sia-sia di cucian piring.

Percobaan kedua:
– trauma sama percobaan pertama, kali ini resepnya (hampir) gue ikutin kata per kata, kecuali jumlah whipping creamnya;
– gue pake whipping cream Anchor, cepet banget kakunya;
– tekstur adonan puddingnya agak kaku dan bisa diratakan pake spatula/sendok;
– gue ga sabar dan langsung makan puddingnya sebelum 4 jam.

Percobaan ketiga:
– gue pake whipping cream Elle&Vire dan menurut gue butuh waktu agak lama untuk kaku setelah dikocok;
– ngerasa udah bisa bikin pudding dengan oke, gue agak-agak ngasal buatnya;
– bukannya nyampur whipping cream ke dalam Jello, gue nyampur JellO ke dalam whipping cream;
– hasilnya adonan puddingnya jadi encer banget dan harus gue ambil pake sendok sayur;
– gue deg-degan banget karena takut gagal (trauma percobaan pertama), nyari JellO di mana lagi dooong..
– alhamdulillah setelah didiemin beberapa menit permukaan puddingnya jadi agak kaku dan setelah disimpen di kulkas tampak memuaskan.

Dari 3 percobaan itu, kira-kira ini dos and don’ts yang bisa gue rangkum:
– jangan iseng ngeganti JellO sama merk lain;
– turutin resepnya baik-baik daripada lo sport jantung kayak gue;
– jangan makan puddingnya sebelum 4 jam karena ladyfingernya masih agak keras dan ngasih aftertaste bitter di mulut.

Waduh, kayaknya petuah-petuah gue menyalahi ilmu hypnoparenting untuk menghindari kata “jangan” ya ๐Ÿ˜› But you know what I mean kan? ๐Ÿ˜‰ Bon appetite!

17 thoughts on “The Banana Pudding

  1. wah ty, ternyata percobaan lo banyak juga ya bikin si banana pudding ini. ntar nyetok jell-o kalo ke singapore deh ty, kalo perlu ama nilla wafersnya, biar bisa ngerasain the original taste of the pudding (tapi jangan2 malah ga suka hihi.. )

    • Eh iya, gue malah kelupaan sama Nilla wafers. Bener tuh ntar gue nyetok juga ah… Gue ragu bisa ga suka sama banana pudding ini, kan enak banget! ๐Ÿ™‚

    • Kok comment lo masuk ke spam sih?? Udah ga gue tengok dari kemaren2 ๐Ÿ˜›

      Gue blom pernah tau sih apa pengganti ladyfinger, paling kalo kepepet lo pakein biskuit Marie regal kali ya ๐Ÿ˜€ Biasanya ada kok di supermarket, gue pernah liat di Giant, Papaya, Hokky. Ada yang rasa coklat juga tuh, tapi setelah digabungin ke pudding rasanya sama aja kayak yang biasa.

  2. Ty, Maaf yah.

    Only fyi, Jell-O itu haram lho. Karena Gelatin diambil dari lemak hewan, kecuali di label disebutkan berbahan vegan ๐Ÿ™‚

    • Iya makanya gue cuma make yang pudding, kalo yang pudding ga pake gelatine (cuma pake cornstarch) soalnya kan puding lembek2 ala bule gitu. Kalo yang rasa2 strawberry dsb pake gelatine jenisnya jelly kali ya bukan puding, gue ga pake itu ๐Ÿ™‚

      Thanks ya udah ngingetin lagi.
      Powered by Telkomsel BlackBerryยฎ

      • Tapi tadi pun gue jadi mikir, production line-nya jadi satu ato ga ya? Emang yang pudding ga pake gelatine, tapi ada potensi kecampur ga ya? Jadi labil guenya hehe.. Kapan2 gue bikin sendiri aja deh ga pake JellO instan.
        Powered by Telkomsel BlackBerryยฎ

  3. hallo otty, salam kenal yah. hari ini bikin banana pudding dan gatot abis. mau nanya tips dari otty nih sebagai salah satu pembuat banana pudding dengan 3x trial hehe :
    1. pudding saya keenceran bahkan setelah didiamkan 4 jam di kulkas, apa air 2 cangkir itu = 2 cup yang mana pake cup ukuran buat bikin kue ? saya pake cup ukuran kue buat ngukur airnya.
    2. whipping cream nya bisa diganti cooking cream ?
    3. whipping creamnya itu suhu ruang apa boleh langsung dari kulkas,
    tadi pake langsung dari kulkas dan cukup lama nge whisk nya sampe pegel dan pas udah kaku kayaknya kebablasan jadi kayak whipping cream yang disemprot gitu.

    jadi tadi adonannya dibuang karena setelah dicampur sama whip cream, gak bisa nyatu, pada brinjilan whip nya ๐Ÿ˜ฆ mohon petunjuknya yah… makasih yah otty

    • Nah setelah trial and error lagi (bahkan setelah selese nulis post ini), kira2 ini jawabannya:

      1. Akhirnya gue pun ngerasa air 2 cup itu terlalu banyak, pake 1 cup aja (sama kok kita pake measuring cup buat bikin kue)
      2. Whipping cream ga bisa diganti cooking cream, soalnya rasanya agak beda. Whipping cream tawar cenderung manis (buat kue, es krim, dsb) sedangkan cooking cream tawar cenderung gurih (buat spaghetti, dsb). Lagian ga yakin cooking cream bisa dikocok sampe kaku.
      3. Ngocok whipping cream emang harus dingin dari kulkas, kalo perlu mangkok + whiskernya juga dimasukin ke freezer/chiller sebelum dipake (coba browsing2 deh). Ngocoknya cuma sampe tahap soft peak (coba browsing lagi, ini yang gimana maksudnya) alias cukup kaku tapi jangan kaku banget kayak krim semprot (ini namanya hard peak). Emang kalo udah hard peak ga bisa dicampur, gue juga dulu pernah begini.

      Mudah2an sukses ya ๐Ÿ™‚
      Powered by Telkomsel BlackBerryยฎ

  4. makasih banyak yah otty, jawabannya mencerahkan banget nih buat sy yang amatiran hehe.. baiklah… mau coba lagi ah mudah2an gak gagal mengingat harga jello+whip cream yang gak murah =P

    • *toss*
      Kalo gagal bikin banana pudding ini emang kepikiran banget sama bahannya, ditotal sekitar 90rb kan 1 resepnya? Mudah2an berikutnya sukses supaya ga buang bahan lagi ๐Ÿ™‚

  5. hai otty,,salam kenal,,saya baru tau jenis puding ini dan pengen banget bikin,,Jello-nya ud pernah nyoba diganti dgn yang sejenis dan berhasilkah?Kalo iya,,digantinya pake apa?Soalnya selain susah nyari jello-nya,saya juga masih ragu untuk pake.makasih sebelumnya

  6. hai mba otty salam kenal yah,saya mau nanya kalo buat jell-o misalnya pake nutri jell bisa keganti gak yah? thanks before

Leave a comment