ANTI GAGAL: Slow Cooker Chocolate Lava Cake


Hayo siapa ibu-ibu yang anaknya udah mulai MPASI, punya slow cooker tapi cuma dipake untuk masak makanan bayi? *angkat tangan malu-malu*. Ini ada resep yang bisa dimasak pake slow cooker, jadi lumayan kan slow cookernya ga cuma dipake untuk masak bubur doang.

Resep ini lagi naik daun di twitter beberapa hari terakhir dan hits banget soalnya gampang dan anti gagal (well kalo sampe gagal pasti yang salah slow cookernya hihi).

Gue udah nyimpen beberapa resep chocolate lava cake tapi versi dipanggang dan dari dulu masih belum gue coba karena kelupaan haha… Baca review ternyata bikin chocolate lava cake itu agak tricky, kalo manggangnya kelamaan akhirnya kuenya mateng sempurna dan ga ada adonan yang meleleh-leleh itu. Kalo manggangnya terlalu sebentar ya kuenya belum mateng dong.

Duluuu gue udah pernah liat resep versi slow cooker ini tapi mikir “masa sih enak” dan ga mau bikin. Ternyata minggu lalu ga sengaja buka twitter liat si Lei lagi bikin kue ini, setelah mateng katanya ENAK BANGET dan gue pun langsung tergiur. Apalagi dengan iming-iming tanpa usaha, tanpa mantengin oven, gue pun semangat ngejajal resep baru.

Resep yang gue tulis di bawah hanya 1/2 dari resep aslinya dan pas banget untuk slow cooker kapasitas 1.2 L. Adonannya agak meluap dikit di akhir-akhir tapi cuma dikiiit kok. Kalo mau bikin pake slow cooker 0.7 L, silakan resep gue dibagi 2 lagi ya… Trus kalo ga punya brown sugar juga ga usah bingung, ganti aja pake gula pasir biasa tapi takarannya dikurangin dikit. Rasanya tetep enak 🙂

Slow Cooker Chocolate Lava Cake dari Life as a Lofthouse

Bahan cake:

  •  3/4 cups brown sugar
  • 1 cup tepung serba guna
  • 3 sdm coklat bubuk
  • 2 sdt baking powder
  • 1/2 sdt garam
  • 1/2 cup susu
  • 2 sdm unsalted butter, lelehkan
  • 1/2 sdt vanilla essence

Bahan topping:

  • 1/2 cup brown sugar
  • 1/4 cup coklat bubuk
  • 1 1/2 cup air mendidih

Cara membuat:

  • Olesi bagian dalam slow cooker dengan sedikit minyak.
  • Campur brown sugar, tepung, coklat bubuk, baking powder, dan garam hingga rata.
  • Tambahkan susu, butter leleh, dan vanilla essence. Tuang ke dalam slow cooker.
  • Campur brown sugar (untuk topping) dan coklat bubuk, tuang ke atas adonan cake.
  • Tambahkan air mendidih, jangan diaduk.
  • Tutup slow cooker, nyalakan pada posisi high selama 2 – 2.5 jam.
  • Dinginkan sebentar, siap dinikmati dengan es krim vanilla!

Sesuai review dari Lei, cake ini enaaaak banget. Selamat mencoba 🙂

 

 

32 thoughts on “ANTI GAGAL: Slow Cooker Chocolate Lava Cake

  1. Alo otty.. sr nih selama ini 😉 btw maksudnya dcampur tuhndincampur kocok pake tangan biasa ajah ato pake mikser ya? Blm pernah baking nih haha… klo judulnya anti gagal jd pengen nyoba *wink wink.. -tantie-

    • Ukuran cupnya pake measuring cup, atau coba cari online converter yang bisa konversi dari cup ke gram/ml. Ato kalo mau bisa juga pake mug yang ada di rumah.

  2. Sudah nyoba bikin barusan…. Gampang dan enaaak!
    Gara2 mbak otty nih jd sukak banget baking.. *loh jadi nyalahin* 😛
    Thank yooouu sudah sharing resepnya, smoga mbak otty dapet pahala yg berlimpah…. 😀

    • Alhamdulillah kalo suka! Haha kok nyalahin gitu, ayo kapan2 kita baking playdate lagi yuuuk..

      Amin, semoga yang awalnya ngasih tau resep juga dapet pahala dan yang mendoakan juga dapet 🙂

  3. Ayoook! *semangat*
    Kapan mau baking playdatenya? Mari kita kumpulin mamas TUM sby..
    Request daerah sby barat dong, biar gak jauh2 dr rmh… 😀

    • Waa enak banget kalo di Surabaya Barat tinggal koprol dari rumah haha… Semoga yang lain bisa juga. Bocoran dikit, kita mau bikin acara nih bulan depan 😉

      • Waaaa, asiiik… Klo gt ktemuannya pas acara aja.. *lah gak jd baking dong* 😀
        Kalo butuh bantuan boleh kabar2i aku kok mbak otty.. 🙂

  4. Ahaha best ever ya ty resep2 anti gagal gini! Gw blm pnh bikin lava cake beneran krn gondok kl gagal (udh pesimis duluan pasti gagal hahaha) stlh nemu resep ini ky ga bakal deh gw nyoba cr oven kecuali lg mood cari gara2 :p eniwei, susahnya dbagian ngabisinnya ya? Sounds so weird me sayinh this tp beneran jdnya banyak ben

    • Apakah ini Lei yang gue kenal? Hihihi… Iya jadinya banyak banget, gue bikin 1/2 resep aja ngepas banget di SC 1.2L dan tetep ngabisinnya ngos2an sampe gue bawa ke kantor.

    • Slow cooker standar kok, coba aja gugel “slow cooker takahi” nah gitu deh penampakannya.

      Harganya takahi yang 0.7L sekitar 250rb, kalo punyaku yang lebih besar kayaknya 350rb deh.

      Maspion konon oke juga, dan murah 🙂

  5. Haii mbak otty salam kenal..
    Suerrr tergiur statement anti gagalnya..hihihihh..
    Btw, susunya pake susu bubuk ya mbak? Klo diganti susu cair kek UHT gt bisa?
    *nyaris desperate krn blm berhasil bikib kue ><

  6. mbak mau tanya kalo aku punya slow cooker nya yg ukuran 0.7L, nah kira2 untuk waktu masaknya berapa lama ya supaya jd nya ga kematengan? Thanks

  7. mba otty, tepung serba guna itu maksudnya apa y? thenkyu.. *beneran anti gagal kan y mba? soalnya kemampuan masak saya dibawah rata2. haha

  8. Aloha mba, aku lg nikin resepnya nih,.. wangi cokelat seantero rumah.,. Tfs yaa, tar aku apdet hasilnyo…

  9. Siang Mba,, kalo pake takahi 0.7l ,, kan ga ada setelan high-nya gmn ya? masih bisa ga ya? klo bisa kira” brp lama dimasaknya? Tks ya….

    • Harusnya bisa sih, pasti bakal mateng tapi waktunya harus disesuaikan. Coba aja dicek setelah 1.5 jam, kalo masih kurang mateng baru ditambah lagi waktunya.

  10. Mb itu toppingnya dimasukin nunggu cake’nya mateng dl ato ga? Jadinya kl ga nunggu mateng kan nyampur jd satu gt ya?

Leave a comment