Choco Melt Brownie – In A Cup


Gara-gara si Meta ribut ngomongin choco melt brownie gue pun jadi sibuk browsing resep. Setelah gue baca ternyata resepnya gampang banget dan gue ikutan penasaran pengen bikin (seperti biasa, latah is in my blood). Sudah napsu mo bikin tapi ga punya loyang selain loyang muffin, akhirnya gue jadi rada kreatif dan naro brownie di dalam cup kecil. Emang bener ya kata pepatah, kepepet bisa bikin orang jadi kreatif 🙂

yummy brownie...

Resep aslinya dari Yenny Agustin (karena ga nemu blog aslinya jadi ga gue kasih link ya), gue tulis di bawah plus catatan cinta dari gue.

Choco Melt Brownie
Bahan:
– 150 gram gula kastor (gue pake gula pasir yang diblender)
– 100 gram tepung terigu protein sedang (gue pake Segitiga Biru yang ada di rumah)
– 100 gram mentega (gue pake unsalted butter, 50 gram Anchor + 50 gram Elle & Vire karena mau ngabisin yang Anchor)
– 100 gram dark cooking chocolate (gue pake 125 gram Colatta)
– 2 butir telur 
– Kacang almond panggang (ga pake, males manggangnya)
– Vanili (gue pake 1 sdt vanili bubuk)
– Tambahan: coklat easy melt untuk di tengah brownie, gue pake Tulip

Cara membuat:
– Lelehkan unsalted butter dan coklat, aduk hingga rata. Gue pake alat tradisional: butter dan coklat dipotong kecil trus ditaruh di mangkuk stainless steel, abis itu dimasukin ke panci yang berisi air mendidih.
– Tuang campuran butter dan coklat ke dalam wadah besar lalu masukkan gula yang sudah diblender, telur, dan vanilli. Aduk rata.
– Terakhir masukkan tepung terigu, aduk rata. Untuk mengaduk bisa pake sendok kayu, whisker, atau mixer tapi gue pake whisker karena kebetulan itu yang paling gampang diambil 🙂

– Siapkan loyang muffin dan lapisi dengan paper cup. Tuang adonan hingga setengah cup lalu taruh beberapa keping coklat easy melt (lebih dari 5 keping, karena gue ngasih 5 keping ternyata kurang banyak).

– Tuang lagi adonan hingga hampir memenuhi paper cup (brownie ga terlalu mengembang, ga kayak muffin). Beri taburan almond di atasnya.

– Masukkan ke dalam oven yang sudah dipanaskan, dan panggang selama 10 menit.
– Putar loyang agar matangnya rata lalu panggang selama 10-15 menit lagi. Jika sudah terbentuk lapisan tipis yang retak pada bagian atas brownie, berarti brownie sudah matang.

– Keluarkan dari oven dan dinginkan… atau langsung dimakan, up to you! 🙂

Bikinnya gampang dan cepat, tadi sekitar 45 menit adonannya sudah siap masuk oven (sudah termasuk ngelelehin coklatnya juga). Begitu selesai mandi gue langsung makan 1, mantap banget masih anget. Tapi lain kali gue bakal ngurangin gulanya jadi 125 gram aja karena menurut gue rasanya terlalu manis. Ga tau kenapa ya, apa karena gue ngeganti mentega jadi unsalted butter (yang ga ada asinnya sama sekali) atau karena easy melt gue juga agak manis? Tapi overall brownie ini enak banget, ga nyesel bikinnya 🙂

PS: resep di atas bisa buat 11 cup, mungkin harusnya 12 sih tapi kayaknya banyak adonan yang gue colek makanya berkurang 😛

Update: Gue manggang 2 batch dengan waktu yang berbeda, dan hasilnya beda juga. Kalo dipanggang 20 menit permukaan brownie sudah keras tapi belum ada lapisan tipisnya, bagian luarnya sudah kering tapi bagian dalamnya masih lembab. Kalo dipanggang 25 menit sudah ada lapisan tipis yang retak di permukaan brownie, bagian dalamnya juga sudah kering. Tinggal disesuaikan sama selera, sukanya yang gimana 🙂

23 thoughts on “Choco Melt Brownie – In A Cup

    • Kalo kata pengukur suhu Hock kebanggaan kita sih 100 C, ga tau juga itu bener ato ga 😛 Jadi total manggang 20-25 menit ya.

      Ih maluuu… Kalah jauh sama foto2 yang sering gue liat di blog food blogger yang keren2! Tapi thanks ya 🙂 BTW kalo disuruh ngulang blom tentu bisa juga sih 😀

  1. salam baker odong2! 😀
    kynya enaaak ty! hati gw berdesir membayangkan lelehan coklat di dalamnya *lebai deh ih* loyangnya gaya ada bindil2 biru gitu, ko punya gw ga ada sih? haha bisanya sirik mulu..

    ohya, gw ga gawul bgt, br tau dooong ada coklat easy melt..kirain keju doang hahaha..

    • Itu loyangnya Krisbow, keren ya 🙂 Bangga deh sama produk lokal (eh OOT nih :P).

      Eh, sejujurnya gue juga baru tau 2 hari yang lalu kalo ada coklat easy melt. Pas ditunjukin sama mbak toko kue gue melongo trus nanya “apaan tuh mbak? gampang lelehnya?”. Pertanyaan yang bodoh mengingat arti harfiahnya aja “gampang leleh” 😀

  2. gue mau bikin weekend ini nih.. si naia pasti semangat bantuin! gak bisa jauh dari coklat dia.. gue curiga tar batternya bakal dicocolin mulu ama dia deh.

    ngiler berat liat yang melting di tengah2 itu ty..

  3. Akhirnya semalam gue nyoba resep ini… gak punya easy melt, ya gue taruhin aja potongan dark cooking choc di tengahnya… Kayaknya ukuran loyang kita beneran beda deh… soalnya tiap cup cuma gue isi 3/4, eh, cuma jadi 8… padahal gak ada yg gue colek2 tuh adonannya… Rasanya enak… sayangnya cuma jadi sedikit… hehehe…

    • Nah brarti bener kan cup lo lebih besar? Jadi lebih puas makannya 😉 Iya emang enak banget, suami gue aja ketagihan 😀
      Powered by Telkomsel BlackBerry®

  4. Pingback: >> RECIPE: CHOCO MELT BROWNIE CUPS « sLesTa [dot] com

  5. Pingback: Choco Melt Brownies Cup | Another Story of My Simple Life

Leave a comment