Self Frosting Hazelnut Cupcake



Pertama tau resep ini gara-gara ada Nutella Day dan ada kumpulan resep-resep Nutella yang keliatannya sangat menarik. Tapi dasar gue maunya penghematan, Nutella gue ganti Ceres yang sama-sama hazelnut spread dengan harga setengahnya 🙂

Resep asli dari sini, yang gue ubah cuma takaran gulanya aja karena takut kemanisan. Ternyata jadinya cocok sama lidah gue, manisnya pas.

Self Frosting Hazelnut Cupcake
Untuk 18 buah cupcake diameter @ 9.5 cm

Bahan:
– 2/3 cup butter (140 gram), suhu ruang
– 1/2 cup gula pasir
– 3 butir telur
– 1/2 sdt vanilla
– 1 3/4 cup tepung terigu serbaguna
– 1/4 sdt garam
– 2 sdt baking powder
– hazelnut spread

Cara membuat:
– kocok butter dan gula hingga halus dan mengembang (sekitar 10 menit), pake mixer supaya ga gempor
– masukkan telur satu per satu, kocok hingga rata
– masukkan tepung terigu, garam, dan baking powder (di resep asli bahan-bahan ini dicampur dulu secara terpisah, gue ga gitu soalnya males nanti banyak baskom kotor)
– masukkan vanilla, kocok sebentar lagi agar rata
– tuang adonan ke dalam muffin pan (gue pake scoop es krim biar gampang) hingga 3/4 penuh
– beri 1 sdt hazelnut spread di atasnya
– ambil tusuk gigi (yang bersih ya!) dan benamkan ke dalam adonan, putar tusuk gigi hingga hazelnut spread dan adonan agak tercampur
– panggang selama 20 menit dalam oven yang sudah dipanaskan (loyang diputar setelah 10 menit pertama)

17 thoughts on “Self Frosting Hazelnut Cupcake

    • Ih sama dong tadi makan pecel!! *toss*

      Dicoba aja, gampang banget kok. Modalnya selain bahan ya cuma otang andalan dan mixer.
      Powered by Telkomsel BlackBerry®

  1. Loh kmrn udah komen kok ga ada ya?
    gw sebenernya lebih ke muffingirl daripada cupcakegirl :p tapi di saat yang sama juga gw orang yang gampang tergoda sama foto makanan, hauhaha jadi pengen aja (baca:latahmania) nyobain juga. Tapi kapan2 deh, cheesecake gw blum abis…(halooo, apa kabar timbangan?)

    • Hihi lo coba aja, Met *maksa* soalnya kalo lo punya mixer yang pake dudukan (apa sih namanya) ini mah gampang banget. Tinggal nyalain, tuang bahan, tunggu bentar, tuang lagi gitu.. Emak2 malas macam gue mah seneng banget 😀
      Powered by Telkomsel BlackBerry®

  2. Oh tuhan..self frosting itu artinya tar bagian atasnya ter-frost dgn sendirinya gitu yah? Shortcut to heaven haha 😀 pengen bikin deh, mana hazelnut pula hadeeeeh..godaan..godaan. Biar ga terlalu berdosa, gw mo ngocoknya pk whisk ah 12 menit, biar kenceng lengan gw *aseli ini dusta bgt hihi*

    • Kata ahli gizi: please deh, untuk ngebuang kalori si cupcake ga cukup dengan ngocok manual 12 menit, harus ditambah jalan jongkok 1 KM!

      Eh bikin dong itu makanan2 penuh “dosa” lainnya trus bagi2 resepnya ya ya ya?!? -> kayak iklan KB.
      Powered by Telkomsel BlackBerry®

  3. mba otty….diriku baru sekali ini nih berani comment di blogmu, selama ini silent reader,nemu linknya dr TUM dah lamaa bgt 😛

    aku pengen nyobain resepnya ya mba…ijin dulu nih…cos sepertinya gampang 😛 diriku ga pernah sukses bikin cupcakes or muffin nih..sepertinya bakal sering nyontekin resep2nya…boleh ya…boleh yaaa… 😀

    btw, aku sekalian ijin ngelink ya mba…thanks before 😀

    • Lha kenapa oh kenapa ga berani comment? Gue ga menggigit kok, udah jinak hihi…

      Pokoknya semua resep yang ada di sini sih gampang2, kalo saya bisa berarti semua bisa! 😀 Boleh dong dicoba aja resep2nya, mudah2an kita satu selera ya…

  4. Pingback: Self Frosting Hazelnut Cupcakes | Mouna & Wibisono

    • Hehe ini juga modal browsing kok, nyari yang tampang dan reviewnya meyakinkan 🙂 Glad you also like it.
      Powered by Telkomsel BlackBerry®

Leave a comment