Green Tea White Chocolate Chip Cookies


Hari Sabtu gue nyoba bikin selai sarikaya, tapi hasilnya belum memuaskan. Udah nyoba 2 resep (yang sebetulnya isinya sama aja, cuma yang satu diaduk pake waterbath yang satu langsung di atas kompor), dan dua-duanya belum sukses. Gue curiga karena gue pake santan kemasan, lebih kental daripada santan asli dan ga gue encerin lagi. Beberapa resep (ditambah saran teman di twitter) bilang kalo seharusnya pake santan asli aja. Baiklah, akan gue inget-inget dan semoga percobaan selanjutnya langsung sukses 🙂

Minggu lalu gue beli green tea powder di Macchaya dan pengen bikin yang berbau green tea lagi supaya bisa ngebandingin sama green tea powder yang dulu. Setelah menimbang-nimbang resep apa (lagi) yang mau dicoba, akhirnya pilihan jatuh ke resep cookies. Sejujurnya gue lagi bosen bikin muffin/cupcake, makanya gue maunya bikin cookies aja.

Makin semangat bikin green tea cookies setelah liat postingannya Mamin, dan setelah gue liat resep aslinya ternyata gue udah pernah ngecek resep yang sama tapi belum kesampean untuk nyoba. Mumpung ada white chocolate chip (sebetulnya ini dibeli untuk resep lain tapi malah belum jadi dibuat – gue kurang terarah deh) gue kepikiran untuk nyampur white chocolate chip ke dalam adonannya. Kebayangnya bakal lucu gitu warna cookiesnya, hijau-putih.

Green Tea White Chocolate Chip Cookies
Sumber: Kirbiecravings

Bahan:
– 2 3/4 cup tepung serba guna
– 1 sdt baking soda
– 1/2 sdt baking powder
– 1 cup butter, suhu ruang
– 3/4 cup gula pasir
– 1 butir telur
– 1 sdt vanilli
– 2 1/2 sdt bubuk green tea
– 1/3 cup white chocolate chip

Cara membuat:
– Panaskan oven. Ayak tepung terigu, baking soda, baking powder, dan bubuk green tea. Sisihkan.
– Dalam mangkuk besar, kocok butter dan gula hingga mengembang (sekitar 5 menit). Masukkan telur dan vanilli. Masukkan bahan kering secara bertahap, aduk hingga rata.
– Matikan mixer dan masukkan white chocolate chip, aduk.

– Bentuk bulatan kecil dan pipihkan, letakkan di atas loyang yang telah dialasi baking paper. Beri jarak yang cukup karena cookies akan mengembang setelah matang. Liat jarak di foto gue di bawah? Nah itu terlalu mepet 😛 Jadi silakan dilonggarin lagi ya…

– Panggang hingga matang (bagian bawah berwarna kecoklatan). Di resep asli katanya cukup dipanggang selama 8-10 menit, tapi karena cookies gue agak-agak raksasa, harus dipanggang selama 15 menit baru layak makan (gue nyoba makan setelah cookiesnya dipanggang 10 menit, masih rasa tepung!).

Hasilnya sesuai dengan janjinya: luarnya crispy dan dalamnya chewy, gue suka 🙂 Begitu Nara makan langsung dia senyum-senyum dan ngomong “eeeemmmmm” dan mangap terus kalo dikasih lagi 🙂

Waktu mau ngambil foto, drama banget deh. Gue udah ngatur-ngatur mau moto di mana, kayak gimana, eh begitu cookiesnya matang mataharinya udah pindah arah. Lha iya juga, gue lupa ngitung waktu manggang kuenya haha… Udah mana gue kan masih amatir, langsung bingung deh dan akhirnya berkutat sekitar 2 jam demi ngambil foto yang agak lumayan. Sebetulnya gue masih penasaran, tapi udah harus pergi jadi ga bisa dilanjutin lagi. Kritik dan saran serta sumbangan (eh?) sangat diharapkan demi penambahan ilmu fotografi gue 🙂

PS: gue harus beli tripod nih, foto-foto gue banyak yang goyang.

24 thoughts on “Green Tea White Chocolate Chip Cookies

  1. Ngilerrr…
    Eh ty lo ngebentuk adonannya bagus banget, bisa sama sebentuk n seukuran gitu bak pake cetakan 🙂

    White choco chipnya beli dimana? Trus greentea extractnya enakan mana sm yg dulu?

    • Err itu emang dicetak sih, gue ngambil adonannya pake ice cream scoop ukuran kecil abis itu baru dibuletin, jadi jumlah adonannya sama. Soalnya kalo ukurannya ga sama gue bisa stress sendiri *lebay*

      White choco chip beli di TBK, di Jakarta pasti banyak juga dong yang jual. Oiya sampe lupa bilang, green tea yang ini lebih mantap daripada yang dulu, udah mana ini harganya ga sampe setengahnya pula jadi ini jauuuuh lebih mantap! 😀

  2. hai mba otty ^^ yummy bangeet..
    InsyaAllah banyak resep disini yang bakal dicoba deh. Aku suka banget ama kuee..
    Green tea powder nya merk apa sih mba?

    • Hai juga 🙂 Wah asik ayo dicoba resep2nya.

      Nah ga tau merk apa, coba aja klik ol shop yang ada linknya di atas, itu kok yang dipake 🙂
      Powered by Telkomsel BlackBerry®

    • Kalo lo ke sini gue buatin buat cemilan 🙂 Enak kok beneran, sampe temen gue bilang dijualin aja. Otak dagang gue langsung nyamber dong, ntar gue itung deh berapa 😀

  3. Fotonya sebagian besar bgs kok… tp gw saran sih foto yg adonan yg susun fokusnya dibikin ke yg bagian depan.. biar lebih keliatan jaraknya… 🙂
    Btw thx resepnya ya.. gw suka banget sm cookies n greentea.. bakal gw bikin nih…

  4. Hai mba otty, salam kenal ya.
    Wah resepnya boleh nih dicoba, keliatan enak banget. Oh ya mba, untuk ukuran 1 cup itu kira2 ditimbangan berapa gram ya ? Trus kalau saya ga pake baking paper, bisa ga loyangnya hanya di oleskan mentega ?
    Mohon informasinya ya mba, trima kasih 🙂

  5. mau Tanya, kl dibandingin dgn resep aslinya.. berarti takaran gulanya dikurangi 1/2 resep yah? terus mengenai bentuknya, brarti ga digiling trus bentuk pakai cookies cutter yah? tks..

Leave a comment