Donat Panggang


Udah beberapa hari ini gue kepikiran untuk baking sesuatu, kangen baking setelah lebih dari 1 bulan ga bikin apa-apa. Niatnya pengen nyoba Donauwelle tapi belum sempat nyari sour cherry, ditunda dulu deh. Bikin muffin/cupcake udah bosen, males. Gaya banget deh bilang bosen, padahal bikinnya juga jarang dan resepnya itu-itu aja 😀 Inget-inget loyang yang ada di rumah, loyang donat baru dipake 1x untuk bikin cream cheese donut. Nah kayaknya cocok bikin donat panggang, bisa buat sarapan dan gampang.

Browsing-browsing, ternyata resep donat coklat panggang udah tambah banyak dibanding beberapa bulan lalu. Kenapa gue tau? Soalnya dari dulu udah sering browsing tapi ga bikin-bikin haha…

Gue nyoba resep dari sini (http://momadvice.com/blog/2011/04/fluffy-baked-chocolate-donuts) dengan beberapa modifikasi. Resep yang gue tulis di bawah udah resep versi gue, nanti reviewnya gimana bisa dibaca juga ya 🙂

Baked Chocolate Donut

Bahan:
– 1 cup tepung terigu serbaguna
– 1/4 cup coklat bubuk
– 1/2 sdt baking soda
– 1/4 sdt garam
– 1/2 cup susu
– 1/3 cup palm sugar
– 1 butir telur
– 4 sdm butter, lelehkan
– 1/8 sdt kopi instan, larutkan dengan 2 sdm air panas
– 1/8 sdt esens vanilla

Cara membuat:
– Panaskan oven
– Campur tepung terigu, coklat bubuk, baking soda dan garam (kalo mau hasilnya halus, bisa diayak)
– Dalam wadah terpisah, campur sisa bahan lainnya
– Masukkan bahan basah ke dalam mangkuk bahan kering, aduk rata
– Tuang ke loyang, isi 3/4 penuh
– Panggang selama 13 menit atau hingga permukaan donat membal (bola kali??) jika disentuh
– Dinginkan di atas cooling rack

Dan ini beberapa poin yang harus dicamkan baik-baik kalo mau nyoba resep itu:
– 1/4 cup coklat bubuk (gue pake Van Houten) menurut gue jadinya terlalu pekat, lain kali kalo bikin lagi bakal gue kurangin jadi 3 sdm aja.
– Di resep asli, gulanya 1/2 cup tapi karena gue ngeri baca gula segitu banyak, gulanya gue kurangin. Hasilnya? Rasa donatnya rada tawar kalo dimakan tanpa glaze. Karena tadi gue makan pake Nutella yang manis, rasanya jadi pas. Silakan dikira-kira lagi enaknya pake gula seberapa, disesuaikan sama glaze ya…
– Gue sempet bingung (selama nyaris seharian, tepatnya) kok bisa sih dengan adonan yang sama dan loyang yang (kira-kira) sama, gue bikin 10 donat sedangkan resep aslinya cuma jadi 6 donat? Trus kenapa adonan gue lebih encer? Dulu juga gue pernah bikin cream cheese donut adonannya kental, kenapa ini beda banget ya? Ternyata sodara-sodara… Gue salah masukin butter!! Harusnya cuma 4 sdt gue masuk 4 sdm 😀 Jelas aja encer. Ga nyesel kok, soalnya jadinya enak banget empuk2 gitu, ato bahasa kerennya: menul-menul 🙂 Tapi diinget-inget aja buat yang mau nyoba, aslinya cuma 4 sdt ya.

18 thoughts on “Donat Panggang

  1. Hai mba. Saya yg twitter nya @dyaharini.
    Akhirnya udah di post ya. 🙂
    Pas liat bahan2nya, punya smua di rumah. Yang ga ada cuma loyangnya -_- Itu adonannya walo pake 4 sdt butter ttp bakal kental tp ttp ga bisa dibentuk ya? Hehe lg berpikir untuk ga pake loyang donat. :p

    • Adonannya bukan kayak adonan donat goreng, jadi ga bakal bisa dibentuk pake tangan. Kalo ga ada loyang donat, alternatifnya pake loyang muffin aja.
      Powered by Telkomsel BlackBerry®

  2. Nyammm…
    jadi pengen ke Titan buat beli cetakannya. hihi alesan sih, sebenernya emang karena belum pernah ke Titan dan lagi nyari-nyari apaa ya yang ‘perlu’ dibeli disana.

    Oh donat menul menul…aku padamu!

    • Menurut gue lebih lembut donat panggang, lagian gue rada pemilih untuk donat kampung soalnya rada males sama minyaknya. Jadi gue lebih sreg sama yang dipanggang. Cieh sehat bener ga sih gue 😛
      Powered by Telkomsel BlackBerry®

  3. Kalo gue kayaknya gak akan ngurangin kadar coklatnya, enak lg byk coklat hihii. Ah menggoda sekali donatnya ty, kl udh beli cetakan donat cobain ah. TFS ya 🙂

Leave a comment